مشكلات الطلاب في تعليم مهارة القراءة وحلولها
Abstrak
Ada beberapa problematika yang sering terjadi ketika belajar bahasa Arab, yaitu problem linguistik dan non linguistik. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan problematika yang terjadi sekaligus menemukan solusinya. Penelitian ini menggunakan jenis kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Lokasi penelitian di MTs. Al-Jam’iyatul Washliyah Tembung Medan. Sumber data penelitian berupa informan, peristiwa, dan dokumen. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah dengan metode analisis deskriptif. Berdasarkan hasil penenelitian menunjukkan bahwa problem yang dihadapi siswa berupa: (1) problem linguistik (al-Ashwat, al-Mufrodat, al-Qawaid); (2) problem non linguistik (kurangnya minat siswa dalam mempelajari bahasa Arab, kurangnya hubungan timbal balik antara guru dan siswa, pemilihan metode yang kurang tepat, motivasi belajar rendah, pengelolaan kelas kurang kondusif, dan tidak ada pembiasaan komunikasi dengan bahasa Arab). Selain itu juga mendaptkan solusi yang meliputi teknik analitik, teknik “lihat dan katakan”, dan teknik terpilih.
Referensi
Busiri, Achmad. 2021. “Pendekatan Problem Solving Dalam Pengajaran Bahasa Arab di Masa Pandemi.” Muhadasah: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab Vol. 3, No. 1. https://doi.org/10.51339/muhad.v3i1.291.
Fahrurrozi, Aziz. 2014. “Pembelajaran Bahasa Arab: Problematika dan Solusinya.” ARABIYAT: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab dan Kebahasaaraban Vol. 1, No. 2. https://doi.org/10.15408/a.v1i2.1137.
Hidayat, Nandang Sarip. 2012. “Problematikan Belajar Bahasa Arab,” Jurnal Pemikiran Islam Vo. 37, No. 1.
Ibrahim, Abdul Alim. 1973. Al-Muwajjah Alfanni Li Mudarrisi Al Lughah Al-Arabiyyah. Mesir: Dar Al-Ma'arif.
Izaan, Ahmad. 2007. Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab. Bandung: Humaniora.
J. Moleong, Lexy. 2007. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Khoiriyah, Hidayatul. 2020. “Metode Qirā’ah dalam Pembelajaran Keterampilan Reseptif Berbahasa Arab Untuk Pendidikan Tingkat Menengah.” لسـانـنـا (LISANUNA): Jurnal Ilmu Bahasa Arab dan Pembelajarannya Vol. 10, No. 1. https://doi.org/10.22373/ls.v10i1.7804.
Mardiyah, Mutmainatul. 2019. “Peningkatan Keterampilan Membaca Teks Bahasa Inggris Melalui Autonomous Learning.” Jurnal Inovasi Pendidikan MH Thamrin Vol. 3, No. 1. https://doi.org/10.37012/jipmht.v3i1.84.
Munawwaroh, Ela Isnani. 2021. “Problematika Pembelajaran Maharah Qiraah Daring: Studi Kasus Terhadap Mahasiswa PBA IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung.” ALIBBAA’: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab Vol. 2, No. 2. https://doi.org/10.19105/alb.v2i2.4755.
Mustafa. 2018. “Kemampuan dan Problematika Penerjemahan Bahasa Arab ke dalam Bahasa Indonesia di Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Al-Ikhlas Ad-Dary DDI Takkalasi Barru.” AL IBRAH: Journal of Arabic Languange Education Vol. 1, No. 1 https://doi.org/10.24256/jale.v1i1.369.
Mustofa, Nurul Hana. 2017. “مشكلات تعليم مهارة القراءة وعلاجها بالمدرسة الثانوية الإسلامية المعارف سينجاساري مالانق.” Abjadia Vol. 2, No. 1. https://doi.org/10.18860/abj.v2i1.5311.
Nur, Syahabudin. 2018. “Problematika Linguistik (Ilmu Al-Lughah) dalam Penerjemahan Bahasa Arab ke Bahasa Indonesia.” Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan Vol. 9, No. 17. https://doi.org/10.35931/aq.v0i0.52.
Puspitasari, Tita dan Devi Ai. 2019. “Pengaruh Bahasa Ibu Terhadap Pembelajaran Bahasa Indonesia.” Prosiding Seminar Nasional Pendidikan.
Rathomi, Ahmad. 2019. “Pembelajaran Bahasa Arab Maharah Qira’Ah Melalui Pendekatan Saintifik.” Ta’dib: Jurnal Pendidikan Islam Vol. 8, No. 1. https://doi.org/10.29313/tjpi.v8i1.4315.
Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruginya. Jakarta: Rineka Cipta.
Sugiyono. 2020. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by-nc-sa4.footer##