Penggunaan Media Domino untuk Meningkatkan Kemampuan Mufrodat Siswa MTSN 2 Kota Malang
Abstrak
Latar belakang dalam penelitian ini adalah kurangnya kreatfitas guru dalam menggunakan media dalam proses pembelajaran di MTsN 2 Kota Malang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pembelajaran mufradat dengan media domino dan mengetahui perbedaan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran mufradat yang menggunakan media domino dengan kelas yang tidak menggunakan media apapun. Peneltiian ini termasuk dalam penelitian kuantitatif jenis penelitian eksperimen. dilakukan dengan memberikan pretest dan posttest pada dua kelas yaitu eksperimen dan kontrol. Untuk obyek yang digunakan adalah siswa kelas VII D sebagai kelas kontrol dan VII E sebagai kelas eksperimen. Analisis data dilakukan dengan teknik uji independent sample t-test. Hasil yang didapatkan menunjukkan perbedaan signifikan antara kedua kelas tersebut, yaitu kelas eksperimen dan kontrol. Hal ini berdasarkan nilai rata-rata posttest dari kelas eksperimen 86,61 sedangkan kelas kontrol 72,15. Hasil analisis ini menunjukkan bahwa media domino dapat digunakan sebagai solusi di dalam meningkatkan kemampuan mufradat siswa MTsN 2 Kota Malang.
Referensi
Adhitya, B. S. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran - Google Books.
Fathul Mujib dan Nailur Rahamawati. Metode Permainan-Permainan Edukatif Dalam Belajar Bahasa Arab. Yogjakarta: Diva Press. 2013.
Ginnis, Paul. 2008. Trik dan Taktik Mengajar: Strategi meningkatkan pencapaian pengajaran di kelas. Jakarta: Indeks.
Hakim, M. L. 2017. Pemanfaatan Media Pembelajaran Game Interaktif Dalam Pembelajaran Kosakata Bahasa Arab, Arabi : Journal of Arabic Studies, Vol. 2 No.2
Mu’in, Abdullah. 2015. Analisis Kontrastif Bahasa Arab & Bahasa Indonesia. Telaah Fonetik Dan Morfologi. Pekalongan: Duta Media Utama.
Mustofa, Syaiful. 2011. Strategi Pembelajaran Bahasa Arab Inovatif. (Malang: UIN Maliki Press).
Putri (2017) Pengaruh Media Pembelajaran Terhadap Motivasi Belajar Bahasa Arab Siswa Madrasah Tsanawiyah. LISANIA: Journal of Arabic Education and Literature, 1(1), 1. https://lisania.iainsalatiga.ac.id/index.php/lisania/article/view/1160
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan, Bandung: Alfabeta.
Sukardi, 2003. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara
Thornbury, Scott. 2002. How to Teach Vocabulary. Pearson Education Limited.
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by-nc-sa4.footer##