PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN FISIKA MENGGUNAKAN MODUL CETAK DAN MODUL ELEKTRONIK PADA SISWA SMA

Penulis

  • Anggraini Diah Puspitasari State University of Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.24252/jpf.v7i1.7155

Abstrak

Guru sebagai pendidik harus bisa menggunakan media pembelajaran yang tepat agar tujuan pembelajaran yang diinginkan dapat tercapai. Salah satu media pembelajaran yang banyak digunakan adalah modul. Modul memiliki 2 jenis, yaitu modul cetak dan modul elektronik. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan dari modul cetak dan modul elektronik, serta melihat keefektifan dari masing-masing jenis modul tersebut. Metode penelitian yang dilakukan yaitu studi literatur (tinjauan pustaka) mengacu tahapan Machi & McEvoy (2009). Berdasarkan studi literatur didapat hasilnya bahwa penggunaan modul cetak dan modul elektronik memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Kemudian penggunaan modul cetak efektif untuk diterapkan dalam menunjang keterampilan abad 21. Selain itu, modul cetak juga dapat efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Sedangkan penggunaan modul elektronik sangat efektif untuk meningkatkan motivasi belajar siswa, disamping itu efektif juga untuk meningkatkan hasil belajar siswa, serta kemampuan berpikir kritis.

 

Kata Kunci: Fisika; Modul Cetak; Modul Elektronik

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Unduhan

Diterbitkan

2019-02-09

Cara Mengutip

Puspitasari, A. D. (2019). PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN FISIKA MENGGUNAKAN MODUL CETAK DAN MODUL ELEKTRONIK PADA SISWA SMA. JPF (Jurnal Pendidikan Fisika) Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, 7(1), 17–25. https://doi.org/10.24252/jpf.v7i1.7155

Terbitan

Bagian

Volume 7 Nomor 1, Maret 2019