Integration of PhET Simulation Technology in LKPD: An Innovative Solution to Improve Students' Understanding of Physics Concepts

Penulis

  • Anas Irwan Rahmani Universitas Negeri Makassar
  • Aris Munandar Universitas Negeri Makassar
  • Nurhikmah Universitas Negeri Makassar
  • Dewi Tri Sundari Universitas Negeri Makassar

DOI:

https://doi.org/10.24252/jpf.v13i1.53679

Kata Kunci:

Pemahaman Konsep, PhET, Suhu dan Kalor

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) bagaimana gambaran pemahaman konsep mahasiswa  sebelum diajar dengan menggunakan LKPD berbasis PhET simulation, 2) untuk mengetahui bagaimana gambaran pemahaman konsep mahasiswa  setelah diajar menggunakan LKPD berbasis PhET simulation, 3) untuk mengetahui apakah ada peningkatan pemahaman konsep mahasiswa  sebelum dan setelah diajar menggunakan LKPD berbasis PhET simulation mahasiswa  Semester I Prodi Pendidikan Fisika UIN Alauddin Makassar Tahun 2024. Jenis penelitian ini pre eksperimen dengan desain one group pretest-posttest desing. Subjek penelitian ini seluruh mahasiswa  mahasiswa  Semester I Prodi Pendidikan Fisika UIN Alauddin Makassar Semester Ganjil Tahun 2024/2025. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Instrumen yang digunakan yaitu soal untuk mengukur pemahaman konsep. Hasil analisis deksriptif menunjukkan bahwa rata-rata skor hasil skor pemahaman konsep sebelum menggunakan LKPD berbasis PhET simulation sebesar 47.50, sedangkan rata-rata nilai pemahaman konsep mahasiswa  setelah diajar dengan menggunakan LKPD berbasis PhET simulation sebesar 76.00. Selanjutnya, terdapat peningkatan pemahaman konsep mahasiswa  sebelum diterapkan dan setelah diterapkan LKPD berbasis PhET simulation, thitung yang diperoleh sebesar 5.43 dan ttabel yang diperoleh sebesar 2.08.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Rosnaeni, “Karakteristik dan Asesmen Abad 21,” J. Basicedu, vol. 5, no. 5, pp. 4334–4339, 2021.

I. Pembelajaran and A. Dalam, “Muaddib,” vol. 2, no. 2, pp. 32–45, 2024.

M. Zhang, “Who are interested in online science simulations? Tracking a trend of digital divide in Internet use,” Comput. Educ., vol. 76, pp. 205–214, 2014, doi: 10.1016/j.compedu.2014.04.001.

I. Diraya, A. Budiyono, and M. Triastutik, “Kontribusi Virtual Lab Phet Simulation untuk Membantu Praktikum Fisika Dasar,” Phenom. J. Pendidik. MIPA, vol. 11, no. 1, pp. 45–56, 2021, doi: 10.21580/phen.2021.11.1.7367.

A. L. Stephens and J. J. Clement, “Use of physics simulations in whole class and small group settings: Comparative case studies,” Comput. Educ., vol. 86, pp. 137–156, 2015, doi: 10.1016/j.compedu.2015.02.014.

R. V. Kusuma et al., “Penerapan Phet Simulation Pada Siswa Kelas Iv Sekolah Dasar Negeri 1 Palang Dalam Pembelajaran,” vol. 2, no. 1, pp. 1–10, 2024.

Y. Theasy, A. Bustan, and M. Nawir, “Penggunaan Media Laboratorium Virtual PhET Simulation untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Fisika Mahasiswa pada Mata Kuliah Eksperimen Fisika Sekolah,” Variabel, vol. 4, no. 2, p. 39, 2021, doi: 10.26737/var.v4i2.2607.

S. Kroothkaew and N. Srisawasdi, “Teaching How Light can be Refracted Using Simulation-based Inquiry with a Dual-situated Learning Model,” Procedia - Soc. Behav. Sci., vol. 93, pp. 2023–2027, 2013, doi: 10.1016/j.sbspro.2013.10.159.

S. Arfina, “Pengaruh Model Pembelajaran FERA (Focus, Explore, Reflect and Apply) Berbantuan Video Pembelajaran Untuk Meningkatkan Kemampuan Metakognitif dan Kemampuan Penalaran Adatif Matematis Siswa,” 2019.

S. Q. Kaukaba, N. Nora, D. W. Fattikasari, D. Z. Rizqiyah, and A. Lutfi, “Lembar Kerja Peserta Didik (Lkpd) Berbantuan Aplikasi Phet Pada Materi Asam Basa Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik,” UNESA J. Chem. Educ., vol. 11, no. 2, pp. 143–157, 2022, doi: 10.26740/ujced.v11n2.p143-157.

I. Ketut Mahardika et al., “Evektivitas Phet Simulation Sebagai Media Pembelajaran Fisika Dasar I Mahasiswa S1 Pendidikan IPA,” J. Ilm. Wahana Pendidikan, Desember, vol. 8, no. 23, pp. 463–468, 2022, [Online]. Available: https://jurnal.peneliti.net/index.php/JIWP/article/view/3091/2366

N. Pangesti, Karyadi, Uliyandari, Sutarno, “Pengembangan E-Lkpd Berbasis Discovery Learning Berbantuan Virtual Laboratory Phet Pada Materi Kalor Untuk Smp Kelas Vii,” DIKSAINS J. Ilm. Pendidik. Sains, vol. 3, no. 1, pp. 30–38, 2022.

R. Sujanem, I. N. P. Suwindra, and I. Suswandi, Efektivitas E-Modul Fisinberma Berbantuan Simulasi Phet DalamUjicoba Terbatas Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir KritisSiswa Sma Di Kota Singaraja. 2021.

A. A. Hawa, B. Supriadi, and S. H. B. Prastowo, “Efektivitas Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model Pbl Berbantuan Simulasi Phet Pada Materi Termodinamika Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa,” ORBITA J. Pendidik. dan Ilmu Fis., vol. 7, no. 2, p. 327, 2021, doi: 10.31764/orbita.v7i2.6041.

T. Krobthong, “Teaching University Physics by Using Interactive Science Simulations Methods,” Procedia - Soc. Behav. Sci., vol. 197, no. February, pp. 1811–1817, 2015, doi: 10.1016/j.sbspro.2015.07.240.

R. J. Engel and R. K. Schutt, Fundementals of Social Work Research. USA: SAGE Publications, 2014.

I. A. Rizki, F. R. Mirsa, A. N. Islamiyah, A. D. Saputri, R. Ramadani, and M. Habibbulloh, “Ethnoscience-enhanced physics virtual simulation and augmented reality with inquiry learning: Impact on students’ creativity and motivation,” Think. Ski. Creat., vol. 57, no. February, p. 101846, 2025, doi: 10.1016/j.tsc.2025.101846.

H. I. Sutaji, A. Warsito, P. S. Fisika, and U. N. Cendana, “Konsep Fisika Dan PhET Simulation Sebagai Alternatif Media Pembelajarannya,” no. April, 2025.

T. Sukamto, “Pemanfaatan Media Phet Simulation Pada Pembelajaran Fisika Dengan Pendekatan Contextual Teaching and Learning,” J. Educ., vol. 8, no. 2, pp. 649–654, 2022, doi: 10.31949/educatio.v8i2.2327.

A. Fitri, “Laboratorium Virtual dengan Aplikasi PhET untuk Memperkuat Penguasaan Konsep Listrik Dinamis Siswa pada Pembelajaran Online,” J. Eksakta Pendidik., vol. 6, no. 1, pp. 52–60, 2022, doi: 10.24036/jep/vol6-iss1/624.

F. M. A. Prasetya, “Penerapan Laboratorium Virtual Phet Materi Elastisitas Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa,” J. Lumin. Ris. Ilm. Pendidik. Fis., vol. 3, no. 1, p. 38, 2022, doi: 10.31851/luminous.v3i1.7098.

E. Bozkurt and A. Ilik, “The effect of computer simulations over students’ beliefs on physics and physics success,” Procedia - Soc. Behav. Sci., vol. 2, no. 2, pp. 4587–4591, 2010, doi: 10.1016/j.sbspro.2010.03.735.

N. Chetty, “Teaching Teachers to Teach Physics to High School Learners,” Procedia - Soc. Behav. Sci., vol. 174, pp. 1886–1899, 2015, doi: 10.1016/j.sbspro.2015.01.852.

R. Fardela et al., “Optimalisasi Pemanfaatan Media Online Phet Simulation Untuk Upaya Peningkatkan Pemahaman Konsep Fisika di SMA N 2 Harau,” Indones. J. Community Empower. Serv., vol. 2, no. 2, pp. 58–62, 2022, doi: 10.33369/icomes.v2i2.24459.

Unduhan

Diterbitkan

2025-06-01

Cara Mengutip

Irwan Rahmani, A., Munandar, A., Nurhikmah, & Sundari, D. T. (2025). Integration of PhET Simulation Technology in LKPD: An Innovative Solution to Improve Students’ Understanding of Physics Concepts. JPF (Jurnal Pendidikan Fisika) Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, 13(1), 27–37. https://doi.org/10.24252/jpf.v13i1.53679

Terbitan

Bagian

Articles