EFEKTIVITAS PENGGUNAAN APLIKASI PEGADAIAN SYARIAH DIGITAL (PSDS) DALAM MENINGKATKAN PELAYANAN DI PEGADAIAN SYARIAH (STUDI KASUS PADA PT. PEGADAIAN SYARIAH CABANG UJUNGBULU KAB. BULUKUMBA)
Abstrak
Salah satu ukuran keberhasilan bisnis Kepuasan pelanggan yang tinggi atas produk dan layanan perusahaan dapat dianggap sebagai bukti kinerja perusahaan yang kuat, yang dapat membantunya dalam memenuhi tujuan yang telah ditetapkan dan diantisipasi. Untuk meningkatkan kinerja perusahaan dalam pelayanan di pegadaian syariah menggunakan aplikasi digital untuk melakukan Efektivitas dan pelayanan dalam bertansakasi di pegadaian syariah. Aplikasi ini bernama aplikasi Pegadaian Syariah Digital Service (PSDS) yamg merupakan layanan digital berbasis web dan mobile dari pegadaian. Mungkin lebih mudah untuk membantu konsumen dan calon pelanggan yang membutuhkan informasi tentang produk pegadaian berkat aplikasi ini. Manfaat PSDS ini adalah memberikan pelayanan yang lebih cepat kepada nasabah dibandingkan dengan yang ditawarkan oleh pegadaian. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Dengan menggunakan pengukuran dengan teori E-servqual dan fungsi manajemen. Dan untuk melohat keefektivitannya diukur dengan membandingkan jumlah nasabah sebelum adanya aplikasi PSDS dan sesudah adanya aplikasi PSDS ini. Fultilment, Privasi, Konpensasi dan Kontak keempat indicator tersebut secara maksimal telah terpenuhi secara maksial dalam pelaksanaan operasional pelayanan Pegadaian Syariah Ujungbulu. Akan tetapi ada 3 indikator yang belum tercapai yakni, Efisiensi, Realibilitas, dan Daya Tanggap. Kemudian untuk meliht tingkat keefektivitannya dari peningkatan jumlah nasabahnya, tidak terdapat perbedaan yang mencolong antara seelum adanya aplikasi PSDS ini
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by4.footer##