Pengembangan Karateristik Pembelajaran Berbasis High Order Thinking Skills (HOTS)
Abstrak
Peserta didik yang terbiasa mengerjakan soal-soal dengan karakteristik HOTS diharapkan dapat meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi. Tujuan tulisan ini yaitu berupa mengkaji arti penting pengembangan karateristik pembelajaran berbasis High Order Thinking Skills (HOTS). Model penelitian menggunakan kajian pustaka dengan model pendekatan studi pustaka berupa karya tulis ilmiah sebelumnya yang terkait erat dengan tulisan ini, seperti buku metode penelitian, artikel jurnal, artikel internet, peraturan kementerian dan tulisan lainnya. Hasil kajian menunjukkan bahwa dalam pengembangan pembelajaran seperti soal dianjurkan mnggunkan stimulus bisa berupa gambar, grafik, foto, tabel, teks bacaan, rumus, contoh, kasus, symbol, peta. Sehingga, dibutuhkan penguasaan materi ajar, keterampilan dalam menulis soal (kontruksi soal), dan kreativitas pengajar dalam memilih stimulus soal sesuai dengan situasi dan kondisi daerah di sekitar satuan pendidikan.
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by4.footer##