Keterampilan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa dalam Model Pembelajaran Generatif Disertai Media Alat Percobaan Sederhana

  • Sherly Eka Putri Damayanti Universitas Jember
    (ID)
  • Singgih Bektiarso Universitas Jember
    (ID)
  • Maryani Maryani Universitas Jember
    (ID)
Kata Kunci: Model pembelajaran generatif, Alat percobaan sederhana, Berpikir kritis, Hasil belajar

Abstrak

Tujuan penelitian ini untuk menguji pengaruh model pembelajaran generatif disertai media alat percobaan sederhana terhadap berpikir kritis dan hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian true experimental dengan desain penelitian post test only control design. Penentuan sampel penelitian dilakukan dengan cluster random sampling. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah tes berupa pilihan ganda dan uraian. Berdasarkan hasil analisis data berpikir kritis menggunakan uji Independent T-test diperoleh Sig. (2-tailed) senilai 0,001 dimana 0,001 kurang dari 0,05, menandakan perbedaan nilai rata-rata berpikir kritis siswa kelas eksperimen lebih besar daripada kelas kontrol. Sedangkan untuk hasil belajar dengan menggunakan uji Mann-Whitney diperoleh nilai 0,006, dimana nilai itu menunjukkan kurang dari 0,05, maknanya perbedaan nilai rata-rata hasil belajar siswa kelas eksperimen lebih besar dari kelas kontrol. Secara signifikan perbedaan antara keduanya menunjukkan bahwa model pembelajaran generatif disertai media alat percobaan sederhana berpengaruh terhadap berpikir kritis dan hasil belajar fisika siswa.

Kata kunci: Model pembelajaran generatif;Alat percobaan sederhana; Berpikir kritis; Hasil belajar

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

Referensi

Afriyanto, E. 2015. Pengembangan Media Pembelajaran Alat Peraga pada Materi Hukum Biot Savart di SMA Negeri 1 Prambanan Klaten. Jurnal Riset dan Kajian Pendidikan Fisika. 2(1): 20.
Alba, F. M., Chotim, M., dan Junaedi, I. 2013. Keefektifan Model Pembelajaran Generatif dan MMP Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 4(2), 131–137.
Arsyad, A. 2011. Media Pembelajaran. Cetakan ke-15. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
Arsyad, A. 2014. Media pembelajaran. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
Cut, L. H., Tarmizi, dan A. Hamid. 2016. "Penerapan Model Pembelajaran Generatif Berbantu Simulasi Physics Education Technology (PhET) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa." Jurnal Ilmiah Mahasiswa (JIM). 2(1) : 1-10.
Depdiknas. 2003. Undang-Undang No. 20 Tahun 2003, tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas.
Effendi, E. 2015. Hubungan persepsi siswa terhadap penerapan model pembelajaran kooperatif tipe tutor sebaya dengan prestasi belajar fisika. Jurnal Pendidikan Fisika, 3(2).
Effendi. dan D. Pantriani. 2020. “Penerapan Model Pembelajaran Generatif Pada Materi Usaha Dan Pesawat Sederhana Kelas VIII MTs Nurussalam Sidogede OKU Timur.” Physics Education Research Journal 2(1): 59.
Fauziah, R., A. G. Abdullah, dan D. L. Hakim. 2013. Pembelajaran Saintifik Elektronika Dasar Berorientasi Pembelajaran Berbasis Masalah. Jurnal Invotec, 9(2): 28-35.
Giancoli, D. C. 2001. Fisika Jilid I .Jakarta : Penerbit Erlangga.
Mahananingtyas, E. 2017. “Hasil Belajar Kognitif, Afektif Dan Psikomotor Melalui Penggunaan Jurnal Belajar Bagi Mahasiswa PGSD.” Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA 2(1): 192–200.
Maharani, M., M. Wati, dan S. Hartini. 2017. “Pengembangan Alat Peraga Pada Materi Usaha Dan Energi Untuk Melatihkan Keterampilan Proses Sains Melalui Model Iquiry Discovery Learning (IDL Terbimbing).” Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika 5(3): 351.
Mundilarto. 2010. Penilaian Hasil Belajar Fisika. Yogyakarta:P2IS FMIPA UNY.
Mursyid, S. 2020. “Pengembangan Alat Peraga Sebagai Media Pembelajaran Materi Energi Listrik Di Smpn 1 Jongkong.” (20): 175–83.
Salamah, U. dan Mursal. 2017. Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Peserta Didik Menggunakan Metode Eksperimen Berbasis Inkuiri Pada Materi Kalor. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia. 3(1): 5-8.
Sears dan Zemansky. 1993. Fisika universitas jilid 1. Jakarta: Erlangga.
Shoiman, A. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif Dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Sudjana, N. 2001. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung : Remaja Rosda Karya.
Sudjana, N. 2011. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar.Bandung : PT. Remaja Rosda Karya.
Sugiantari, N. P. E., K. N. Wiyasa. dan I. G. A. A. S. Asri. 2014. "Pengaruh Model Pembelajaran Generatif Berbantuan Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD Gugus V Mengwi." Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha. 2(1) : 1-10.
Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2014. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta, CV.
Supardi, U.S., L. Leonard, H. Suhendri. dan R. Rismurdiyati. 2015. “Pengaruh Media Pembelajaran Dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Fisika.” Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA 2(1): 71–81.
Wena, M. 2010. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer. Jakarta: Bumi Aksara.
Wena, M. 2011. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer, Ed. 1. Jakarta: Bumi Aksara.
Diterbitkan
2022-12-01
Bagian
Articles
Abstrak viewed = 311 times