Pengembangan Buku Ajar Berbasis Multimedia pada Pembelajaran Qawā’id di Tingkat Madrasah Aliyah
Abstrak
Tujuan yang ingin diselesaikan dalam penelitian ini adalah 1)Mendekripsikan prototype pengembangan buku ajar berbasis multimedia pada pembelajaran qawā’id di Tingkat Madrasah Aliyah 2) Menguji validitas dan kepraktisan buku ajar berbasis multimedia pada pembelajaran qawā’id di Tingkat Madrasah Aliyah 3) Mendekripsikan efektivitas buku ajar berbasis multimedia pada pembelajaran qawā’id di Tingkat Madrasah Aliyah. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian Research and Development yang mengacu pada model Sugiyono (Potensi dan Masalah, Pengumpulan data, Desain Produk, Validasi Desain, Revisi Desain, Ujicoba Produk, Revisi Produk, Uji Coba Pemakaian, Revisi Produk dan Produk Massal). Buku ajar berbasis multimedia dikembangkan melalui aplikasi Kind Master yang diunduh dari Google Play Store. Media yang telah dikembangkan dilakukan pengujian kelayakan oleh validtaor ahli media dan ahli materi dan praktisi oleh pendidik, serta ujicoba kelayakan berdasarkan respon peserta didik kelas XI Madrasah Alilyah YMPI Rappang sebanyak 30 peserta didik. Hasil penelitian ini 1) buku ajar berbasis multimedia yang dilengapi dengan video 2) buku ajar berbasis multimedia ini dinyatakan valid dengan hasil validasi ahli materi mencapai 94,11%, hasil validasi ahli media mencapai 92% dan hasil validasi ahli pembelajaran 96,66%, hasil uji coba kelas kecil mencapai 95% dan uji coba kelas besar mencapai 94,5% 3) buku ini dinyatakan efektif dengan perhitungan nilai pretest yaitu 59.10, sedangkan nilai posttest yaitu 86.23. Jadi 86.23 -59.10 = 27.133 artinya terdapat selisih 27.133. Berdasarkan output tersebut diketahui bahwa nilai sig (2-tailed) sebesar 0,000<0,05 karena nilai sig.(2-tailed) 0,000 lebih kecil dari 0,05 jadi terdapat peningkatan hasil belajar dengan penggunaan buku ajar berbasis multimedia, maka dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak, hal ini berarti buku ajar berbasis multimedia efektif digunakan dalam pembelajaran qawā’id ditingkat Madrasah Aliyah.
Referensi
Amrulloh, Muhammad Afif. “Analisis Kesalahan Penerapan Qawaid Pada Buku Ajar Bahasa Arab”, Al-Tadzkiyah Jurnal Pendidikan Islam: Volume.6, 2015.
Hermawan, Acep. Meteodologi Pembelajaran Bahasa Arab. Bandung:PT Remaja Rosdakarya, 2011.
Magdalena. Ina dkk, “Analisis Pengembangan Bahan Ajar”, Nusantara Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial: Volume.2: no.2: 2020.
Nizamuddin, Penelitian Berbasis Tesis dan Skripsi Disertai Aplikasi dan Pendekatan Analisis Jalur, Medan: Pantera Publishing, 2020 (dalam google.books.co.id/diakses 11 April 2022).
Ramah, Sutri, and Miftahur Rohman. “Analisis Buku Ajar Bahasa Arab Madrasah Aliyah Kurikulum 2013.” Arabiyatuna : Jurnal Bahasa Arab 2, no. 2 (2018): 141. https://doi.org/10.29240/jba.v2i2.552.
S. Sadiman dkk, Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: Raya Grafindo Persada, 2014.
Saepudin, Pembelajaran Keterampilan Berbahasa Arab Teori dan Praktik. Yogyakarta: TrustMedia Publishing, 2012.
Sari . Risna Rianti & Hasyim Amrullah, Bahasa Arab Madrasah Aliyah Kelas XI , Jakarta: Direktorat KSKK Madrasah, 2020.
Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Bandung: Alfabeta, 2018.
Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi R&D dan Penelitin Pendidikan. Bandung: Alfabeta, 2019.
Wahab, Laode Abdul. “Pengembangan Bahan Ajar Qawaid Bahasa Arab Berbasis Mind Map Untuk STAIN Kediri”, Al-Izzah: Vol.IX: no.2, 2014.
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by-nc-sa4.footer##