The Arabic Program Planning Management in Modern Islamic Boarding School Al Kautsar Banyuwangi
DOI:
https://doi.org/10.24252/saa.v13i2.38516Kata Kunci:
Perencanaan; Program Bahasa Arab; ProblematikaAbstrak
Dari masa ke masa, bahasa Arab semakin mendapat perhatian, sehingga saat ini bahasa Arab dapat dipelajari melalui pendidikan formal maupun non formal. Pesantren Modern Al Kautsar Banyuwangi merupakan salah satu lembaga pendidikan Islam yang menjadikan program bahasa Arab sebagai salah satu ikon utama lembaganya. Keberhasilan suatu program dapat dilihat dari apakah pengelolaan berjalan dengan baik atau tidak, terutama pada tahap perencanaan. Pada tahap perencanaan banyak hal yang perlu diperhatikan, salah satunya adalah permasalahan yang mungkin terjadi. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap bagaimana perencanaan program bahasa arab ditinjau dari pendekatan dan ruang lingkup perencanaan yang dilakukan di Pondok Pesantren Modern Al Kautsar Banyuwangi serta permasalahan yang dihadapinya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan pengumpulan data melalui wawancara dan observasi. Hasilnya program bahasa arab di Pesantren Modern Al Kautsar Banyuwangi menggunakan dua model perencanaan dan proses perencanaan 7 langkah yang meliputi tiga dimensi yang saling berkaitan. Permasalahan yang dialami terjadi dari segi sumber daya manusia yaitu terbatasnya jumlah ustadz dan ustadzah, beberapa penanggung jawab kegiatan yang tidak mumpuni dalam bidang ini, dan kurangnya pengetahuan manajemen, kurangnya waktu dan takut gagal.
Referensi
Afida Khalidiah, Fairuz. “Membentuk Lingkungan Berbahasa Di Pondok Pesantren Modern Al Kautsar Banyuwangi,” 2021.
Aini, Dalilan, Muhammad Nahidh Islami, Eva Famila Rosyida, Zakiyah Arifa, and Umi Machmudah. “Manajemen Program Perencanaan, Pelaksanaan, Dan Evaluasi Munadharah ’Ilmiyah Pekan Arabi Di Universitas Negeri Malang Di Masa Pandemi.” Taqdir 7, no. 2 (2022): 181–197.
Aliyah, Varda Himmatul, Ahmad ’Ali Maghfur, and Danial Hilmi. “Manajemen Perencanaan Program Bahasa Arab Di Mayantara School Malang.” Arabia 11, no. 1 (2019): 175.
Al Badri, Hakiki Rikza Irnaini Al Badri. “Kecemasan Berbahasa Dalam Keterampilan Berbicara Santriwati Baru Di Pondok Pesantren Modern Al Kaustar Banyuwangi.” Maharaat Lughawiyyat: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab 1, no. 2 (2022): 64–79.
Effendi, Rahmah, and Hasrian Rudi Setiawan. “Manajemen Program Bahasa Arab di MTS Nurul Islam.” Edumaniora : Jurnal Pendidikan dan Humaniora 01, no. 02 (2022): 139–150.
Fauzi, Indra Resky Resti. “Manajemen Program Tep (Test of English Proficiency) Pada Upt Pengembangan Bahasa Iain Palangka Raya.” IAIN Palangkaraya, 2021.
Hidayati, Fitri, Zakiyah Arifah, Ainun Jariyah, and Shofiatus Zahriyah. “Manajemen Pengorganisasian Program Bahasa Arab Di Pondok Pesantren Salaf.” Tarling : Journal of Language Education 3, no. 1 (2019): 115–133.
Kurniawan, Agus, and Khabibul Khoiri. Perencanaan Pendididikan. CV. Agus Salim Press, 2022.
Majid, A. Perencanaan Pembelajaran: Mengembangkan Standar Kompetensi Guru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2005.
Mar, Nur Azaliah, and Danial Hilmi. “Manajemen Program Pembelajaran Bahasa Arab Pada Anak Prasekolah Yayasan PAUD Sultan Qaimuddin Di Kendari.” Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan 9, no. 1 (2021): 1–10.
Mulyadi, and Widi Winarso. Pengantar Manajemen. 1st ed. Purwokerto: CV. pena Persada, 2020.
Rahmawati, Alvi Dyah. “Manajemen Pengorganisasian Program Kursus Bahasa Arab Di Pare Kediri.” Arabi : Journal of Arabic Studies 3, no. 1 (2018): 52.
Rohman, Abd. Dasar Dasar Manejemen. 1st ed. Malang: Inteligensia Media, 2017.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Shofie Asya Pritasari, Hakiki Rikza Irnaini Al Badri, Imas Maisarah, Nur Kholid

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.












