EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS SAINTIFIK TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA

  • suarti suarti UIN ALUDDIN MAKASSAR
    (ID)
Kata Kunci: Discovery Lerning; LKPD;Saintifik; Hasil Belajar.

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran discovery learning berbantuan LKPD berbasis pendekatan saintifik terhadap hasil belajar fisika pada materi fluida. Metode yang digunakan adalah pre-experimental design, dengan desain penelitian one group pretest-posttest design. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, diperoleh rata-rata nilai pretest hasil belajarĀ  71,40 dalam kriteria cukup. Sedangkan rata-rata posttest hasil belajar peserta didik sebesarĀ  81,25 menunjukkan bahwa hasil belajar peserta didik dalam kriteria Baik. Selanjutnya hasil pengujian hipotesis dengan uji paired sampel t-test, menunjukkan nilai sig. 0,000 yang berarti <0,05, artinya terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar peserta didik sebelum dan setelah diberikan perlakuan. Dan hasil uji n-gain untuk mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik diperoleh rata-rata hasil belajar sebelum dan setelah pembelajaran menggunakan model pembelajaran discovery learning mengalami peningkatan dengan kategori sedang. Hal ini menunujukkan bahwa model pembelajaran discovery learning berbantuan LKPD berbasis pendekatan saintifik efektif untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

##submission.authorBiography##

##submission.authorWithAffiliation##
Universitas Negeri Alauddin Makassar

Referensi

Andriani, T. P. (2019). Efektivitas model discovery learning terhadap hasil belajar fisika siswa kelas XI SMA Negeri 01 Adipala. Skripsi. Jurusan/Program Studi Pendidikan Fisika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta.
Cahyo, A. N. (2013). Panduan Aplikasi Teori-teori Belajar Mengajar Teraktual dan Terpopuler. Jogjakarta : DIVA Press.
Fitri, M., & Derlina. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning terhadap hasil Belajar Siswa pada Materi Pokok suhu dan Kalor. Jurnal INPAFI (inovasi pembelajaran Fisika), 3(2), 89-96.
Panduan Penilaian oleh Pendidik dan Satuan Pendidikan Sekolah Menengah Atas. (2017). Jakarta : Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas.
Siswanto., Slamet, W., Dartjatiningsih, I., & Mulyana, B. (2018). Modul Pelatihan Implementasi kurikulum 2013. Jakarta : Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : Alfabeta.
Sundayana, R. (2019). Statistik penelitian pendidikan. Bandung : Alfabeta.
Syah, M. (2013). Psikologi Belajar. Depok : PT Rajagrafindo Indonesia.
Westwood, P. (2008). What Teachers Need to Know About Teaching Method. Camberwell. Victoria : ACER Press.
Yani, D. (2018). Efektivitas Pembelajaran Fisika Menggunakan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis PBL pada Materi Fluida Statis Siswa Kelas XI SMA Srijaya Negara Palembang. Skripsi. Sriwijaya University Institutional Repository.
Diterbitkan
2022-09-12
Bagian
Articles
Abstrak viewed = 155 times