ANALYSIS OF PROBLEM SOLVING ABILITY OF CLASS X STUDENTS REVIEWED FROM LEARNING STYLE
ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS X DITINJAU DARI GAYA BELAJAR
Abstrak
Kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik berdasarkan gaya belajar mereka penting diketahui untuk mengidentifikasi metode pengajaran yang paling sesuai, sehingga dapat memaksimalkan potensi belajar setiap peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik kelas X IIS 1 MA Guppi Ralla dengan mempertimbangkan tiga gaya belajar, yaitu visual, auditorial, dan kinestetik. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Subjek penelitian terdiri dari tiga peserta didik yang mewakili berbagai gaya belajar. Data dikumpulkan melalui angket gaya belajar, tes kemampuan pemecahan masalah, dan wawancara. Data hasil penelitian dianalisis melalui reduksi data, pemaparan data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik kelas X di MA Guppi Ralla dapat dipengaruhi oleh gaya belajar mereka. Berdasarkan analisis kemampuan pemecahan masalah pada tiga subjek yang mewakili gaya belajar visual, auditorial, dan kinestetik, dapat disimpulkan bahwa peserta didik dengan gaya belajar visual memiliki kemampuan pemecahan masalah matematika yang baik, terutama dalam memahami masalah, membuat rencana, melaksanakan rencana, dan melihat kembali hasil kerja mereka. Peserta didik dengan gaya belajar auditorial juga memiliki kemampuan yang baik dalam pemecahan masalah matematika, meskipun ada sedikit kesulitan dalam memahami masalah secara teliti. Sementara peserta didik dengan gaya belajar kinestetik juga mampu dalam pemecahan masalah matematika, tetapi mereka cenderung kurang teliti dalam mendefinisikan permasalahan. Penelitian lebih lanjut dapat mengeksplorasi bagaimana berbagai metode pengajaran yang disesuaikan dengan gaya belajar peserta didik mempengaruhi peningkatan kemampuan pemecahan masalah mereka.
##plugins.generic.usageStats.downloads##
Referensi
Adelia, W. S., Sinaga, B., & Nasution, H. (2020). Analysis of mathematical problem solving ability of students viewed from creative thinking stages in problem-based learning model. International Journal of Multicultural and Multireligious Understanding, 7(10), 496–502. https://doi.org/10.18415/ijmmu.v7i10.2106.
Amir, M. F. (2015). Proses berpikir kritis siswa sekolah dasar dalam memecahkan masalah berbentuk soal cerita matematika berdasarkan gaya belajar. Jurnal Math Educator Nusantara, 1(2), 159–170.
Arsy, Y. N., Rahmi, D., & Kurniati, A. (2022). Analisis kemampuan pemecahan masalah matematis ditinjau dari gaya belajar peserta didik. JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 5(2), 099–108. https://doi.org/10.24014/juring.v5i2.15775.
Darmaningtyas. (2015). Pendidikan yang memiskinkan. Malang: Intrans Publishing.
Dunn, R., & Dunn, K. J. (1978). Teaching students through their individual learning styles: a practical approach. Amazon: Reston Publishing Company Inc.
Febrina, H., & Hali, F. (2020). Analysis of mathematical problem solving ability viewed from student learning style. JME (Journal of Mathematics Education), 5(1), 70–75. https://doi.org/10.31327/jme.v5i1.1757.
Kolb, D. A. (1984). Experiential learning: Experience as the source of learning and development. Amazon: Prentice Hall.
Kumalasari, A., Winarni, S., Rohati, R., Marlina, M., & Aulia, M. G. (2022). Analysis mathematical problem solving ability of assimilator student: kolb learning style. Hipotenusa : Journal of Mathematical Society, 4(2), 120–133. https://doi.org/10.18326/hipotenusa.v4i2.7715.
Lee, C. I. (2017). An appropriate prompts system based on the Polya method for mathematical problem-solving. Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 13(3), 893–910. https://doi.org/10.12973/eurasia.2017.00649a.
Mariani, S., Tri, R., & Retno, E. (2018). Mathematical literacy ability of 9th grade students according to learning styles in problem based learning-realistic approach with edmodo. Unnes Journal of Mathematics Education, 7(1), 48–56. https://doi.org/10.15294/ujme.v7i1.22572.
Muqarrabin, F., Ismaimuza, D., Meinarni, W., & Sukayasa, S. (2024). Analysis of problem-solving abilities in completing story problems on combination material based on student learning styles. Prisma Sains : Jurnal Pengkajian Ilmu Dan Pembelajaran Matematika Dan IPA IKIP Mataram, 12(1), 189. https://doi.org/10.33394/j-ps.v12i1.10625.
Polya, G. (1962). Mathematical discovery on understanding, learning, and teaching problem solving. New Jersey: John Wiley & Sons Inc.
Reys, R. E. (1998). Helping children learn mathematics (5th ed.). New Jersey: John Wiley & Sons Inc.
Soebagyo, J., Umam, K., Istikharoh, I., & Suhendri, H. (2022). An analysis of students’ mathematical problem-solving ability at class VII social arithmetic materials based on learning styles. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 12(1). https://doi.org/10.30998/formatif.v12i1.10099.
Syahril, R. F., Maimunah, M., & Roza, Y. (2021). Analisis kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMA Kelas XI SMAN 1 Bangkinang Kota ditinjau dari gaya belajar. Edumatica : Jurnal Pendidikan Matematika, 11(03), 78–90. https://doi.org/10.22437/edumatica.v11i03.15320.
Syarifuddin. (2015). Upaya meningkatkan mutu pendidikan melalui penegakan disiplin bagi peserta didik di SD Negeri 009 Balikpapan Barat. Jurnal Ilmu Pendidikan LPMP Kalimantan Timur, IX(2), 137–148.
Xiao, F., Barnard-Brak, L., Lan, W., & Burley, H. (2019). Examining problem-solving skills in technology-rich environments as related to numeracy and literacy. International Journal of Lifelong Education, 38(3), 327–338. https://doi.org/10.1080/02601370.2019.1598507.
Zulkipli, & Ansori, H. (2018). Kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMP Muhammadiyah 1 Banjarmasin menggunakan pendekatan matematika realistik. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 34–44. https://doi.org/10.20527/edumat.v6i1.5118.
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by4.footer##