DEVELOPMENT OF A WEB-BASED DIGITAL MATHEMATICS BOOK FOR CLASS VII ODD SEMESTER OF SMPN 5 WATANSOPPENG
PENGEMBANGAN BUKU DIGITAL MATEMATIKA BERBASIS WEB KELAS VII SEMESTER GANJIL SMPN 5 WATANSOPPENG
Abstrak
Jenis Penelitian ini adalah research and development yang bertujuan untuk mengidentifikasi kebutuhan buku digital matematika, mendesaian buku digital matematika dan mengukur tingkat kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan buku digital matematika. Proses pengembangan buku digital mengacu pada model ADDIE yang mencakup 5 tahapan yaitu analysis, design, development, implement, dan evaluate. Penelitian ini dilaksanakan di SMPN 5 Watansoppeng dengan subjek peneliti secara keseluruhan untuk melihat keefektifan dari buku digital matematika, 2 orang ahli agar didapatkan kevalidan buku digital matematika yang dikembangkan, tes hasil belajar pada uji coba kelompok besar untuk melihat keefektifan buku digital, dan angket respon guru untuk melihat kepraktisan buku digital. Hasil penelitian menujukkan bahwa validasi ahli materi dikategori baik dan ahli media dengan kategori sangat baik sehingga buku digital matematika dapat digunakan dalam proses pembelajaran. Hasil uji coba individu dan kelompok kecil dengan menyebarkan angket respon peserta didik masing-masing berada pada kategori baik, sedangkan pada uji coba kelompok besar dengan memberi pretest dan posttest berada pada kategori signifikan, sehingga diperoleh nilai dengan kategori efektif. Selanjutnya dilakukan analisis tingkat kepraktisan dengan memberikan angket respon guru kepada guru mata pelajaran matematika berada pada kategori sangat baik, sehingga diperoleh nilai dengan kategori praktis.
##plugins.generic.usageStats.downloads##
Referensi
Agustiningsih, A. K. (2021). Penggunaan buku digital untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas XI IPS 3 SMAN Pakusari Jember: Studi kasus pada mata pelajaran ekonomi materi perpajakan dalam pembangunan ekonomi semester genap tahun ajaran 2019/2020. PESAT, 6(6). 12-24. Retrieved from http://ejournal.paradigma.web.id/index.php/pesat/article/view/27.
Aprilutfi, D. N. (2022). Flipbook tematik: Alternatif media pembelajaran PKN berbasis fliphtml5 di SD. Educenter : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 1(4), Article 4. https://doi.org/10.55904/educenter.v1i4.111.
Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
Asmayanti, A., Cahyani, I., & Idris, N. S. (2020). Model addie untuk pengembangan bahan ajar menulis teks eksplanasi berbasis pengalaman. Seminar Internasional Riksa Bahasa, 259–267. Retrieved from http://proceedings.upi.edu/index.php/riksabahasa/article/view/1355.
Cahyadi, R. A. H. (2019). Pengembangan bahan ajar berbasis addie model. Halaqa: Islamic Education Journal, 3(1), 35–42. https://doi.org/10.21070/halaqa.v3i1.2124.
Cahyaningsih, U. (2018). Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TAI(team assisted individualization) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika. Jurnal Cakrawala Pendas, 4(1), 266427. https://doi.org/10.31949/jcp.v4i1.707.
Hidayat, F., & Nizar, M. (2021). Model addie (analysis, design, development, implementation and evaluation) dalam pembelajaran pendidikan agama islam. Jurnal Inovasi Pendidikan Agama Islam (JIPAI), 1(1), 28–38. https://doi.org/10.15575/jipai.v1i1.11042.
Kurnia, T. D., Lati, C., Fauziah, H., & Trihanton, A. (2019). Model addie untuk pengembangan bahan ajar berbasis kemampuan pemecahan masalah berbantuan 3d pageflip. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika (SNPM), 1(1). Retrieved from http://fkip-unswagati.ac.id/ejournal/index.php/snpm/article/view/844.
Limbong, T., & Simarmata, J. (2022). Pelatihan pembuatan buku digital dan media pembelajaran berbasis multimedia pada SMK Negeri 1 Pergetteng-Getteng Sengkut kabupaten Pakpak Bharat. ULEAD : Jurnal E-Pengabdian, 88–93. https://doi.org/10.54367/ulead.v1i2.1717.
Mandak, K., Light, J., & McNaughton, D. (2019). Digital books with dynamic text and speech output: effects on sight word reading for preschoolers with autism spectrum disorder. Journal of Autism and Developmental Disorders, 49(3), 1193–1204. https://doi.org/10.1007/s10803-018-3817-1.
Natsir, I., Taufik, A. R., & Ruslau, M. F. V. (2022). Pelatihan pembuatan buku digital berbantuan flipbook maker sebagai bahan ajar inovatif bagi guru di smp negeri buti. Jubaedah : Jurnal Pengabdian Dan Edukasi Sekolah (Indonesian Journal of Community Services and School Education), 2(1). https://doi.org/10.46306/jub.v2i1.52.
Novianti, D. E. (2021). Asesmen kompetensi minimum (AKM) dan kaitannyadengan kemampuan pemecahan masalah matematika. Prosiding Nasional Pendidikan: LPPM IKIP PGRI Bojonegoro, 2(1), 85–91. Retrieved from https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/Prosiding/article/view/1144.
Paramitha, C. P., Risnasari, M., & Saputro, S. D. (2018). Pengembangan sistem informasi absensi siswa berbasis java desktop di SMA Darul Kholil Bangkalan. Jurnal Ilmiah Edutic : Pendidikan Dan Informatika, 4(2). https://doi.org/10.21107/edutic.v4i2.3971.
Prasetya, D. D., Widiyaningtyas, T., & Prastuti, E. (2016). Buku digital cerita anak berbasis mobile. 26, 6.
Purnamasari, N. L. (2019). Metode addie pada pengembangan media interaktif adobe flash pada mata pelajaran tik. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Sekolah Dasar, 5(1). https://doi.org/10.29100/jpsd.v5i1.1530.g677.
Puspaningrum, C., Syahputra, E., & Surya, E. (2021). Pengembangan media pembelajaran buku digital interaktif berbasis pendekatan matematika realistik untuk meningkatkan kemampuan spasial siswa. Paradikma: Jurnal Pendidikan Matematika, 14(2). https://doi.org/10.24114/paradikma.v14i2.27147.
Rahman, L., Silaban, R., & Nur, N. (2021). Pengembangan e-modul kimia berbantuan flip pdf professional untuk pembelajaran kimia non logam pada pokok bahasan karbon dan silikon. Duconomics Sci-meet (Education & Economics Science Meet), 1, 185–191. https://doi.org/10.37010/duconomics.v1.5440.
Safitri, M., & Aziz, M. R. (2022). Addie, sebuah model untuk pengembangan multimedia learning. Jurnal Pendidikan Dasar, 3(2). 51-59. Retrieved from https://jurnal.umpwr.ac.id/index.php/jpd/article/view/2237.
Santoso, H. (2021). Arah dan orientasi filsafat ilmu di Indonesia. Jurnal Filsafat Indonesia, 4(3), 287-295. https://doi.org/10.23887/jfi.v4i3.38407.
Saputra, R. H., Waziana, W., Baba, J. A., Magribi, M. R., & Putra, A. D. (2021). Rancang bangun perpustakaan buku digital (e-book) berbasis web. Jurnal El-Pustaka, 2(2). https://doi.org/10.24042/el-pustaka.v2i2.10175.
Saputro, F. B., Somantri, M., & Nugroho, A. (2017). Pengembangan sistem kuliah online universitas diponegoro untuk antar muka mahasiswa pada perangkat bergerak berbasis android. Transmisi: Jurnal Ilmiah Teknik Elektro, 19(1), 15–21. https://doi.org/10.12777/transmisi.19.1.15-21.
Syahroni, S., & Nurfitriyanti, M. (2017). Pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis komputer dalam pembelajaran matematika, materi bilangan pada kelas 3 SD. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 7(3). 262-271. http://dx.doi.org/10.30998/formatif.v7i3.2237.
Warsihna, J. (2016). Meningkatkan literasi membaca dan menulis dengan teknologi informasi dan komunikasi (tik). Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan, 4(2), 67-80. https://doi.org/10.31800/jtp.kw.v4n2.p67--80.
Widiastuti, Y., Lestari, O. W., & Ambarwati, A. (2022). Preferensi media bacaan sastra siswa SMAN 1 Kraksaan: Cetak atau digital? KEMBARA: Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 8(2), 272-287. https://doi.org/10.22219/kembara.v8i2.21345.
Wijaya, T. T., Cao, Y., Weinhandl, R., & Tamur, M. (2022). A meta-analysis of the effects of E-books on students’ mathematics achievement. Heliyon, 8(6), e09432. https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2022.e09432.
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by4.footer##