PERBEDAAN GENDER DALAM KEMAMPUAN SPASIAL DAN FAKTOR-FAKTOR YANG MUNGKIN MEMPENGARUHINYA
PERBEDAAN GENDER DALAM KEMAMPUAN SPASIAL MATEMATIS DAN FAKTOR-FAKTOR YANG MUNGKIN MEMPENGARUHINYA
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki secara kuantitatif perbedaan kemampuan spasial antara siswa laki-laki dan perempuan untuk memberikan bukti empiris. Dalam penelitian ini, 36 siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) menjadi sampel. Tes kemampuan spasial digunakan untuk mengumpulkan data tentang kemampuan spasial siswa. Data tersebut kemudian dianalisis menggunakan uji T untuk menguji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kemampuan spasial siswa laki-laki dan perempuan, dan secara umum ataupun dilihat dari jenis kelamin kemampuan spasial siswa masih rendah. Faktor yang mungkin mempengaruhi adanya perbedaan yang signifikan berdasarkan jenis kelamin adalah faktor biologis dan faktor sosial budaya, sedangkan masih rendahnya kemampuan spasial siswa disebabkan oleh siswa yang tidak terbiasa mendapat latihan soal terkait dengan kemampuan spasial. Penggunaan media pembelajaran untuk kemampuan spasial siswa belum optimal.
##plugins.generic.usageStats.downloads##
Referensi
Akayuure, P., Asiedu-Addo, S. K., & Alebna, V. (2016). Investigating the effect of origami instruction on preservice teachers’ spatial ability and geometric knowledge for teaching. International Journal of Education in Mathematics, Science and Technology, 4(3), 198. https://doi.org/10.18404/ijemst.78424.
Alghadari, F. (2020). Bagaimana mengembangkan kemampuan spasial dalam pembelajaran matematika di sekolah?: suatu tinjauan literatur. 1, 60–72. https://doi.org/10.37640/jim.v1i2.370.
Alimuddin, H., & Trisnowali, A. (2015). Profil kemampuan spasial dalam menyelesaikan masalah geometri siswa yang memiliki kecerdasan logis matematis tinggi ditinjau dari perbedaan gender. Jurnal Pendidik Indonesia, 2(1), 316772.
Asis, M., Arsyad, N., & Alimuddin. (2015). Profil kemampuan spasial dalam menyelesaikan masalah geometri siswa yang memiliki kecerdasan logis matematis tinggi ditinjau dari perbedaan gender. 3, 78–87.
Gardner, H., & Hatch, T. (1989). Educational implications of the theory of multiple intelligences. Educational Researcher, 18(8), 4–10. https://doi.org/10.3102/0013189X018008004.
Halizah, P. N. (2023). Analisis kemampuan berpikir spasial siswa kelas VIII dalam menyelesaikan masalah materi bangun ruang sisi datar ditinjau dari tingkat visualitas di SMPN 1 Sukowono Jember. [Skripsi].
Handayani, K., Sutriyono, & Prihatnani, E. (2020). Perbedaan kecerdasan spasial antara siswa laki-laki dan siswa perempuan pada kelas X SMA Negeri 1 Salatiga. Jurnal Ilmu Pendidikan, 7(2), 809–820.
Harahap, R., Surya, E., & Syahputra, E. (2018). Perbedaan kemampuan spasial dan motivasi belajar siswa pada pembelajaran kontekstual dan penemuan terbimbing berorientasi budaya mandailing. Paradikma Jurnal Pendidikan Matematika, 11(1), 1–7.
Harahap, U. N. (2020). Profil kemampuan spasial matematis siswa dalam menyelesaikan soal geometri di SMP. [Skripsi]. Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Darussalam.
Hibatullah, I. N., Susanto, S., & Monalisa, L. A. (2020). Profil kemampuan spasial siswa ditinjau dari tipe kepribadian florence littauer. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 6(2), 115. Retrieved from https://jurnal.umj.ac.id/index.php/fbc/article/view/5557.
Imamuddin, M., & Isnaniah, I. (2018). Profil kemampuan spasial mahasiswa camper dalam merekonstruksi irisan prisma ditinjau dari perbedaan gender. MaPan, 6(1), 31–39. https://doi.org/10.24252/mapan.2018v6n1a4.
Ismi, K. (2021). Analisi kemampuan spasial matematis siswa ditinjau dari perbedaan gender. [Skripsi]. Program Studi Matematika Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan Uiversitas Islam Negeri Mataram Mataram.
Isnaini, N. E. (2020). Kemampuan visual spasial siswa dalam menyelesaikan soal pisa konten shape and space berdasarkan gaya belajar. KadikmA, 11(2), 23. https://doi.org/10.19184/kdma.v11i2.19801.
Khoriyani, R. P., & Suhendra, M. (2022). Meningkatkan kemampuan spasial siswa. 2(3), 479–487.
Maghfiroh, L. (2023). Analisis Kemampuan spasial dalam menyelesaikan masalah kontekstual ditinjau dari perbedaan gender pada kelas V di SDN Wilangan Sambit Ponorogo. [Skripsi]. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo.
Nafi’ah, L. (2014). pengaruh kemampuan spasial berdasarkan gender terhadap hasil belajar pada materi dimensi tiga siswa kelas X di MAN rejotangan tahun ajaran 2013/2014. Institut Agama Islam Negeri Tulungagung.
Nasution, E. Y. P. (2017). Meningkatkan kemampuan spasial siswa melalui pembelajaran geometri berbantuan cabri 3D. 2(2), 179–194.
Ratumanan, T. ., & Laurens, T. (2015). Penilaian hasil belajar pada tingkat satuan pendidikan. Pensil Komunika.
Saputra, D. (2020). Psikologi gender. Universitas Esa Unggul.
Saputro, R. (2020). Kemampuan berpikir spasial peserta didik menggunakan peta dan citra inderaja pada pembelajaran geografi Di SMAN 1 Bae Kudus. [Skripsi]. Program Studi Pendidikan Geografi Pascasarjana Universitas Negeri Semarang.
Wiwied, A., & Hadiyanto, R. (2023). Pembelajaran berbasis diferensiasi otak siswa laki-laki dan perempuan pada kelas khusus perspektif neurosains. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 5(5), 1995–2007.
Yumniyati, K. (2016). Pengaruh jenis kelamin terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa kelas X pada materi geometri dikontrol dengan kemampuan spasial di SMAN 13 Semarang. Fakultas Sains Dan Teknologi Universitas Islam Negeri Walisongo, 1–109.
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by4.footer##