Peningkatan Kemampuan Menulis Imla’ Melalui Model Pair Dictation Pada Peserta Didik Kelas VIII MTs Miftahul Jannah Rappolemba Kabupaten Gowa

Penulis

  • Andi Ahmad Fadhil Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
  • Sitti Aisyah Chalik Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
  • Fitri Okladis Dwi Saputri Universitas Negeri Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.24252/saa.v13i2.54303

Kata Kunci:

Kata Kunci: Pair Dictation, Imla’, Pembelajaran Bahasa Arab., Keywords: Pair Dictation, Imla', Arabic Language Learning.

Abstrak

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas model Pair Dictation dalam meningkatkan kemampuan menulis Imla’ pada siswa kelas VIII di MTs Miftahul Jannah Rappolemba, Kabupaten Gowa. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengidentifikasi kesulitan utama siswa dalam menulis Imla’ dan menjelaskan bagaimana metode ini dapat mengatasi kesulitan tersebut. Model Pair Dictation dipilih karena pendekatan kolaboratifnya yang mampu meningkatkan partisipasi siswa secara aktif dalam pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode quasi-experimental dengan desain pre-test dan post-test. Subjek penelitian terdiri dari dua kelompok: kelompok eksperimen yang menggunakan model Pair Dictation dan kelompok kontrol yang menggunakan metode pembelajaran konvensional. Data dikumpulkan melalui tes kemampuan menulis Imla’ dan dianalisis menggunakan uji statistik serta analisis ukuran efek untuk mengetahui signifikansi peningkatan kemampuan menulis siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa dalam kelompok eksperimen mengalami peningkatan yang signifikan dalam kemampuan menulis Imla’ dibandingkan kelompok kontrol. Analisis ukuran efek (η2=0.75\eta^2 = 0.75η2=0.75) menunjukkan bahwa model ini memiliki pengaruh besar terhadap peningkatan keterampilan siswa. Faktor-faktor kesulitan yang dihadapi siswa meliputi kurangnya dasar pengetahuan bahasa Arab, pendekatan pembelajaran yang lebih teoritis, dan minimnya latihan mandiri.

Referensi

Anugrahi, N. (2020). Efektivitas pembelajaran Imla’ dalam meningkatkan kemampuan menulis kata dalam bahasa Arab peserta didik kelas XI Madrasah Aliyah DDI Kaballangan Kabupaten Pinrang. Skripsi, Program Studi Pendidikan Bahasa Arab, Fakultas Tarbiyah, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Parepare.
Arikunto, S. (2013). Prosedur penelitian: Suatu pendekatan praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Asrofi, I., & Halim, A. (2021). Efektivitas metode Imla’ terhadap peningkatan kemampuan siswa dalam menulis bahasa Arab. Jurnal El-Ibtikar, Universitas Islam Nusantara Bandung.
Fidri, M., Suib, M., Saputra, D., & Nurhayati. (2022). Efektivitas penggunaan media gambar dalam pembelajaran bahasa Arab. JAS, 2(1), 138-148.
Mastura. (2017). Penerapan metode Imla’ dalam meningkatkan keterampilan menulis kata dalam bahasa Arab peserta didik kelas VIII MTs DDI Tuppu Kecamatan Lembang Kabupaten Pinrang. Jurusan Tarbiyah, Prodi Pendidikan Bahasa Arab: Parepare.
Schneider, D. (1998). Why use dictation? A rationale and some variations. Forum: A Journal for the Teacher of English Outside the United States, 4(1), 30-45.
Smith, C. D. (2010). Pair dictation activities for teaching English to university students. The Internet TESL Journal, 16(2).
Sufrizal An-Nadwy. (2020). Pembelajaran Imla’ efektif dan aplikatif. Medan: CV Pusdika Mitra Jaya.
Sugiyono. (2005). Metode penelitian pendidikan: Pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
Xing, Z., & Chen, J. (1989). Forum: A Journal for the Teacher of English Outside the United States, 27. China: Michigan State University.

Diterbitkan

2025-10-11

Cara Mengutip

Fadhil, A. A., Chalik, S. A. ., & Dwi Saputri, F. O. . (2025). Peningkatan Kemampuan Menulis Imla’ Melalui Model Pair Dictation Pada Peserta Didik Kelas VIII MTs Miftahul Jannah Rappolemba Kabupaten Gowa. Shaut Al Arabiyyah, 13(2), 547–555. https://doi.org/10.24252/saa.v13i2.54303