Penerapan Metode Mumtaz terhadap Peningkatan Maharah Kalam dan Maharah Kitabah Santri Madrasah Tsanawiyah di Pondok Pesantren Modern Al-Junaidiyah Biru Kab. Bone

  • Afifa Ramdani Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Sitti Aisyah Chalik Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Hamka Ilyas Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
Kata Kunci: Metode Mumtaz, Maharah Kalam, Maharah Kitabah

Abstrak

Penelitian ini membahas tentang “Penerapan metode mumtaz terhadap peningkatan maharah kalam dan maharah kitabah santri Madrasah Tsanawiyah di Pondok Pesantren Modern Al-Junaidiyah Biru Kab. Bone”. Pokok permasalahannya adalah bagaimana penerapan metode mumtaz terhadap peningkatan maharah kalam dan maharah kitabah santri Madrasah Tsanawiyah di Pondok Pesantren Modern Al-Junaidiyah Biru Kab. Bone. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan dan pengaruh yang signifikan metode mumtaz terhadap peningkatan maharah kalam dan maharah kitabah santri Madrasah Tsanawiyah di Pondok Pesantren Modern Al-Junaidiyah Biru Kab. Bone

Penelitian ini menggunakan pendekatan gabungan yaitu kualitatif dan kuantitatif dengan jenis penelitian ex post facto, dengan melibatkan satu variabel bebas yaitu penerapan metode mumtaz (X) dan dua variabel terikat yaitu peningkatan maharah kalam ( ), dan peningkatan maharah kitabah ( ). Desain penelitiannya adalah pengaruh X terhadap  dan . Teknik pengambilan sampelnya menggunakan teknik simple random sampling. Data diperoleh melalui observasi, wawancara, angket, tes, dan dokumentasi. Kemudian data yang telah diperoleh dianalisis dengan menggunakan regresi linear sederhana pada taraf signifikansi 5 % .

Hasil analisis data pada variable X terhadap  diperoleh hubungan (korelasi) antara penerapan metode mumtaz terhadap peningkatan maharah kalam kuat positif, yaitu r = 0,777. Berdasarkan hasil pengujian Anova dengan menggunakan uji F diperoleh nilai  sebesar 73,026, sedangkan nilai  sebesar 3,200. Oleh karena  lebih besar dari , maka model regresi linear sederhana dapat digunakan untuk memprediksi pengaruh penerapan metode mumtaz terhadap peningkatan maharah kalam. Selanjutnya berdasarkan hasil perhitungan koefisien regresi diperoleh nilai  sebesar 8,546 dan nilai  sebesar 2,010. Hal tersebut menunjukkan bahwa nilai  lebih besar dari nilai . Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara penerapan metode mumtaz terhadap peningkatan maharah kalam santri di Pondok Pesantren Modern Al-Junaidiyah Biru Kabupaten Bone Sulawesi Selatan pada taraf signifikansi 0,05. Selanjutnya hasil analisis data pada variable X terhadap  diperoleh hubungan (korelasi) antara penerapan metode mumtaz terhadap peningkatan maharah kitabah cukup positif, yaitu r = 0,562. Berdasarkan hasil pengujian Anova dengan menggunakan uji F diperoleh nilai  sebesar 22,204, sedangkan nilai  sebesar 3,200. Oleh karena  lebih besar dari , maka model regresi linear sederhana dapat digunakan untuk memprediksi pengaruh penerapan metode mumtaz terhadap peningkatan maharah kitabah. Selanjutnya berdasarkan hasil perhitungan koefisien regresi diperoleh nilai  sebesar 4,712 dan nilai  sebesar 2,010. Hal tersebut menunjukkan bahwa nilai  lebih besar dari nilai . Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara penerapan metode mumtaz terhadap peningkatan maharah kitabah santri di Pondok Pesantren Modern Al-Junaidiyah Biru Kabupaten Bone Sulawesi Selatan pada taraf signifikansi 0,05.

Referensi

Ainin. Evaluasi dalam Pembelajaran Bahasa. Malang : Misykat, 2006.

Al-Ghoni, Nasir Abdullah & Abdul Hamid Abdullah Usus I’dad Al-kutub, Al-Taklimiyyah Li Ghoiri Al-Nathiginsbiha Bi Al-Arabiyyah. Dar al-I’tisham.

Anshor, Ahmad Muhtadi. Pengajaran Bahasa Arab Media dan Metode-metodenya. Cet. 1; Yogyakarta: Penerbit Teras, 2009.

An-Naqah, Mahmud Kamil. Ta’lim Lughah al-Arabiyah Lin-Naatiqin bilughatin Ukhra. Makkah: Jamiah Ummul Qura, 1985.

Asyrofi, Syamsuddin. Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab. Yogyakarta: Idea Press, 2010.

Aziz, Furqonul. Pengajaran Bahasa Komunikatif. Bandung: Remaja Rosda Karya, 1996.

Aziz, Mahbub Humaidi, dkk, Pembelajaran Maharah Kalam pada Program Kursus Bahasa Arab Pondok Pesantren Darul Lughah Wad Dirasatil Islamiyah, Nady Al Adab : Jurnal Bahasa Arab 17 (01), 2020.

DePorter, Bobby & Mike Hernacki, Quantum Learning Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan. Bandung: Kaifa, 2001.

Fachrurrozi, Aziz & Erta Mahyuddin, Teknik Pembelajaran Bahasa Arab.

Fakhrurrozi, Aziz & Erta Mahyudin, Pembelajaran Bahasa Arab, Cet. Ke-2, Jakarta Pusat: Direktoral Jenderal Pendidikan Islam Kementrian Agama, 2012.

Gunarti, Tri Utami, Pengembangan Media Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Audio Visual Untuk Meningkatkan Maharah Istima’ pada Siswa Siswi Madrasah Ibtidaiyah, Awwaliyah: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah 1 (2), 2018.

Hamid, M. Abdul dkk, Pembelajaran Bahasa Arab. Malang: UIN Malang Press, 2008.

Hermawan, Acep. Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2014.

Hermawan,, Acep. Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab. Cet. IV; Bandung: Remaja Rosdakarya, 2014.

Hermawan, Acep. Pembelajaran Keterampilan Berbahasa Arab Dengan Pendekatan Komunikatif-Interaktif. Bandung : Alfabeta, 2018.

Ilyan, Ahmad Fuad Mahmud. Al-Maharat al-Lughawiyah: Mahiyatuha wa Thara’iq Tadrisiha. Riyadh: Dar al-Muslim Li al-Nasyr wa al-Tauzi’. 1992.

Iskandarwassid & Dadang Sunendar, Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: UPI & Rosda Karya, 2008.

Kamal, Helmi. Maharah Al-Kitabah Wa Thorikoh Taklimiah, 2010.

Madkur, Ali Ahmad. Tadris al-Funun al-Lughah al-‘Arabiyah. Kairo: Darul Fikri Arab. 2002.

Mawarni, Rosdiana. Peningkatan Keterampilan Menulis. Universitas Negeri Yogyakarta, .2015.

Mesra, Alimin & Saifuddin Zuhri, Metode Mumtaz Cara Cepat & Mudah Pintar Membaca Kitab Kuning. Jakarta: Orbit publishing 2014.

Muhammad Abdul Qadir Ahmad, Thuruq Ta’lim al-Lughah al-Arabiyah Cet. I; (Kairo: Maktabah al-Nahdah, 1979), 263. .Imla’ ikhtibary, pelaksanaanya membutuhkan tiga kemampuan, yaitu: kemampuan mendengar, kemampuan menghafal, dan kemampuan untuk menuliskan apa yang didengar sekaligus dalam waktu yang sama.

Mustofa, Syaiful. Strategi Pembelajaran Bahasa Arab yang Inovatif. Malang: UIN Maliki Press, 2017.

Mustofa, Bisri & Abdul Hamid, Metode & Strategi Pembelajaran Bahasa Arab, Malang: UIN-Malang Press, 2011.

Musthofa, Bisri & Imam muslimin, Metodologi dan Strategi Pembelajaran Bahasa Arab. Malang: UN- MALIKI prees, 2012.

Mu`in, Abdul. Analisis Kontrastif Bahasa Arab dan Bahasa Indonesia. Jakarta : Pustaka Al Husna Baru, 2004.

Ni`mah, Mamlu`atu. Kaifa Nu`allimu Tadris Maharah al-Kalam. Proseding IMLA. Malang: UIN Maliki. 2015.

Nurhidayati & Nur Anisah Ridhwan, Strategi Pembelajaran Bahasa Arab Untuk Anak. Malang: CV Bintang Sejahtera Press, 2016.

Padmono, Evaluasi dan pengajaran, Surakarta: FKIP UNS, 2002.

Powers, David Guy. Fundamental of Speech. New York: Mc Graw-Hill Book Company, 1951.

Riyanto, Paradigma Baru Pembelajaran. Jakarta: Kencana 2009.

Rosyidi, Abd. Wahab & Mamlu’atul Ni’mah. Memenuhi Konsep Dasar Pembelajaran Bahasa Arab. Malang: UIN-Maliki Press, 2011.

Sugiyono, Metode penelitian pendidikan: pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Cet. II; bandung: Alfabeta, 2006.

Sugiyono, Metode penelitian pendidikan: pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Cet. 25; bandung: Alfabeta, 2017.

Sugiyono, Metodologi penelitian pendidikan, Bandung: Alfabeta, 2015.

Sukmadinata, Nana Syaodih, Metode Penelitian Pendidikan. Cet V; Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2009.

Syahatah, Hasan. Ta’lim al-Lughoh al-Arabiyah Baina an-Nazhariyyah wa al-Tathbiq. al-Qahirah: al-Dar al-Mashriyah al-Lubnaniyah, 2002.

Syarifuddin, Ahmad. Penerapan Model Pembelajaran Cooperative; Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya, Jurnal Ta’dib, Vol. XVI No. 01, 2011.

Tahir, Gustia. Peranan Bahasa Arab Dalam Pengembangan Peradaban Islam, Jurnal Al-Hikmah, Vol. XIII No. 1, 2012.

Tarigan, Henry Guntur. Berbicara Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa, Bandung : Angkasa, 2010.

Zaenuddin, Radliyah dkk, Metodologi & Strategi Pembelajaran Bahasa Arab. Yogyakarta: Pustaka Rihlah Group, 2005.

Zulhannan. Teknik Pembelajaran Bahasa Arab Interaktif. Jakarta: PT. Raja Grafinda,2014.

Diterbitkan
2024-06-21
Abstrak viewed = 237 times