PENGARUH BRAND AWARENESS DAN BRAND IMAGE TERHADAP BRAND PREFERENCE (Studi Pada Nasabah Pelaku UMKM Bank Muamalat KCP Gowa)
Abstrak
Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui Bagaimana Brand Preference nasabah, mengingat Brand Preference nasabah menjadi titik awal dari sebuah keputusan nasabah untuk membeli produk di Bank Muamalat KCP Gowa . Metodologi penelitian ini menggunakan Jeiniis Penelitian kuantitatif digunakan untuk menganalisis populasi atau sampel tertentu. Penelitian ini menggunakan desain kausal karena menjelaskan pengaruh hubungan antara beberapa variabel dan dilakukan melalui pengujian hipotesis. Hasil penelitian ini kita dapat melihat pengaruh nasabah pelaku UMKM dalam mengambil keputusan dalam memilih suatu produk melalui pandangan terhadap Bank Muamalat KCP Gowa Penelitian ini akan dilakukan di Bank Muamalat Kantor Area Gowa karena pada daerah ini memiliki jumlah pelaku Usaha Kecil Mikro Menengah (UMKM) cukup tinggi yang dari daerah tersebut. Kesadaran merek atau Brand Awareness adalah kemampuan merek yag muncul pada fikiran konsumen ketika maereka berpikir tentang prduk tertentu dan seberapa mudah bahwa produk muncul. Kesadaran merek merupakan dimensi mendasar dalam ekuitas merek. Sebuah merek tidak memiliki ekuitas sampai konsumen sadar tentang keberadaan merek tersebut. Merek baru harus mampu mencapai kesadaran merek dan mempertahankan kesadaran merk terhadap semua merek. Brand image terdiri dari 2 komponen yaitu brand association atau asosiasi merek dan favorability, strenght & uniqueness of brand association atau sikap positif, kekuatan dan keunikan merek. asosisai merek adalah bagaimana konsumen menghubungkan antara informasi dalam benak konsumen dengan merek tertentu. Konsumen akan menggunakan asosiasi untuk memproses, mengorganisir dan menyimpan informasi dalam ingatannya hingga semua dapat digunakan untuk menyederhanakan proses pengambilan keputusan pembelian.
Referensi
Al Arif, Nur Rianto. 2012. Dasar-Dasar Pemasaran Bank Syariah. Bandung: Alfabeta.
“Bank Muamalat Indonesia.” diperoleh pada 10 Oktober 2023 di: https://www.bankmuamalat.co.id. Bougie, Roger, and Uma Sekaran. 2017. "Metode Penelitian Untuk Bisnis: Pendekatan Pengembangan Keahlian. Edisi 6 Bu. Jakarta: Salemba Empat.
Budiharto, Hasbun, and Endang Ruswanty. 2016. “Komperasi Antara Kelompok Yang Melihat Iklan Dan Tidak Melihat Iklan Dengan Moderasi Brand Awareness Terhadap Niat Beli (Studi Pada Commuter Line).” Journal of Business Studies 9(December): 48–60.
Dewi, Chintia Anggar, and Sanaji. 2014. “Pengaruh Nama Merek Terhadap Kesadaran Merek Dan Preferensi Merek Minuman Sari Buah Dalam Kemasan.” 2: 1162–73.
Durianto, Darmadi. 2015. Strategi Menaklukan Pasar Melalui Riset Ekuitas Dan. Perilaku Merek.
Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
Hermawan, Dwi Wahyu. 2015. “Pengaruh Brand Awareness, Perceived Of Service, Terhadap Brand Preference Dalam Meningkatkan Minat Menabung Kembali (Studi Pada Tabungan Bima Pada Bank Pembangunan Daerah Jawa Tengah Cabang Magelang).”
Hijriyanti, Sri Ainun, Ahmad Effendi, Wahidah Abdullah, and Brand Image. 2023. “Pengaruh Trend Dan Brand Image Terhadap Sebagai Variabel Intervening Pada Pelanggan.” 4(1): 15–28.
Keller, and Kotler. 2012. New Jersey: Pearson Marketing Management 16 Edition.
Khamdiyah, Heni. 2019. “Pengaruh Promosi, Brand Image, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Nasabah Menabung Di Bank Syariah Dengan Minat Sebagai Variabel Intervening (Studi Bank Syariah Mandiri Cabang Boyolali).” Salatiga: IAIN Salatiga. SKRIPSI: h. 1-124.
Krisnawati, Devi. 2016. “Pengaruh Brand Awareness Terhadap Keputusan Pembelian Amdk Merek
Aqua (Studi Pada Masyarakat Di Kota Bandung).” Jurnal Manajemen Bisnis Krisnadwipayana 4(1).
Lupiyoadi, Rambat. 2015. Manajemen Pemasaran Jasa Berbasis Kompetensi. Edisi 3. jakarta.
Maku, Yusman Alim Djasmin. 2017. “Penerapan Prinsip-Prinsip Tentang Perbankan Syariah Hubungannya Dengan Otoritas Jasa Keuangan.” Lex Crimen 6(1): 39–45.
Malhotra, N. K., Nunan, D., & Birks, D. F. 2017. Marketing Research: An Applied Approach. Harlow: Pearson Education Limited.
Meuthia Sally, Febrian. 2018. “Pengaruh Brand Awareness Terhadap Keputusan Pembelian Produk Zara (Studi Pada Konsumen Zara Sun Plaza Medan).”
Muhammad. 2008. Metodologi Penelitian Ekonomi Islam. Jakarta: Rajawali Pers.
PT Bank Muamalat Indonesia Tbk. 2020. “Towards Profitability and Sustainability.” Laporan Tahunan: 1–844.
Rani, Fuji Dwi, and Putu Nina Madiawati. 2022. “Pengaruh Perilaku Konsumen, Brand Image Dan Rebranding Terhadap Keputusan Pembelian Pada Produk Iconnet Di Bandung.” Publik: Jurnal Manajemen Sumber Daya Manusia, Administrasi dan Pelayanan Publik 9(2): 300–311.
Salam, Fitri Yana, and Rafika Rahmawati. 2020. “Pengaruh Brand Awareness, Brand Image Dan Media Communication Terhadap Minat Nasabah Memilih Bank Bri Syariah Kcp Cileungsi.” Paradigma 17(1): 38–58.
Saputri, Andhini Wulan. 2018. “PENGARUH BRAND AWARENESS, BRAND IMAGE, DAN MEDIA KOMUNIKASI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA JARINGAN 4G LTE
PT. TELKOMSEL (Studi Mahasiswa Universitas Pancasila) SKRIPSI.” Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents: 12–26.
Sidharta, Raden Bagus Faizal Irany, Ni Luh Ariningsih Sari, and Wayan Suwandha. 2018. “Purchase Intention Pada Produk Bank Syariah Ditinjau Dari Brand Awareness Dan Brand Image Dengan Trust Sebagai Variabel Mediasi.” Mix: Jurnal Ilmiah Manajemen 8(3): 562.
Soemitra, Andri. 2009. Bank Dan Lembaga Keuangan Syariah. Jakarta: Kencana.
Sugi, S P. 2019. “Pengaruh Brand Awareness Dan Brand Image Terhadap Brand Preference Jasa Situs Online Reservasi Hotel" Agoda" Di Indonesia.”
Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta.
“Surat Al-Baqarah Ayat 267.” 2018. https://tafsirweb.com/1033-surat-al-baqarah-ayat-267.html.
Susilo, Edi. 2017. Analisa Pembiayaan Dan Risiko Perbankan Syariah. Edisi 1. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
“Tafsir Surat Al-Baqarah Ayat 31.” 2020. https://islam.nu.or.id/tafsir/tafsir-surat-al-baqarah-ayat-31- MVcse.
“Tafsir Surat Al-Qalam Ayat 4.” 2018. https://tafsirweb.com/11092-surat-al-qalam-ayat-4.html. Tjiptono, Fandy. 2013. Brand Managaement & Strategy. Yogyakarta.
Ulya, Zikriatul. 2021. “Pengaruh Kepercayaan Dan Promosi Terhadap Minat UMKM Mengambil Pembiayaan Perbankan Syariah Di Kota Langsa.” Jurnal Manajemen dan Keuangan 9(3): 352–66.
Widiawati, Hestin Sri. 2020. “Pengaruh Brand Image Produk Syariah Dan Religius Terhadap Minat Menjadi Nasabah Bank Syariahdi Kota Kediri.” Jupeko (Jurnal Pendidikan Ekonomi) 5(1): 64.
Zakariah, M. Askari, Vivi Afriani, and KH. M. Zakariah. 2020. METODOLOGI PENELITIAN KUALITATIF, KUANTITATIF, ACTION RESEARCH, RESEARCH AND DEVELOPMENT (R n D).
Kolaka: Yayasan Pondok Pesantren Al Mawaddah Warrahmah.
Zamrodah, Yuhanin. 2016. “済無No Title No Title No Title.” 15(2): 1–23.