IMPLEMENTASI PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARAN SISWA PADA MATERI GERAK LURUS

Penulis

  • Cupma Riya Cipta Sari Uviversitas PGRI Madium
  • Tantri Mayasari UNIVERSITAS PGRI MADIUN
  • Mislan Sasono UNIVERSITAS PGRI MADIUN

DOI:

https://doi.org/10.24252/jpf.v8i2.14631

Abstrak

Kemampuan penalaran merupakan kemampuan penting dan sangat diperlukan untuk memecahkan suatu permasalahan dalam fisika. Untuk memfasilitasi siswa diperlukan suatu metode pembelajaran yang mendukung hal itu. Adanya penelitian ini guna mengetahui seberapa besar pengaruh Problem Based Learning  terhadap kemampuan penalaran siswa kelas X pada materi gerak lurus.  Metode pre-eksperimen  dengan one group pretest posttest design dan dilakukan kepada siswa kelas X IPA 2 SMAN 2 MEJAYAN yang berjumlah 33 siswa. Sampel ini diambil dari teknik pengambilan sampling convenience sampling. Keseluruhan mendapatkan perlakuan setelah pengerjaan soal pretest dan mengerjakan soal postest setelah diberi perlakuan. Perlakuan yang didapat siswa adalah kegiatan pembelajaran menggunakan problem based learning. Keekektifan metode pembelajaran dapat diketahui dengan melihat hasil analisis N-Gain , serta effectsize  pada nilai pretest maupun postest . Instrumen berupa tes, angket respon siswa dan lembar observasi problem based learning.

 

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Biografi Penulis

Cupma Riya Cipta Sari, Uviversitas PGRI Madium

Pendidikan Fisika

Tantri Mayasari, UNIVERSITAS PGRI MADIUN

Dosen Pendidikan Fisika

Mislan Sasono, UNIVERSITAS PGRI MADIUN

Dosen Pendidikan Fisika

Referensi

Amir, M. (2012). Inovasi Pendidikan melalui Problem Based Learning. Jakarta: Prenada Media Grup.
Arends, Richard. (2008). Learning to Teach.Jogjakarta:Pustaka Pelajar
Ardiani, N. F. (2013). Taksonomi Bloom Vs Taksonomi Marzano Dalam Pembelajaran. Salatiga: Universitas Kristen Satya Wacana.
Arikunto, s. (2010). dasar dasar evaluasi pendidikan. jakarta: bumi aksara.
Ertikanto, D. C. (2016). Teori Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Media Akademi.
Farisi, A., Hamid, A., & Melvina. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dalam Meningkatkan Hasil Belajar Ssiswa pada Konsep Suhu dan Kalor. Jurnal Ilmiah Mahasiswa, 2(3), 283–287. http://www.jim.unsyiah.ac.id/pendidikan-fisika/article/view/4979
Milana, L., & Jannati, E. D. (2018). Inovasi Model Pembelajaran Problem Based Learning Dengan Visualisasi Virtual Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Pada Matakuliah Fisika Dasar I. WaPFi (Wahana Pendidikan Fisika), 3(1), 19. https://doi.org/10.17509/wapfi.v3i1.10933
Mustami, K. (2015). Metodologi Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: Aynat Publishing.
Saharsa, U., Qaddafi, M., & Baharuddin, B. (2018). Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Video Based Laboratory Terhadap Peningkatan Pemahaman Konsep Fisika. Jurnal Pendidikan Fisika, 6(2), 57–64. https://doi.org/10.24252/JPF.V6I2A2

Unduhan

Diterbitkan

2020-09-05

Cara Mengutip

Sari, C. R. C., Mayasari, T., & Sasono, M. (2020). IMPLEMENTASI PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARAN SISWA PADA MATERI GERAK LURUS. JPF (Jurnal Pendidikan Fisika) Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, 8(2), 108–117. https://doi.org/10.24252/jpf.v8i2.14631

Terbitan

Bagian

Articles