DEVELOPMENT OF MACROMEDIA FLASH MODULE IN THE LEARNING MEDIA COURSE FACULTY OF TEACHER TRAINING AND EDUCATION UNIVERSITY OF PEJUANG REPUBLIK INDONESIA
PENGEMBANGAN MODUL MAKROMEDIA FLASH PADA MATA KULIAH MEDIA PEMBELAJARAN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS PEJUANG REPUBLIK INDONESIA
Abstrak
Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pejuang Republik Indonesia memiliki kemampuan awal yang berbeda-beda. Hal ini membuat dosen kesulitan dalam mengajar mata kuliah yang menuntut mahasiswa melakukan praktik khususnya praktik penggunaan aplikasi pada komputer, dalam hal ini aplikasi macromedia flash. Penelitian ini bertujuan mengembangkan modul macromedia flash yang dapat digunakan mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Pejuang Republik Indonesia dalam proses perkuliahan serta untuk mengetahui kebutuhan, desain, tingkat validitas, kepraktisan, dan efektivitas modul macromedia flash hingga penyebaran modul. Metode yang digunakan adalah research and development (R&D) dengan model pengembangan 4-D, yaitu: define, design, develop, dan disseminate. Produk yang dikembangkan kemudian diuji kelayakannya dengan validitas, uji coba, dan evaluasi produk. Hasil penelitian terhadap modul macromedia flash menunjukkan tingkat koefisien validitas oleh kedua validator dengan perolehan skor rerata 75%, dengan tingkat kepraktisan setelah diberikan uji coba terbatas terhadap mahasiswa mendapatkan kategori sangat praktis dengan perolehan skor rerata 3,32% serta tingkat keefektifan modul macromedia flash dapat dilihat pada uji coba lapangan terhadap mahasiswa melalui pre-test dan post-test dengan perolehan skor rerata 56,00% pada saat pelaksanaan pre-test dan saat pelaksanaan post-test memperoleh 89,20%. Sehingga modul macromedia flash dapat membantu dosen dan mahasiswa dalam memperlancar proses perkuliahan yang lebih efektif.
##plugins.generic.usageStats.downloads##
Referensi
Aina, M. N., & Sundari, J. (2019). Analisis hubungan media pembelajaran berbasis teknologi informasi dengan minat belajar siswa. UIGM: Jurnal Informatika Global, 10(1), 15–19. https://doi.org/10.36982/jiig.v10i1.730.
Anshori, S. (2019). Pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi sebagai media pembelajaran. Civic-Culture: Jurnal Ilmu Pendidikan PKn Dan Sosial Budaya, 2(1), 88–100. Retrieved from http://194.59.165.171/index./CC/article/view/70.
Cramer, K. M., Ross, C., Plant, L., & Pschibul, R. (2018). Efficacy of learning modules to enhance study skills. IJTIE (International Journal of Technology and Inclusive Education), 7(1), 1251–1259. https://doi.org/10.20533/ijtie.2047.0533.2018.0153.
Dewi, S. M. (2022). Efektivitas penggunaan media pembelajaran untuk meningkatkan pengetahuan warna mahasiswa tata rias dan kecantikan. Jurnal Pendidikan Dan Keluarga, 13(02), 28–32. https://doi.org/10.24036/jpk/vol13-iss02/893.
Fadlul Amdhi Yul, E. S. (2017). Pembuatan media pembelajaran pada mata kuliah rangkaian listrik dan digital menggunakan macromedia flash 8.0. Jurnal Edik Informatika, 3(2), 165–177. https://dx.doi.org/10.22202/jei.2017.v3i2.1945.
Handayani, R. (2019). Efektivitas pembelajaran kolaboratif pada mata kuliah pembelajaran matematika berbasis informatika. Eksponen, 9(2), 45–51. https://doi.org/10.47637/eksponen.v9i2.59.
Harahap, M., & Fauzi, R. (2018). Pengembangan modul pembelajaran matematika berbasis web. Jurnal Education and Development, 4(5), 13–17. https://doi.org/10.37081/ed.v4i5.153.
Hwang, I., Tam, M., Lam, S. L., & Lam, P. (2012). Use of animation as a supplementary learning material of physiology content. Proceedings of the European Conference on E-Government, ECEG, 10(4), 141–149. Retrieved from https://www.proquest.com/openview/498ddf3873e0433d584a35f8fea92f78/1?pq-origsite=gscholar&cbl=1796414.
Kurniati, R. (2017). Guru matematika seperti apakah yang dicita-citakan mahasiswa keguruan? (Issue 19).
Negara, R. M. H. K., Suherman, A., & Yayat. (2019). Pengaruh penggunaan modul pembelajaran berdasarkan kurikulum SMK 2013 terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran sistem dan instalasi refrigerasi. Journal of Mechanical Engineering Education, 6(1), 64–70. https://doi.org/10.17509/jmee.v6i1.18244.
Rahdiyanta, D. (2016). Teknik penyusunan modul. Retrieved from https://www.academia.edu/.
Ramly, R. A., & Alfadil, M. T. (2021). The influence of the application of power point learning media on ict learning outcomes. Jurnal Galeri Pendidikan, 1(1), 57–74. Retrieved from http://galeripendidikan.42web.io/oj2/index.php/jpg/article/view/9.
Semmel, M. I., Semmel, D. S., & Thiagarajan, S. (1974). Instructional development for training teachers of exceptional children: A sourcebook. In University of Minnesota (illustrate, Vol. 14, Issue 1). Leadership Training Institute/Special Education, University of Minnesota, 1974. https://doi.org/10.1016/0022-4405(76)90066-2.
Septia, T., Edrati, S., & Pratiwi, M. (2016). The effectiveness of interactive module based on lectora to improve student’s spatial ability. In R. N. Oktarina, J. Hohn, L. D. Puspita, U. Rahmawati, & R. Noviani (Eds.), The 4 th ISMEI: Internasional Syimposium on Mathematics Education and Innovation (Issue Working toward meaningful teacher and learning, pp. 373–381). SEAMEO QITEP in Mathematics.
Siregar, L. F. (2022). Penyusunan modul dalam pembelajaran daring/luring SMA Papua. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 2508–2512. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5828.
Supriharyanti, D., Usodo, B., & Slamet, I. (2020). Effectiveness of macromedia flash digital module. Journal of Physics: Conference Series, 1469(1), 1–7. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1469/1/012083.
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by4.footer##