ANALISIS STRATEGI PEMASARAN PRODUK GADAI SYARIAH (RAHN) DALAM MENINGKATKAN MINAT NASABAH DI PEGADAIAN SYARIAH CABANG SENTRAL MAKASSAR

  • Zulfiani Basri Universtias Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Sitti Fatimah Universtias Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Miftah Farild Universtias Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menguji tahui strategi pemasaran yang diterapkan pegadaian Syariah Cabang sentral Makasar dalam meningkatkan minat nasabah dan untuk mengetahui faktor faktor yang menjadi penyebab meningkatnya minat nasabah pada produk dari syariah.Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan penelitian studi kasus yang dilakukan pada pegadaian Syariah Cabang sentral Makassar. Dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang didapatkan dibagi menjadi dua jenis yaitu daftar primer dan data Sekunder. Data primer yaitu bersumber langsung dari dalam perusahaan yakni pimpinan cabang, staf dan nasabah yang mengetahui isi dari proses yang ada di Pegadaian Syariah Cabang sentral Makassar. Sedangkan data Sekunder yang bersumber dari buku, artikel atau jurnal yang dapat mendukung penelitian. Dari hasil penelitian bahwa di pegadaian syariah cabang sentral makassarmenjual 5 produk unggulan yaitu Gadai Emas (rahn), Arrum Emas, Mulia, ArrumBPKB, dan Arrum Haji. Dalam penjualan produk-produk di gunakan Marketing mix 7P yaitu Produk, Price, Place, Promotions, People, Process, Physical Evidenc yang berhubungan dengan strategi pegadaian syariah cabang sentral makassar. Serta faktor yang di gunakan pegadaian syariah untuk menarik minat nasabah diantaranya pelayanan yang ada di pegadaian syariah cabang sentral dan produk atau jasa yang ditawarkan.

Diterbitkan
2022-06-18
Abstrak viewed = 693 times