Pengembangan Alat Penilaian Praktikum Fisika di Laboratorium Virtual dengan Bantuan Simulasi PhET
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan sebuah produk penilaian praktikum fisika pada laboratorium Virtual berbantuan PhET Simulation. Penelitian ini menggunakan penelitian dan pengembangan (research and development) dengan model pengembangan 4D yang dicetuskan oleh Thiagarajan & Semmel. Peserta ujicoba adalah mahasiswa prodi Tadris Fisika IAIN Kendari sebanyak 30 orang, instrumen yang terdiri atas pedoman wawancara, lembar observasi dan instrument utama adalah tes performance yang divalidasi oleh penilaian ahli yang terdiri dari Ahli Asesmen, Praktisi Pendidikan, Ahli Materi, dan Teman Sejawat. Analisis data dan ujicoba pengembangan produk terdiri dari analisis kualitatif dan analisis kuantitatif. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa Perangkat penilaian praktikum fisika pada laboratorium virtual berbantuan PhET Simulation yang dikembangkan berdasarkan hasil ujicoba dinyatakan memenuhi aspek validitas, reliabilitas yang baik dan layak untuk digunakan.
##plugins.generic.usageStats.downloads##
Referensi
U. Musaropah, M. M. Mahali, M. K. Umam, J. Jannati, and S. Rahayu, “Implementasi Metode Pembelajaran Klasikal Pada Pelajaran Tahfidz Quran Di Madrasah Ibtidaiyah Darul Qur’an Kabupaten Gunungkidul,” Elem. J. Ilm. Pendidik. Dasar Islam, vol. 3, no. 1, p. 49, 2021, doi: 10.33474/elementeris.v3i1.10648.
T. A. P. Dewi and A. Sadjiarto, “Pelaksanaan Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19,” J. Basicedu, vol. 5, no. 4, pp. 1909–1917, 2021, doi: 10.31004/basicedu.v5i4.1094.
P. P. Aktif, “Dan Berbobot Dengan Model Teams Games And Tournament Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SD Inpres Kolongan,” vol. 1, no. 4, pp. 17–29, 2024.
Y. Fitriani, “Analisa Pemanfaatan Learning Management System (Lms) Sebagai Media Pembelajaran Online Selama Pandemi Covid-19,” J. Inf. Syst. Informatics Comput., vol. 4, no. 2, p. 1, 2020, doi: 10.52362/jisicom.v4i2.312.
M. Riku, “Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X PA Pada Materi Bentuk Molekul Melalui Model Pembelajaran Discovery Learning Berbantuan Phet Simulations,” Second. J. Inov. Pendidik. Menengah, vol. 1, no. 2, pp. 79–87, 2021, doi: 10.51878/secondary.v1i2.132.
A. Wati, “Penggunaan Media Virtual Laboratory Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Materi Dan Kemandirian Siswa Melakukan Praktikum,” J. Guru Dikmen dan Diksus, vol. 4, pp. 256–270, 2021, [Online]. Available: http://jgdd.kemdikbud.go.id/index.php/jgdd
D. Rokhim, M. Asrori, and H. Widarti, “Pengembangan Virtual Laboratory Pada Praktikum Pemisahan Kimia Terintegrasi Telefon Pintar,” JKTP J. Kaji. Teknol. Pendidik., vol. 3, no. 2, pp. 216–226, 2020, doi: 10.17977/um038v3i22020p216.
D. Ambarwati, U. B. Wibowo, H. Arsyiadanti, and S. Susanti, “Studi Literatur: Peran Inovasi Pendidikan pada Pembelajaran Berbasis Teknologi Digital,” J. Inov. Teknol. Pendidik., vol. 8, no. 2, pp. 173–184, 2022, [Online]. Available: https://doi.org/10.21831/jitp.v8i2.43560
C. A. About, F. Keguruan, I. Pendidikan, U. Kristen, G. Scholar, and P. Garuda, “Vol. 6 No. 2 (2022): Januari,” vol. 6, no. 2, 2022.
D. Sartika, S. Anggereni, A. Umar Dani, and F. Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, “Print) Al asma: Journal of Islamic Education ISSN,” vol. 2, no. 2, 2020.
P. Laksono, A. Wicaksono, and U. H. Habisukan, “Pendampingan Pemanfaatan Simulasi PhET Sebagai Media Interaktif Virtual Laboratorium Di Mts Tarbiyatussibyan,” J. Anugerah, vol. 4, no. 2, pp. 179–192, 2023, doi: 10.31629/anugerah.v4i2.4843.
A. N. Aziza et al., “Pengaruh Media Simulasi Phet ( Physics Education Technology ) Terhadap Hasil Belajar,” 2020.
B. Saputro, Best Practices Penelitian Pengembangan: Bidang Manajemen Pendidikan IPA. Akademia Publication, 2021.
Sandu Suyito, Dasar Metodologi Penelitian, 1st ed. Yogyakarta: Literai Meia Publish, 2015.
A. Muhson, Teknik Analisis Kuantitatif. Yogyakarta: Universitas Neheri Yogyakarta, 2006.
M. Ramdhan, Metode Penelitian. Cipta Media Nusantara, 2021.
A. Y. Amanati, “JPPS ( Jurnal Penelitian Pendidikan Sains ) The Effectiveness Of Learning Instrument Of Multiple Representations-Based Inquiry Model To Train Critical Thinking Skills In Physics Lesson,” vol. 9, no. 1, pp. 1772–1776, 2019.
Ruslan, Validitas Isi, 10th ed. Makassar: Buletin Pa’biritta, 2009.
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by4.footer##