Pengembangan Modul Fisika Materi Suhu dan Kalor Terintegrasi Ayat Al-Qur’an
DOI:
https://doi.org/10.24252/jpf.v13i1.57963Kata Kunci:
Modul Fisika, Integrasi, Suhu dan kalor, 4DAbstrak
Penelitian ini mengatasi tantangan dalam pendidikan fisika tradisional yang sering kesulitan untuk melibatkan siswa secara bermakna, terutama dalam konteks pendidikan Islam yang integrasi spiritualnya masih menjadi tantangan. Penelitian ini mengembangkan modul fisika untuk siswa kelas XI di MAN 1 Selayar yang menggabungkan ayat-ayat Al-Qur'an dengan konsep suhu dan panas. Menggunakan model pengembangan 4D (Define-Design-Develop), modul ini menghubungkan pemahaman ilmiah dengan nilai-nilai Islam. Uji coba dilakukan pada 20 siswa, dengan hasil validasi ahli mencapai skor 0,94, yang menunjukkan akurasi ilmiah yang tinggi. Respon siswa sangat positif, 90% menilai modul ini "sangat praktis," dan 85% siswa mencapai tingkat penguasaan ≥70%, melampaui ambang efektivitas 80%, yang menunjukkan peningkatan pembelajaran yang signifikan. Selain itu, modul ini berhasil meningkatkan rasa ingin tahu siswa mengenai hubungan fisika dan Islam, memotivasi mereka untuk mengeksplorasi konsep ilmiah lebih lanjut, serta meningkatkan apresiasi mereka terhadap bagaimana fenomena alam mencerminkan ciptaan Ilahi. Pendekatan inovatif ini menunjukkan bahwa pendidikan fisika dapat berhasil mengintegrasikan pertumbuhan akademik dan spiritual, memberikan alat yang berharga bagi pendidik untuk meningkatkan prestasi akademik dan pembelajaran berbasis iman dalam pendidikan sains Islam.
Unduhan
Referensi
Siska Handa Yani and Yerimadesi Yerimadesi, “Validitas dan Praktikalitas Modul Reaksi Kimia Berbasis Guided Discovery Learning Terintegrasi Etnosains untuk Fase E SMA,” JURNAL PENDIDIKAN MIPA, vol. 13, no. 2, pp. 436–444, Jun. 2023, doi: 10.37630/jpm.v13i2.986.
R. Zaputra, F. Festiyed, Y. Adha, and Y. Yerimadesi, “Meta-Analisis: Validitas Dan Praktikalitas Modul Ipa Berbasis Saintifik,” Bio-Lectura, vol. 8, no. 1, pp. 45–56, Apr. 2021, doi: 10.31849/bl.v8i1.6039.
R. Kurniawan and S. Syafriani, “Praktikalitas dan Efektivitas Penggunaan E-Modul Fisika SMA Berbasis Guided Inquiry Terintegrasi Etnosains untuk Meningkatkan Berpikir Kritis Peserta Didik,” JURNAL EKSAKTA PENDIDIKAN (JEP), vol. 5, no. 2, pp. 135–141, Nov. 2021, doi: 10.24036/jep/vol5-iss2/572.
H. Azirah and I. Iryani, “Pengembangan E-modul Sistem Koloid Berbasis Inkuiri Terbimbing Terintegrasi Al Quran untuk Kelas XI Madrasah Aliyah (MA),” Edukimia, vol. 4, no. 3, 2022, doi: 10.24036/ekj.v4.i3.a415.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Ratih WN, Hasbullah Hasbullah, Ferawati, Qaddafi

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.










