DEVELOPMENT OF MATHEMATICAL LITERACY-BASED TEACHING MATERIAL ON MATHEMATICS
PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATEMATIKA BERBASIS LITERASI MATEMATIKA
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar matematika berdasarkan kemampuan literasi. Bahan ajar ini dikembangkan untuk dapat digunakan semua siswa, baik siswa dengan kemampuan literasi rendah, sedang, maupun tinggi. Dengan demikian guru dengan mudah mengaplikasikanya secara klasikal dalam pembelajaran di kelas. Desainnya menggunakan model pengembangan Plomp. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII MTsN 3 Aceh Tengah dengan instrumen berupa lembar validasi ahli, lembar penilaian kepraktisan dan penilaian efektivitas. Penelitian ini menjelaskan proses pengembangan buku teks yang berkualitas baik telah memenuhi kriteria validitas, kepraktisan, dan efektivitas. Hasil validasi ahli pada indikator material, skor indeks V rata-rata 0,81, indikator literasi matematika 0,77, indikator ilustrasi 0,74, indikator tata letak/format 0,8 dan indikator bahasa 0,8. Berdasarkan hasil tersebut, diketahui bahwa buku teks yang dikembangkan telah memenuhi kategori yang valid. Hasil rekapitulasi kuesioner kepraktisan oleh penilai memiliki skor total 137 dan memiliki skor rata-rata 45,66. Berdasarkan kategori yang digunakan, bahan ajar dikategorikan sebagai Sangat Praktis. Hasil tes yang dilakukan pada kelompok uji menunjukkan bahwa penguasaan pembelajaran setelah menggunakan buku teks di atas 85% yang artinya memenuhi kategori baik, dan menunjukkan bahwa bahan ajar yang dikembangkan efektif.
##plugins.generic.usageStats.downloads##
Referensi
Akyuz, G., & Pala, N. M. (2010). The effect of student and class characteristics on mathematics literacy and problem-solving in PISA 2003. Elementary Education Online, 9(2), 668–678. Retrieved from https://www.ilkogretim-online.org/?mno=122909.
Cahyono, B., Tsani, D., & Rahma, A. (2018). Pengembangan bahan ajar buku saku matematika berbasis pendidikan karakter materi trigonometri. Phenomenon: Jurnal Pendidikan MIPA, 8(2), 185–199. https://doi.org/10.21580/phen.2018.8.2.2929.
De-Lange, J. (2003). Mathematics for literacy. Quantitative literacy: Why numeracy matters for schools and colleges, 80, 75–89.
Dinni, H. N. (2018). HOTS (high order thinking skills) dan kaitannya dengan kemampuan literasi matematika. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1, 170-176. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/19597.
Diputra, K. K. S., Diputra, K. S., Suarjana, I. M., & Japa, I. G. N. (2019). Investigating the mathematical literacy of primary school students in curriculum 2013. 5th International Conference on Education and Technology (ICET 2019), 65–67. https://doi.org/10.2991/icet-19.2019.16.
Firmansyah, & Gradini, E. (2020). Profil daya serap ujian nasional mata pelajaran matematika SMP/MTS tahun 2019 Se-Kabupaten Aceh Tengah. Jurnal As-Salam, 4(2), 246–259. https://doi.org/10.37249/as-salam.v4i2.184.
Gatabi, A. R., & Stacey, K. (2009). Applying a mathematical literacy framework to the Iranian grade 9 mathematics textbook. Of the 33rd Conference of the International Group for the Psychology of Mathematics Education, 433.
Gradini, E., & Firmansyah, F. (2019). Measuring students’ mathematical literacy in the culturally responsive mathematics classroom. Al-Ta Lim Journal, 26(3), 233–242. https://doi.org/10.15548/jt.v26i3.551.
Grotluschen, A., Mallows, D., Reder, S., & Sabatini, J. (2016). Adults with low proficiency in literacy or numeracy. OECD Education Working Papers No. 131. Paris: OECD Publishing. https://doi.org/10.1787/5jm0v44bnmnx-en.
Han, W., Susanto, D., Dewayani, S., Pandora, P., Hanifah, N., Miftahussururi, M., & Akbari, Q. S. (2017). Materi pendukung literasi numerasi. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Retrieved from http://repositori.kemdikbud.go.id/11628/1/materi-pendukung-literasi-numerasi-rev.pdf.
Johar, R. (2012). Domain soal PISA untuk literasi matematika. Jurnal Peluang, 1(1), 30. Retrieved from http://www.jurnal.unsyiah.ac.id/peluang/article/view/1296.
Kholil, M., & Usriyah, L. (2019). Pengembangan buku ajar matematika terintegrasi nilai-nilai keislaman dalam penanaman karakter siswa madrasah ibtidaiyah. Madrasah: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 12(1), 52–62. https://doi.org/10.18860/mad.v12i1.7442.
Lestari, N. D. S., Juniati, D., & Suwarso, St. (2017). Preliminary study: Mathematics teacher conception in supporting the integration of mathematics literacy and mathematics teaching and learning. Proceeding ICMETA, 1(1). Retrieved from https://jurnal.uns.ac.id/math/article/view/12026.
Li, Y. (2019). Mathematics education and mathematics culture-training mathematics literacy in mathematics education. In 5th International Conference on Education Technology, Management, and Humanities Science (Vol. 10). Retrieved from https://www.webofproceedings.org/proceedings_series/ESSP/ETMHS%202019/ETMHS19374.pdf.
Nieveen, N. (1999). Prototyping to reach product quality. In Design approaches and tools in education and training (pp. 125-135). Dordrecht: Springer. https://doi.org/10.1007/978-94-011-4255-7.
OECD. (1999). Measuring student knowledge and skills: A new framework for assessment. Paris: OECD Publishing.
OECD. (2009). Assessment framework-key competencies in reading. mathematics and science. Paris: OECD Publishing.
OECD. (2019). PISA 2018 results (volume I): What students know and can do. Paris: OECD Publishing.
Ojose, B. (2011). Mathematics literacy: Are we able to put the mathematics we learn into everyday use? Journal of Mathematics Education, 4(1), 89–100.
Owens, J. E. (1988). Curriculum and evaluation standards for school mathematics: Report of the national council of Teachers of Mathematics' Commission on standards for school mathematics. Paper presented at the Summer Workshop of The Association of Teacher Educators. The University of Alabama. Retrieved from https://eric.ed.gov/?id=ED302515.
Plomp, T., & Nieveen, N. (2013). Educational design research. Enschede: Netherland Institute For Curriculum Development (SLO).
Retnawati, H. (2016). Proving content validity of self-regulated learning scale (The comparison of Aiken index and expanded Gregory index). REiD (Research and Evaluation in Education), 2(2), 155–164. https://doi.org/10.21831/reid.v2i2.11029.
Saefurohman, S., Maryanti, R., Azizah, N. N., Al Husaeni, D. F., Wulandary, V., & Irawan, A. R. (2021). Efforts to increase numeracy literacy of elementary school students through quizzes and learning media. ASEAN Journal of Science and Engineering Education, 1(3), 167–174. Retrieved from https://ejournal.upi.edu/index.php/AJSEE/article/view/38570.
Styawati, R. D., & Nursyahida, F. (2017). Profil kemampuan literasi matematika siswa berkemampuan matematis rendah dalam menyelesaikan soal berbentuk PISA. AKSIOMA: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 8(2), 33-42. https://doi.org/10.26877/aks.v8i2.1839.
Susanti, E., & Syam, S. S. (2017). Peran guru dalam meningkatkan kemampuan literasi matematika siswa Indonesia. In Prosiding dipresentasikan dalam Seminar Matematika dan Pendidikan Matematika UNY. Retrieved from http://seminar.uny.ac.id/semnasmatematika/sites/seminar.uny.ac.id.semnasmatematika/files/full/M-41.pdf.
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by4.footer##