Uji Fungsionalitas Dan Kebermanfaatan Aplikasi Random Angka Soal Vektor Berbasis Web Sebagai Media Latihan Soal

Penulis

  • Yunita Citra Dewi Politeknik Negeri Bandung
  • Muhammad Rizqi Sholahuddin Politeknik Negeri Bandung
  • Topan Trianto Universitas Ma'soem

DOI:

https://doi.org/10.24252/jpf.v13i1.51091

Kata Kunci:

Aplikasi, Latihan Soal, Vektor

Abstrak

Pentingnya materi vektor sebagai pengetahuan dasar keteknikan telah mendasari penelitian bertajuk pengembangan aplikasi latihan soal materi vektor berbasis web ini. Salah satu upaya untuk meningkatkan pemahaman materi vektor ini adalah dengan banyaknya latihan soal yang dilakukan oleh peserta didik. Tujuan dari penelitian ini adalah membuat aplikasi latihan soal materi vektor yang dapat memunculkan angka yang berbeda-beda setiap kali diakses oleh peserta didik. Penelitian ini dapat dikategorikan ke dalam jenis penelitian pengembangan atau Research and Development dengan metode eksperimen. Pembuatan aplikasi latihan soal vektor ini memanfaatkan arsitektur MVC Laravel. Skema database dirancang efisien untuk menyimpan soal, jawaban, dan hasil jawaban pengguna menggunakan MariaDB. Aplikasi ini telah berhasil dikembangkan dan diujicoba oleh Mahasiswa Tingkat 1 D3 Teknik Mesin Politeknek Negeri Bandung. Berdasarkan hasil uji fungsionalitas diperoleh 93% fitur aplikasi berfungsi maksimal. Dan berdasarkan uji kebermanfaatan, diperoleh total skor sebesar 254 sehingga termasuk dalam skala penilaian ”sangat bermanfaat”.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Biografi Penulis

Yunita Citra Dewi, Politeknik Negeri Bandung

Dosen Fisika Terapan di Jurusan Teknik Mesin Politeknik Negeri Bandung

Referensi

D. Halliday, R. Resnick, and J. Walker, Fundamentals of Physics Halliday & resnick 10ed, 10th ed. John Wiley & Sons, Inc., 2014.

R. Parlika, L. ‘Azizah, A. C. Nugroho, D. A. P. Prabawani, and S. F. Handono, “Game Learning Fisika ‘Asah Otak’ Berbasis Android Dengan App Inventor 2,” E-Jurnal SPIRIT PRO PATRIA, vol. 5, no. 1, pp. 1–10, 2019, doi: 10.29138/spirit.v5i1.903.

F. Rozi and A. Kristari, “Pengembangan Media Pembelajaran Game Edukasi Berbasis Android Pada Mata Pelajaran Fisika Untuk Siswa Kelas Xi Di Sman 1 Tulungagung,” JIPI (Jurnal Ilmiah Penelitian dan Pembelajaran Informatika), vol. 5, no. 1, p. 35, 2020, doi: 10.29100/jipi.v5i1.1561.

T. H. Purnomo, Sugiyanto, and I. Akhlis, “Educational computer game materi listrik dinamis sebagai media pembelajaran fisika untuk siswa SMA,” Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, vol. 7, no. 2, pp. 121–127, 2011, [Online]. Available: https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/JPFI/article/view/1084

N. Nurfadilah, D. P. Putra, and R. Riskawati, “Pembelajaran Daring Melalui Game Edukasi Quizizz Terhadap Hasil Belajar Fisika,” Jurnal Literasi Digital, vol. 1, no. 2, pp. 108–115, 2021, doi: 10.54065/jld.1.2.2021.14.

R. Andari, “Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Game Edukasi Kahoot! Pada Pembelajaran Fisika,” ORBITA: Jurnal Kajian, Inovasi dan Aplikasi Pendidikan Fisika, vol. 6, no. 1, p. 135, 2020, doi: 10.31764/orbita.v6i1.2069.

Y. C. Dewi and I. G. Rasagama, “Analisis Respon Mahasiswa Terhadap Praktikum Keseimbangan Menggunakan Aplikasi Phet Simulation,” JPF (Jurnal Pendidikan Fisika) Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, vol. 10, no. 2, pp. 94–100, 2022, doi: 10.24252/jpf.v10i2.23571.

A. Simaremare, N. A. Promono, D. S. Putri, F. P. P. Mallisa, S. Nabila, and F. Zahra, “Pengembangan Game Edukasi Fisika Berbasis Augmented Reality pada Materi Kinematika untuk Siswa SMA,” Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika, vol. 6, no. 1, p. 203, 2022, doi: 10.20527/jipf.v6i1.4893.

R. Q. Yakin, I. Nyoman Putu Suwindra, and I. Bagus Putu Mardana, “Pengembangan Media Pembelajaran Game Edukasi Fisika Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Prestasi Belajar Siswa Pada Materi Gerak-Gerak Lurus,” Jppf, vol. 8, no. 2, pp. 2599–2554, 2018.

R. W. Anggeraeni, Y. Rahmawati, M. M. Febriyana, and I. A. D. Astuti, “FINOT PHYSTOOL (Find Out Physics Tools) sebagai Media Pengenalan Alat-Alat Praktikum Fisika Berbasis Aplikasi Game Android,” Journal of Learning and Instructional Studies, vol. 1, no. 1, pp. 1–8, 2021, doi: 10.46637/jlis.v1i1.1.

L. R. Prastika, Hikmat, and Waslaluddin, “Pengaruh Penggunaan Multimedia Interaktif Berbasis Komputer Model Instructional Games terhadap Peningkatan Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Fisika,” Prosiding Simposium Nasional Inovasi Pembelajaran dan Sains 2011 (SNIPS 2015) Bandung, vol. 2015, no. Snips, pp. 397–400, 2015.

K. Wiyono, “Pengembangan Model Pembelajaran Fisika Berbasis ICT Pada Implementasi Kurikulum 2013,” Jurnal Inovasi Dan Pembelajaran Fisika, vol. 2, no. 2, pp. 123–131, 2015.

B. T. A. Saputra and A. Y. E.P., “Perancangan Game Tiga Dimensi Berdasarkan Hukum Fisika Pada Sistem Operasi Android Mengunakan Metode Mixed Strategy,” Bimasakti, pp. 80–86, 2014.

A. Erpan, F. F. Nanda, M. C. Augustini, and D. Desnita, “Meta Analisis Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Pada Mata Pelajaran Fisika Terhadap Hasil Belajar Siswa,” Jurnal Kumparan Fisika, vol. 4, no. 2, pp. 120–128, 2021, doi: 10.33369/jkf.4.2.120-128.

A. A. Agustina, M. Misdalina, and L. Lefudin, “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament Terhadap Pemahaman Konsep Peserta Didik Pada Pembelajaran Fisika,” Jurnal Pendidikan Fisika, vol. 8, no. 2, p. 186, 2020, doi: 10.24127/jpf.v8i2.2673.

R. Ramli, L. Fitriana, and B. Budi, “Aplikasi Multimedia Pembelajaran Berbasis Game Animasi Menggunakan Metode Cai (Computer Assisted Instruction) Untuk Mata …,” Buletin Utama Teknik, vol. 3814, pp. 55–59, 2021, [Online]. Available: https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/but/article/view/4315%0Ahttps://jurnal.uisu.ac.id/index.php/but/article/download/4315/3091

Unduhan

Diterbitkan

2025-06-14

Cara Mengutip

Dewi, Y. C., Sholahuddin, M. R., & Trianto, T. (2025). Uji Fungsionalitas Dan Kebermanfaatan Aplikasi Random Angka Soal Vektor Berbasis Web Sebagai Media Latihan Soal . JPF (Jurnal Pendidikan Fisika) Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, 13(1), 57–67. https://doi.org/10.24252/jpf.v13i1.51091

Terbitan

Bagian

Articles