Penerapan Strategi Pembelajaran Tutor Sebaya Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Kit Eksperimen Fisika
Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui informasi mengenai strategi pembelajaran tutor sebayadalam meningkatkan hasil belajar kit eksperimen fisika kelas IX di SMP Negeri 1 Polumbangkeng Utara.
Pemilihan sampel melalui teknik purposive sampling. Instrumen pengumpulan data untuk meningkatkanhasil
belajar (Kit eksperimen) peserta didik pada mata pelajaran fisika melalui lembar observasi, tes, dan
dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan inferensial yaitut-satu sampel.
Berdasarkan hasil analisis data dengan menggunakan statistik deskriptif diperoleh nilai rata-rata (Pre-Test)
peserta didik sebelum penerapan strategi pembelajaran tutor sebaya berada pada kategori rendah,
sedangkan nilai rata-rata (Post-Test) peserta didik setelah penerapan strategi pembelajaran tutor sebaya
berada pada kategori sangat baik. Hasil analisis data inferensial yaitu thitung<ttabel sehingga terdapat
perbedaan yang signifikan dalam meningkatkan hasil belajar (Kit Eksperimen fisika) peserta didik dengan
penerapan strategi pembelajaran tutor sebaya pada mata pelajaran fisika.
##plugins.generic.usageStats.downloads##
##plugins.generic.usageStats.noStats##
Referensi
Aria Djalil, dkk. 2011. Pembelajaran Kelas
Rangkap. Jakarta: Universitas Terbuka.
Conny semiawan (dkk).1990. pendekatan
keterampilan proses.Jakarta: PT
Gramedia.
Dimiyati dan mudjiono.1999.belajar dan
pembelajaran.Jakarta: PT Rineka Cipta
Hamalik, Oemar.2005. Proses Belajar Mengajar.
Jakarta: Rineka Cipta.
Syaiful Bahri Djamarah & Aswan Zain. (2010).
Strategi Belajar Mengajar. Jakarta:
Rineka Cipta.
Diterbitkan
2016-09-01
##submission.howToCite##
Irmawati, A., & Ashar, H. (2016). Penerapan Strategi Pembelajaran Tutor Sebaya Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Kit Eksperimen Fisika. JPF (Jurnal Pendidikan Fisika) Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, 4(2), 67-70. https://doi.org/10.24252/jpf.v4i2.3706
Terbitan
Bagian
Volume 4 Nomor 2, 2016