Penerapan Teori Henry Fayol dalam Program Pembelajaran Bahasa Arab di Pesantren

Penulis

  • Wiwit Nazilah Utami UIN Malang
  • Nuril Mufidah Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
  • Abdul Malik Karim Amrullah Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang

DOI:

https://doi.org/10.24252/saa.v13i2.62200

Kata Kunci:

Manajemen Pembelajaran

Abstrak

Proses pembelajaran merupakan rangkaian program yang telah disepakati dan diawasi. Yang mana hal ini tentu dibutuhkan yang namanya manajemen di dalamnya. Salah seorang pakar manajemen Henry Fayol mengartikan manajemen dalam tiga pengertian, yakni: 1) Manajemen sebagai suatu proses, 2) Manajemen sebagai kolekstivitas orang-orang yang melakaukan semua kegiatan manajemen, 3) Manejemen sebagai suatu seni serta sebagai ilmu pengetahuan. Teori manajemen Henry Fayol ini lebih berfokus pada bagaiamana manajemen itu berinteraksi dengan personil nya. Penelitian ini akan menilik bagaimana penerapan teori Henry Fayol pada program pembelajaran bahasa Arab di pesantren khususnya pesantren mahasiswa Firdaus Malang. Peneliti menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dalam melaksanakan program bahasa Arabnya pesantren mahasiswa firdaus telah menerapkan teori Henry Fayol dengan berlandaskan pada 14 prinsip yang merupakan karakteristik teori Henry Fayol itu sendiri. Keberhasilan manajemen program ini dilihat dari suksesnya program bahasa Arab di pesantren Furdaus tersebut. Dan kesuksesan program bahasa Arab di pesantren Firdaus ini dapat dilihat dari alumni-alumni yang telah menjadi ahli dalam bahasa Arab dan telah menjadi muallim bahasa Arab yang sukses di tempatnya masing-masing.

Kata Kunci : Teori Manajemen Henry Fayol, Pembelajaran, Program Bahasa Arab

Referensi

Albina, Meyniar, dkk. 2022. “Model Pembelajaran Di Abad Ke 21”. Jurnal Universitas Dharmawangsa16, no. 4: h. 939.

Anggito, Albi dan Setiawan, Johan . 2018. Metode Penlitian Kualitatif. Jawa Barat: CV Jejak.

Ernawati. 2022. Meningkatkan Kualitas Pembelajaran dengan Menerapkan Model

Pembelajaran Inovatif Project Based Learning (PjBL), In Workshop Penguatan Kompetensi Guru 2022 (pp. 1230–1236), Surakarta: SHEs: Conference Series 5, no. 5.

Ghofur, Abdul. 2019. “Efektivitas dan Efisiensi Pembelajaran Bahasa Arab (Studi Pembelajaran Bahasa Arab Dengan Menggunakan Buku Alarabiyah Baina Yadaika Di Ma’had Abu Bakar Universitas Muhammadiyah Surakarta)”. Jurnal Ilmiah Didaktika 20, no. 1: h. 113- 125.

Hatija, M. 2023. “Implementasi teori-teori belajar dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam”. Al-Rabwah 17, no. 02: h. 129-140.

Karlina dan Rafeliya, Tiya. 2023. “Analisis Dampak Home Work Terhadap Kinerja Individu Dengan Efektivitas Tim”. Jurnal Manajemen Strategis 1, no.1.

Michael J. Fells. 2000. “Fayol Stands the Test of Time”. Journal of Management History 6, no. 8.

Muhajirin, dkk. 2024. “Pendekatan Penelitian Kuantitatif Dan Kualitatif Serta Tahapan Penelitian”, Journal Genta Mulia15, no. 1: h. 82-92.

Putri, F. dkk. 2024. “Prinsip-prinsip dan Teori-teori belajar dalam Pembelajaran”. Jurnal Budi Pekerti Agama Islam 2, no. 2: h. 332-349.

Rahman. 2012. “Henry Fayol and Frederick Winslow Taylor’s Contribution to Management Thought”. ABC Journal of Advanced Research 1, no. 2: h. 94-103.

Ramdani, N. G, dkk. 2023. “Definisi dan teori pendekatan, strategi, dan metode pembelajaran”. Indonesian Journal of Elementary Education and Teaching Innovation 2, no. 1: h. 20-31.

Siswanto. 2018. Pengantar Manajemen. Jakarta: Bumi Aksara.

Sukmana, Febrian Humaidi dan Maryanti, Sri. 2023. “Teori Administrasi Henri Fayol: Gagasan, Kontribusi, Dan Batasannya”. Politea : Jurnal Kajian Politik Islam 6, no. 2.

Supriyadi, Febriyani, dkk. 2023. “Prinsip Teori Organisasi Klasik Menurut Henry Fayol”. Jurnal Manajemen Strategis 1, no.1.

Warsita, B. 2013. “Perkembangan definisi dan kawasan teknologi pembelajaran serta perannya dalam pemecahan masalah pembelajaran”. Jurnal Kwangsan 1, no. 2: h. 72.

Wibowo, H. 2020. Pengantar Teori-teori belajar dan Model-model pembelajaran. Jakarta: Puri cipta media.

Wren, Bedeian, and Breeze. 2002. “The Foundations of Henri Fayol’s Administrative Theory”. Management Decision 40, no. 9: h. 906-918.

Diterbitkan

2025-11-03

Cara Mengutip

Utami, W. N., Mufidah, N., & Amrullah, A. M. K. (2025). Penerapan Teori Henry Fayol dalam Program Pembelajaran Bahasa Arab di Pesantren. Shaut Al Arabiyyah, 13(2), 613–623. https://doi.org/10.24252/saa.v13i2.62200