PENERAPAN METODE MOTIVASI BEHAVIORISTIK DALAM PEMBELAJARAN FISIKA DASAR

Penulis

  • Suhardiman Hardi Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
  • Rafiqah Haryadi Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar

DOI:

https://doi.org/10.24252/jpf.v7i1.5302

Abstrak

Tujuannya mengetahui penerapan metode motivasi behavioristik dalam pembelajaran fisika serta hambatannya pada Mahasiswa. lokasi penelitian di Program Studi Pendidikan Fisika, informannya Dosen fisika dan  Mahasiswa. Jenis penelitian ini adalah kualitatif Data dikumpulkan dari wawancara, observasi, dokumentasi, video. Hasil penelitiannya metode yang diterapkan Dosen yaitu pujian, penghargaan, penghapusan kewajiban. Kalimat pujian berupa “wah bagus”, “pekerjaanmu baik”, diberikan saat Mahasiswa mengerjakan soal dengan baik. Penghargaan yaitu tepuk tangan, diberikan ketika Mahasiswa menjawab soal dengan baik, memperhatikan penjelasan Dosen.Penghapusan kewajiban yaitu bebas tes, diberikan Dosen saat Mahasiswa memperoleh akumulasi nilai harian tinggi atau nilai ulangan harian tinggi. Pengakuan sosial dan hak istimewa tidak diterapkan karena menimbulkan diskriminasi Mahasiswa. Metode tersebut mampu menambah semangat belajar Mahasiswa, dilihat dari Mahasiswa mengerjakan soal dan memperhatikan pelajaran dalam kelas. Kendalanya tidak semua Mahasiswa menyukai mata pelajaran fisika. Upayanya yaitu melakukan praktikum dan mengaitkan pembelajaran dengan kegiatan sehari hari.


Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Departemen Agama RI, 2001, Al-Qur’an dan Terjemahnya, CV Penerbit Jumanatul Ali – Art, Bandung.
Ellis, Janne Ormrod, 2008, Educatinal Psychology Developing Learners. Merrill Prentice Hall, New Jersey, 2008.
Moreno,Roxana,2010,Educational Psychology, John Willey & Son Inc, ; America.
Ngalim, M Purwanto, 2006, Ilmu Pendidikan Teori dan Praktis. Cet XX, Remaja Rosdakarya, Bandung.
Rahman, Ulfiani, 2014, Memahami Psikologi dalam Pendidikan Teori dan Aplikasi, Alauddin University Press, Makassar.
Santrock, John W, 2004, Educational of Psikology, Mc GrawHill, New York.
Sardiman, 2000, Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, Raja Grafindo Persada, Jakarta.
Slavin, E Robert, 2009, Psikologi Pendidikan: Teori dan Praktek, PT Indeks, Jakarta.
Uno, B Hamzah, 2012, Teori Motivasi dan Pengukurannya; Bumi Aksara, Jakarta.

Unduhan

Diterbitkan

2019-01-24

Cara Mengutip

Hardi, S., & Haryadi, R. (2019). PENERAPAN METODE MOTIVASI BEHAVIORISTIK DALAM PEMBELAJARAN FISIKA DASAR. JPF (Jurnal Pendidikan Fisika) Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, 7(1), 79–84. https://doi.org/10.24252/jpf.v7i1.5302

Terbitan

Bagian

Volume 7 Nomor 1, Maret 2019