Shaut al Arabiyyah
https://arsip-journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/Shautul-Arabiyah
<p>Jurnal Shaut Al-'Arabiyah adalah jurnal yang diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar yang mengkhususkan pembahasan tentang Bahasa Arab dan Ilmu Pendidikan yang berbahasa Arab, juga tentang hadis dan ilmu lainnya yang ada kaitannya dengan kaedah bahasa Arab.</p>en-US[email protected] (Dr. Abu Dzar Al-Qifari)[email protected] (Andi Marwansyah)Sun, 09 Feb 2025 08:37:20 +0000OJS 3.1.2.4http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss60Efektivitas Metode Reward (hadiah) dalam Peningkatan Minat Belajar Bahasa Arab Peserta Didik
https://arsip-journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/Shautul-Arabiyah/article/view/55316
<p>Metode penelitian ini yaitu penelitian pra-eksperimental dengan menggunakan desain <em>Intact-Group Comparison. </em>Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTs As’Adiyah Banua Baru Polman yang jumlahnya 102 siswa yang terbagi dalam 4 kelas. Sampel dalam penelitian ini diambil secara <em>purposive sampling</em> dimana kelas yang terpilih merupakan kelompok kelas dengan pertimbangan-pertimbangan tertentu, sehingga peneliti mengambil dua kelas sebagai sampling yaitu kelas VIII.C sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII.A sebagai kelas kontrol dengan jumlah siswa kelas VIII.C 23 orang dan siswa kelas VIII.A adalah 23 orang. Untuk memperoleh tujuan penelitian, peneliti menggunakan instrument angket minat belajar siswa. Dalam pengelolaan data digunakan analisis data deskriptif serta analisis data inferensial. Hasil analisis data dengan menggunakan statistik deskriptif untuk minat belajar siswa yang tidak diterapkan metode <em>reward</em> tergolong tinggi. Hal tersebut didasarkan pada presentase nilai terbesar ditunjukkan pada kategori tinggi yaitu yaitu 90,30% dengan nilai rata-rata 60,35. Sedangkan untuk minat belajar siswa yang menerapkan metode <em>reward</em> tergolong tinggi dengan presentase terbesar pada kategori tinggi yaitu 100% dengan rata-rata sebesar 66,09. Melalui uji hipotesis dengan uji <strong>t </strong>diperoleh nilai t<sub>hitung</sub> > t<sub>tabel </sub>= 3,831 > 2,01. Berdasarkan hasil ini dapat diketahui bahwa metode <em>reward</em> efektif dalam meningkatkan minat belajar siswa.</p>Munawarah, Lukman
##submission.copyrightStatement##
https://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0
https://arsip-journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/Shautul-Arabiyah/article/view/55316Sun, 09 Feb 2025 00:00:00 +0000Evaluation Media Design Of Maharah Kitabah Learning Through "Sekolahku" Web At Al Hikmah Boarding School High School Batu
https://arsip-journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/Shautul-Arabiyah/article/view/55317
<p><em>The absence of students during the evaluation period is due to various factors and reasons such as going to Umrah worship with family, returning home due to illness (skorsing), suspension due to violations, etc. while students must still get learning facilities even though they are not in the school environment. This study aims to determine the Web used as a medium for evaluating maharah kitabah learning at Al Hikmah Boarding School High School Batu. The approach used in this study is a qualitative approach with the Miles and Huberman model, and the data collection techniques used are observation, interviews, and documentation. For data validity, researchers use the data source triangulation method. The results showed that the Web used as a medium for evaluating maharah kitabah learning at Al Hikmah Boarding School High School Batu was the "Sekolahku" web as a solution to solve the problem of student absenteeism during the learning evaluation.</em></p>Abdul Muhith, Harits Ibadurrahman, Nur Hasaniyah
##submission.copyrightStatement##
https://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0
https://arsip-journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/Shautul-Arabiyah/article/view/55317Sun, 09 Feb 2025 00:00:00 +0000 في المدرسة الثنوية الحكومية ۲ ديلي سردانغ (DBL) تطبيق تعليم اللغة العربية من خلال التعليم القائم على التمايز
https://arsip-journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/Shautul-Arabiyah/article/view/55344
<p>Differenteated based Learning adalah proses pembelajaran efektif yang mempertimbangkan perbedaan setiap siswa dalam meningkatkan potensi dirinya sesuai dengan kesiapan, minat dan profil belajar siswa. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan pembelajaran dalam pengajaran bahasa arab di Madrasah Aliyah Negeri 2 Deli Serdang melalui pendekatan Differentiated Based Learning (DBL). Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Penelitian kualitatif deskriptif yang melibatkan observasi terhadap pengajaran bahasa Arab di Madrasah aliyah Negeri 2 Deli serdang, dan tanggapan dari guru dan siswa terhadap pendekatan tersebut. Temuan menunjukkan bahwa Pembelajaran bahasa Arab merupakan aspek penting dalam kurikulum pendidikan di banyak negara, terutama bagi lembaga pendidikan yang memiliki basis keagamaan Islam. Di tengah perkembangan pendidikan yang semakin maju, pendekatan pembelajaran yang inovatif menjadi fokus utama bagi para pendidik untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi pembelajaran bahasa Arab. Dimana guru mampu menyesuaikan pembelajaran dengan gaya, kebutuhan, dan minat belajar individu siswa dengan meningkatkan pemahaman siswa terhadap bahasa Arab dengan memberikan variasi dalam pengajaran dan memenuhi kebutuhan belajar individu. Penelitian ini memberikan kontribusi penting terhadap pengembangan pendekatan pengajaran bahasa Arab di tingkat menengah.</p>Nahwa Syaputri, Zulheddi Zulheddi
##submission.copyrightStatement##
https://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0
https://arsip-journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/Shautul-Arabiyah/article/view/55344Fri, 14 Feb 2025 00:00:00 +0000Efektivitas Pembelajaran Bahasa Arab dengan Aplikasi Duolingo: Literature Review
https://arsip-journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/Shautul-Arabiyah/article/view/55578
<p>Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas penggunaan aplikasi Duolingo dalam pembelajaran Bahasa Arab, khususnya dalam meningkatkan keterampilan siswa dibandingkan metode konvensional. Masalah utama yang diangkat adalah rendahnya motivasi siswa dalam belajar Bahasa Arab serta tantangan dalam penguasaan tata bahasa akibat keterbatasan metode tradisional. Dengan perkembangan teknologi digital, aplikasi pembelajaran berbasis gamifikasi seperti Duolingo menawarkan pendekatan interaktif yang menarik. Namun, penelitian mengenai efektivitas aplikasi ini dalam konteks pembelajaran Bahasa Arab masih terbatas. Pendekatan kuantitatif digunakan dalam penelitian ini dengan membandingkan hasil belajar, motivasi, dan keterlibatan siswa yang menggunakan Duolingo dan metode konvensional melalui tes serta dokumentasi. Studi terdahulu menunjukkan bahwa teknologi digital dalam pembelajaran bahasa dapat meningkatkan efektivitas, fleksibilitas, serta interaktivitas melalui umpan balik instan dan peningkatan motivasi siswa. Hasil penelitian ini mengonfirmasi bahwa Duolingo dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa, meskipun terdapat tantangan seperti kesenjangan akses teknologi dan kesiapan pengguna. Temuan ini memberikan kontribusi bagi strategi pembelajaran Bahasa Arab yang lebih inovatif serta rekomendasi bagi pendidik dalam mengadopsi teknologi secara lebih efektif.</p>Aisyah Restriana, Umi Hijriyah, Koderi
##submission.copyrightStatement##
https://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0
https://arsip-journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/Shautul-Arabiyah/article/view/55578Sun, 16 Mar 2025 00:00:00 +0000Ritme dan Rima serta Amanat Huruf Ba’ dalam Diwan Asy-Syathiri (Kajian Strukturalisme)
https://arsip-journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/Shautul-Arabiyah/article/view/55903
<p>Penelitian ini menganalisis ritme dan rima serta amanat pada huruf ba’ yang terkandung dalam diwan asy-syathiri karya Syekh Abdullah Bin Umar Asy-syathiri. Diwan ini berisi syair-syair tentang hikayat hidup, akhlak, dan pengalaman spiritual yang dirangkai oleh Imam Asy-syathiri. Tujuan penelitian ini adalah untuk menentukan ritme dan rima serta amanat pada huruf ba’ yang terkandung dalam diwan asy-syathiri karya Syekh Abdullah Bin Umar Asy-syathiri. Penelitian kualitatif ini menggunakan metode pustaka untuk pengumpulan data. Analisis data menggunakan metode deskriptif analitik dengan menganalisis unsur-unsur intrinsik yaitu ritme, rima dan amanat yang disajikan secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukan bahwa diwan ini memuat ritme (arudh) yang ditandai dengan adanya zihaf dan illat. Lalu rima (qawafi) ditandai dengan adanya kalimat qafiyah, huruf, harakat, jenis, nama dan uyub qafiyah. Lalu, amanat ditandai dengan pesan atau informasi yang diperoleh dari tiap-tiap penggalan bait syair diwan asy-syathiri.</p>Dita Rohmaetul Aeni, Dedi Supriadi, Muhammad Nurhasan
##submission.copyrightStatement##
https://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0
https://arsip-journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/Shautul-Arabiyah/article/view/55903Sun, 16 Mar 2025 00:00:00 +0000The Continuity of Classical Arabic Language Pedagogy : Muhadatsah Method And Its Application In Modern Maharah Kalam Learning
https://arsip-journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/Shautul-Arabiyah/article/view/56119
<p><em>Penelitian ini bertujuan meneliti pembelajaran Kalam melalui metode Muhadatsah di Ma'had Al-Jamiah, dengan mengidentifikasi faktor-faktor penghambat, pendukung dan tingkat keberhasilannya. Menggunakan Pendekatan fenomenologis dengan paradigma interpretatif serta metode kualitatif. Hasil penelitian meliputi: 1) Metode ini bertujuan untuk membiasakan siswa berkomunikasi dalam bahasa Arab. 2) Muhadatsah memiliki signifikansi karena sifatnya yang santai dan praktis, membiasakan percakapan, praktik berulang, elemen yang menarik, memfasilitasi hafalan, dan pengembangan kelancaran. 3) Kemajuan diukur berdasarkan kelancaran dan kemudahan pengucapan siswa. 4) Implementasi melibatkan penugasan kosakata, pemilihan pasangan, penentuan topik, dan pemilihan lokasi untuk Muhadatsah. 5) Evaluasi dilakukan melalui pengawasan langsung oleh instruktur. 6) Pendekatan pengajaran bersifat santai dan fleksibel. 7) Tidak ada media yang digunakan sebagai sumber pembelajaran. 8) Tantangan yang dihadapi meliputi keterbatasan waktu, lingkungan bahasa yang kurang mendukung, kurangnya pengetahuan dasar bahasa Arab pada siswa, dan rasa malu. 9) Keberhasilan terlihat pada peningkatan keterampilan Kalam, pengucapan yang tepat, dan peningkatan kosakata.</em></p>Katrin Adjma Nofesalya, Widiya Yul, Riko Andrian
##submission.copyrightStatement##
https://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0
https://arsip-journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/Shautul-Arabiyah/article/view/56119Wed, 23 Apr 2025 00:00:00 +0000Analyzing Vocabulary Learning through the Lens of Students' Learning Styles: A Framework for Arabic Language Teaching
https://arsip-journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/Shautul-Arabiyah/article/view/56156
<p>The objective of this research is to determine the alignment of teaching techniques applied at SMP Atthayyibah in vocabulary instruction with the individual learning styles of students. The method used in this research is qualitative. The findings reveal that teachers have not engaged in mapping the students' learning styles in the context of Arabic language instruction. However, it is noteworthy that teachers implement vocabulary teaching strategies that cater to different learning styles, encompassing auditory, visual, and kinesthetic learners. These strategies include 1) utilizing visual aids, 2) implementing singing techniques, and 3) conducting lessons outside the classroom. The primary challenge encountered by teachers in mapping students' learning styles is the difficulty in determining subsequent actions once the mapping is completed. The findings of this study suggest that teachers who do not map students' learning styles tend to avoid making additional efforts to prepare strategies tailored to the identified learning styles.</p>Amilya, Widiya Yul
##submission.copyrightStatement##
https://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0
https://arsip-journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/Shautul-Arabiyah/article/view/56156Wed, 23 Apr 2025 00:00:00 +0000 تطبيق الخريطة الذهنية في التعليم القائم على المشروع لترقية كفاءة التلاميذ في مهارة القراءة بالمدرسة الثانوية ثنائية اللغة باتو
https://arsip-journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/Shautul-Arabiyah/article/view/56154
<p><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;">Pemahaman membaca adalah memahami sesuatu dari teks yang dibaca. Mengacu pada hal tersebut, peneliti di MA Bilingual Batu memberikan pre-test kepada kedua kelompok. Ia menemukan bahwa dalam dua puluh soal yang dirancang peneliti untuk diselesaikan dalam waktu 30 menit, peneliti memperoleh hasil bahwa skor 5 dari 18 siswa (yaitu 28%) mencapai nilai melebihi KKM, dan sisanya 72% kurang dari KKM. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan efektivitas penerapan mind maping dalam Project Based Learning untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam keterampilan membaca di MA Bilingual Batu dan untuk mendeskripsikan kelebihan dan kekurangan penerapan mind maping dalam Project Based Learning untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam keterampilan membaca di MA Bilingual Batu. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan menerapkan pre-test dan post-test pada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan untuk mengumpulkan data peneliti menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes sebagai alatnya. Untuk menganalisis data yang diperoleh, peneliti menggunakan uji statistik pada SPSS 17. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini menunjukkan bahwa dengan menerapkan mind map dalam Project Based Learning untuk pembelajaran Maharah Qira'ah, siswa menjadi lebih aktif dan antusias, dan peneliti menerapkan 6 langkah pada 6 pertemuan menurut pendapat Daryanto. Hasil nilai Sig. (2-tailed) pada uji statistik sebesar 0,005 dan 0,005 lebih kecil dari hasil 0,05. Nilai signifikansi tersebut Sig. (2-tailed) lebih kecil dari 0,05 atau H1 = diterima, artinya terdapat perbedaan hasil belajar antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Dengan pernyataan ini, peneliti menyimpulkan bahwa penerapan mind map dalam Project Based Learning untuk meningkatkan kemampuan siswa kelas sepuluh dalam keterampilan membaca di MA Bilingual Batu adalah efektif. Keuntungan penerapan mind map dalam Project Based Learning adalah: (a) Peserta didik saling bekerja sama untuk memecahkan masalah. (b) Memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mengembangkan kompetensinya sesuai dengan lingkungan di kehidupan sehari-hari. (c) Siswa mengikuti kegiatan pembelajaran dengan antusias. Kekurangannya adalah: (a) Membutuhkan banyak waktu dan sarana pembelajaran. (b) Hal ini mengharuskan guru dan siswa untuk siap menghadapi pembelajaran dan pengembangan. </span></span></p> <p> </p>Suci Yuta Rahayu, Umi Machmudah, Abdul Wahab Rosyidi
##submission.copyrightStatement##
https://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0
https://arsip-journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/Shautul-Arabiyah/article/view/56154Wed, 23 Apr 2025 00:00:00 +0000Integrasi Artificial Inteligence (AI) sebagai Alat Bantu dalam Penerjemahan Bahasa Arab – Indonesia
https://arsip-journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/Shautul-Arabiyah/article/view/55357
<p>Penelitian ini bertujuan untuk mengintegrasikan AI sebagai alat bantu dalam penerjemahan bahasa Arab. Kesulitan dalam penerjemahan muncul karena memerlukan pemahaman mendalam terhadap berbagai aspek kebahasaan, baik dalam bahasa sumber maupun bahasa target. Namun dengan hadirnya teknologi, satunya ialah actificial intelegance (AI) memberikan banyak sekali kemudahan termasuk juga dalam menerjemah bahasa Arab. alat ini sudah mulai banyak digunakan oleh pelajar bahasa sebagai instrument penerjemah namun hasilnya masih diperselisihkan. Mulai dari segi keakuratan seperti tidak tersampaikannya pesan bahasa sumber ke bahasa sasaran. Penerjemahan konvensional juga tidak bisa dilakukan dengan waktu yang singkat karena karena harus menguasai berbagai macam sub ilmu bahasa seperti sintaksis, leksikologi, morfologi, semantik dan lain-lain. dari problematika ini, kemungkinan besar dengan mengintegrasikan AI sebagai alat terjemah bisa menjadi solusi. Selanjutnya penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriftif dengan pendekatan study pustaka karena proses penelitian ini terokus pada analisis hasil teks terjemahan AI dan profesional yang kemudian di deskripsikan. Adapun penelitian ini menunjukkan bahwa terjemahan AI memiliki akurasi yang tinggi walaupun masih terdapat kekeliruan, namun dari kekliuan tersebut dapat ditutupi dengan ilmu terjemah profesional. Sehingga dapat disimpulkan dalam menggunakan AI sebagai alat terjemah harus terlebih dahulu menguasai ilmu penerjemahan dan AI hanya sebagai alat bantu yang memudahkan penerjemah.</p>Ibtisyamah Hizam, Yek Amin Aziz , Ahmad Sirojul Hakiki
##submission.copyrightStatement##
https://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0
https://arsip-journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/Shautul-Arabiyah/article/view/55357Fri, 14 Feb 2025 00:00:00 +0000Application of Total Quality Management (TQM) in the Administration of the El-Barqī Arabic Language Study Institution
https://arsip-journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/Shautul-Arabiyah/article/view/50674
<p><em>The El-Barqī Arabic Language Study Institution implements the concept of Total Quality Management (TQM) in its programme, following Arthur R. Tenner's theory. TQM is guided by three core concepts. The ideas encompassed are as follows: firstly, a strong emphasis on customer focus, where El-Barqī offers extensive resources to educators in order to facilitate and enhance the effectiveness of the learning process. One of these amenities involves the provision of native Arabic speakers to facilitate direct Arabic language communication practice with native speakers. El-Barqī constantly engages with the parents of pupils through Islamic studies. The tangible effect of prioritising customer satisfaction is apparent in the growing annual intake of students and the extensive partnerships established with both public and private institutions by El-Barqī. Additionally, El-Barqī has implemented process improvement measures, including the enhancement of its programmes. This encompasses the implementation of language study programmes, both non-residential and residential, as well as the establishment of the Middle East Study Guidance Programme. Additionally, El-Barqī ensures full engagement, resulting in the production of highly skilled Arabic language graduates who have achieved numerous notable accomplishments. The outstanding collaboration inside El-Barqī has undeniably led to the successful implementation of its programmes. Hence, the adoption of Total Quality Management (TQM) has a substantial influence on enhancing the standard of education. </em></p>Muhammad Rikza Wahyu Hilal Ramdhani, Isti Jayang Fitrah, Dian Arista, Nur Kholid
##submission.copyrightStatement##
https://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0
https://arsip-journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/Shautul-Arabiyah/article/view/50674Wed, 26 Feb 2025 00:00:00 +0000Analisis Prosa Sastra Arab Amirah Karya Sa’id Ramadhan Al-Buthi: Kajian Psikoanalisa Sigmund Freud
https://arsip-journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/Shautul-Arabiyah/article/view/55952
<p>Di era ini, psikoanalisis digunakan lebih luas sebagai metode penelitian karena metode ini mempelajari sisi-sisi dasar jiwa manusia yang ada pada karya-karya sastra. Prosa sastra berjudul Amirah karya Sa’id Ramadhan Al-Buthi ini menunjukkan betapa dalamnya rasa cinta penulis kepada istrinya yang telah lebih dahulu wafat meninggalkannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menguraikan kalimat-kalimat dalam prosa Arab karya Sa’id Ramadhan Al-Buthi yang berjudul <em>Amirah</em>, yang menunjukkan pada konsep id, ego, dan superego berdasarkan pada teori psikoanalisis Sigmund Freud. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan menjelaskan secara detail paparan dan hasil yang ditemukan. Objek material penelitian ini adalah prosa <em>Amirah</em> karya Sa’id Ramadhan Al-Buthi. Prosa ini menarik untuk diteliti dengan pendekatan psikoanalisis karena secara mendalam menggambarkan emosi seseorang dalam cinta, terutama jika sosok yang dicintai oleh tokoh utama dalam prosa ini telah pergi terlebih dahulu menghadap ke hadirat Tuhan</p>Muhammad Iqbal, Inggil Wulan Suciana, Hamdan Maghribi
##submission.copyrightStatement##
https://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0
https://arsip-journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/Shautul-Arabiyah/article/view/55952Sun, 16 Mar 2025 00:00:00 +0000Learning Qowaid Arabiyah in the Alac Program (Afternoon Lesson Advisory Council)
https://arsip-journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/Shautul-Arabiyah/article/view/55751
<p>This study aims to describe the reasoning ability in the field of learning Qowaid Arabic in the ALAC (Afternoon Lesson Advisory Council) program. The learning taken here is using Qowaid Arabic, Qowaid here is nahwu which is paired with shorof, so that it becomes nahwu shorof, which is a science that reviews the grammar (basics) of Arabic grammar. In other words, the discussion of Qowaid Arabic cannot be separated from these two terms. Therefore, learning using Qowaid Arabic is the right way. The research method used is a qualitative method and data collection is carried out through observation, interviews and documentation. The subjects of the study were all students at Madrasah Ummul Quro At-tarbawiyah putri, totaling 51 people. In this study, Qowaid Arabic Learning is not like other lessons, namely the teacher tells students to write in good and correct Arabic writing. This learning process is an assistance provided by educators so that the process of acquiring knowledge, mastery of skills and habits, and the formation of attitudes and beliefs in students can occur. the results of this study can be concluded that in the Implementation of Qowaid Arabiyah learning in improving the quality of students in understanding Arabic at Madrasah Ummul Quro At-Tarbawiyah putri Plakpak Pagantenan Pamekasan. namely starting with First, the opening filled with Nadzoman. Second, class attendance. Third, introduction of the material by reading the material to the students first, after that the teacher reads one by one either in the form of small or easy mufradat as Qowaid material such as examples after that students are asked to write in their respective books and provide positions in the examples. Therefore, it is necessary to have a program in learning Qowaid Arabiyah, namely the ALAC (Afternoon Lesson Advisory Council) program. ALAC (Afternoon Lesson Advisory Council) is a learning program that is implemented in the afternoon where the ALAC program is focused on studying Qowaid-Qowaid Arabiyah.</p>Faris Syariful, Hobsoh, Khoirin Ni’mah, Agus Susilo
##submission.copyrightStatement##
https://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0
https://arsip-journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/Shautul-Arabiyah/article/view/55751Sun, 16 Mar 2025 00:00:00 +0000Inovasi Game Bisik Berantai Berbasis Media Daring sebagai Strategi Pembelajaran Kemahiran Menyimak Bahasa Arab
https://arsip-journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/Shautul-Arabiyah/article/view/50909
<p>Perkembangan teknologi saat ini yang serba online, menuntut adanya inovasi dalam metode pengajaran bahasa Arab, khususnya kemahiran menyimak (<em>maha>ratul-istima’</em>) yang lazimnya dilaksanakan secara luar jaringan (luring) di kelas atau di laboratorium bahasa dengan langsung mendengarkan cara pelafalan dari dosen atau penutur asli (<em>native speaker</em>) lewat rekaman atau video kemudian ditirukan dan dituliskan hasil transkripsinya. Dengan melihat perkembangan teknologi sekarang yang meliputi segala aspek, tidak terkecuali tentang pendidikan dan pengajaran, perlu adanya inovasi dalam metode pengajaran kemahiran berbahasa khususnya kemahiran menyimak yang awalnya berbentuk praktek tatap muka (luring) menjadi praktek secara daring atau <em>online</em>. Penelitian ini bertujuan untuk menawarkan alternatif pengajaran berupa inovasi dalam pembelajaran bahasa Arab khususnya kemahiran menyimak pada mahasiswa melalui strategi game berbasis media daring. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimentatif-kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan tiga metode, (1) pengumpulan nilai dengan dokumentasi, (2) jalannya proses permainan dengan observasi, (3) mendapatkan feedback mahasiswa dengan wawancara. Peserta permainan berjumlah 58, yang dibagi menjadi dua kelas yaitu kelas A dan B. Masing-masing kelas berjumlah 29. Setiap kelas dibagi menjadi 5 kelompok dengan anggota 5-6 orang per kelompok. Permainan dibagi menjadi 4 skenario, yaitu (1) kelompok kata, (2). kelompok kalimat; (3) paragraph; (4).instruksi menggambar. Permainan sepenuhnya dilakukan secara daring melalui Zoom Meeting. Dalam penelitian ini, 5 indikator digunakan untuk mengevaluasi keterampilan menyimak: (1) kemampuan mengidentifikasi huruf dalam kata (IHK), (2) kemampuan membedakan bunyi huruf yang mirip (BBH), (3) memahami kalimat (PK), (4) memahami paragraph (PW), (5) memahami arti kosa kata, frasa, kalimat maupun wacana (PAK). Dari permainan bisik berantai tersebut, didapatkan hasil nilai rata-rata per indikator sebagai berikut: IHK (72,8), BBH (72,5), PK (75,2), PW (72,5), PAK (68). Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa permainan bisik berantai berbasis daring ini bisa melatih kemampuan menyimak secara langsung. sekaligus menjadi bentuk pembelajaran yang interactive, berkesan dan menyenangkan bagi mahasiswa berdasarkan umpan balik yang didapatkan.</p>Triyanti Nurul Hidayati, Eva Farhah, Afnan Arumi, Reza Sukmana, M. Yunus A
##submission.copyrightStatement##
https://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0
https://arsip-journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/Shautul-Arabiyah/article/view/50909Sun, 16 Mar 2025 00:00:00 +0000تطوير المواد النحوية على أساس ألفية ابن مالك بالمدخل الاستنباطي في المدرسة الثانوية النموذجية زين الحسن قنقون بروبولنجو
https://arsip-journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/Shautul-Arabiyah/article/view/55621
<p style="text-align: justify;"><span style="font-size: 10.0pt; font-family: 'Times New Arabic',serif;">Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar nahwu dengan pendekatan deduktif guna meningkatkan pemahaman dan keterampilan siswa dalam memahami struktur gramatikal bahasa Arab. Metode deduktif diterapkan dengan menyajikan kaidah-kaidah nahwu secara sistematis, dimulai dari konsep umum hingga contoh spesifik, sehingga mempermudah siswa dalam menerapkan aturan yang dipelajari. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (R&D) dengan model pengembangan ADDIE yang meliputi tahap analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Subjek penelitian adalah siswa MA Model Zainul Hasan Genggong yang mempelajari ilmu nahwu. Data dikumpulkan melalui dokumentasi, observasi, angket, wawancara, dan tes evaluasi untuk mengukur efektivitas bahan ajar yang dikembangkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan deduktif dalam pembelajaran nahwu mampu meningkatkan pemahaman siswa secara signifikan dibandingkan metode konvensional. Siswa lebih cepat menguasai konsep gramatikal dan mampu menerapkannya dalam berbagai konteks kebahasaan. Selain itu, bahan ajar yang dikembangkan dinilai lebih sistematis, mudah dipahami, dan efektif dalam meningkatkan pemahaman qowaid nahwu.</span></p>Muhammad Fadilis Sakur, Penny Respati Yurisa
##submission.copyrightStatement##
https://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0
https://arsip-journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/Shautul-Arabiyah/article/view/55621Sun, 16 Mar 2025 06:31:02 +0000Arabic Language Practice in Islamic Boarding Schools : (a Linguistic Landscape Study)
https://arsip-journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/Shautul-Arabiyah/article/view/55860
<p>The female Mambaus Sholihin Boarding School implements a bilingual policy, namely Arabic and English, in the daily life of the santri. This study aims to analyze the influence of the linguistic landscape (LL) on the practice of speaking Arabic in the pesantren. The linguistic landscape in this pesantren encompasses three main languages, namely Indonesian, Arabic, and English, with a specific focus on the role of Arabic in LL and its impact on the habit of speaking Arabic among the santri. A qualitative approach was used to collect data in the form of photographs of visual signs in the pesantren environment, both in the form of infrastructural information and regulative restrictions. The analysis was conducted based on the type of language used, the distribution of Arabic, and how the positional configuration of the sign supports the practice of Arabic. The results show that the dominant presence of Arabic signs in the pesantren landscape, both monolingual and bilingual, creates an adequate environment to motivate santri to speak Arabic. Arabic is often placed positionally higher, indicating its priority in pesantren culture. The alignment between the bilingual policy and the supportive linguistic landscape facilitates natural and contextualized language learning. This study provides implications that language use practices in pesantren can be integrated as teaching materials to support contextualized, meaningful learning of Arabic along with its integration into language teaching methods to strengthen students' speaking competence.</p>Syafiyatul Maf'udah, Uril Bahruddin, Nur Hasan Abdul Barry
##submission.copyrightStatement##
https://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0
https://arsip-journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/Shautul-Arabiyah/article/view/55860Sun, 16 Mar 2025 06:48:18 +0000Penerapan Metode Pembelajaran Sugestopedia dalam Meningkatkan Kemampuan Menghafal Mufradat Peserta Didik Kelas VIII MTs DDI Kanang
https://arsip-journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/Shautul-Arabiyah/article/view/39543
<p>Metode suggestopedia merupakan salah satu metode pembelajaran yang bertujuan untuk mengubah dan menjadikan peserta didik mempunyai perasaan yang rilex serta dapat menghilangkan rasa ketegangan disaat proses belajar berlangsung. Penerapan metode suggestopedia dalam meningkatkan kemampuan menghafal muftadat peserta didik kelas VIII MTs DDI Kanang, Hal ini didasari bahwa banyaknya peserta didik yang kurang dalam penguasaan mufradat. Permasalahan utama bagaimana penerapan metode pembelajaran suggestopedia dalam meningkatkan kemampuan menghafal mufradat peserta didik.<br>Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian kuantitatif Eksperimen dengan desain Quasi Eksperimen dengan bentuk Non-Equivalent Control Group Design. Dengan pengumpulan data dilakukan dengan pemberian instrument tes (pre-test dan post-test) pilihan ganda, treatmen, observasi dan dokumentasi. Adapun teknik analisis yang digunakan yaitu menggunakan analisis deskriptif dan analisi inferensial (uji persyaratan analisis dan uji hipotesis).<br>Hasil penelitian yang menunjukkan bahwa: 1) Terdapat pengaruh metode pembelajaran suggestopedia terhadap peningkatan kemampuan menghafal mufradat peserta didik kelas VIII MTs DDI Kanang, dapat dilihat pada nilai pre-test 58,12 dan nilai post-test 85,49 dengan uji paired samples test pada Sig.0,000. 2) Terdapat pengaruh metode drill terhadap peningkatan kemampuan menghafal mufradat peserta didik kelas VIII MTs DDI Kanang, dapat dilihat pada nilai pre-test 51,84 dan nilai post-test 78,55 dengan uji paired samples test pada Sig.0,000. 3) Terdapat perbedaan peningkatkan kemampuan menghafal mufradat menggunakan metode pembelajaran suggestopedia dan metode pembelajaran drill kelas VIII MTs DDI Kanang, dapat dilihat pada nilai uji independent samples test dengan Sig.0,000.</p> <p>Kata kunci: Metode Suggestopedia, Mufradat Pembelajaran Bahasa Arab</p>Muhammad Aswar Amir, Herdah, Musyarif, Darmawati, Kaharuddin
##submission.copyrightStatement##
https://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0
https://arsip-journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/Shautul-Arabiyah/article/view/39543Mon, 17 Mar 2025 01:30:50 +0000Studi Komparatif Terhadap Problematika Pembelajaran Bahasa Arab di Pondok Pesantren Modern Rahmatul Asri Kab. Enrekang dan Pondok Pesantren DDI As-Salman Kab. Sidrap
https://arsip-journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/Shautul-Arabiyah/article/view/39561
<p>Tujuan pada penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui problematika pembelajaran Bahasa Arab di Pondok Pesantren Modern Rahmatul Asri Kab. Enrekang. (2) Untuk mengetahui problematika pembelajaran Bahasa Arab di Pondok Pesantren DDI As-Salman Kab. Sidrap. (3) Untuk mengetahui perbandingan problematika pembelajaran Bahasa Arab yang terjadi antara Pondok Pesantren Modern Rahmatul Asri Kab. Enrekang dan Pondok Pesantren DDI As-Salman Kab. Sidrap. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian kualitatif dan teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi partisipan, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan melibatkan pengerjaan, pengorganisasian, pemecahan dan sintesis data serta pencarian pola, pengungkapan hal yang penting, dan penentuan apa yang dilaporkan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Problematika Pembelajaran Bahasa Arab yang terdapat di Pondok Pesantren Modern Rahmatul Asri Kab. Enrekang dan Pondok Pesantren DDI As-Salman Kab. Sidenreng Rappang adalah sebagai berikut: Problematika linguistik yaitu morfologi dan sintaks-gramatika. Problematika Non-Linguistik yaitu tenaga pendidik, motivasi dan minat belajar, metode belajar, sarana belajar, waktu belajar, dan lingkungan. (2) Pada problematika linguistik kedua pesantren memiliki persoalan yang sama baik morfologi dan sintaks-gramatika yaitu masih terdapat santri yang kurang maksimal dalam menimbang kata dalam bahasa Arab sesuai kaidah ilmu sharaf dan kurang maksimal dalam membentuk struktur kalimat sesuai kaidah ilmu nahwu, hal tersebut disebabkan karena kurang lancarnya dalam membaca Al-Qur’an. Sedangkan pada problematika non-linguistik terdapat persoalan yang sama pada kedua pesantren yaitu pada Tenaga Pendidik, oleh sebagian guru bahasa Arab memiliki latar belakang pendidikan yang tidak linear dengan Pendidikan Bahasa Arab. Metode Belajar, oleh sebagian guru masih menggunakan metode klasikal yang monoton dan Waktu Belajar yang kurang. Sementara pada persoalan yang berbeda antara kedua pesantren yaitu pada Motivasi dan Minat Belajar, Sarana Belajar, dan Lingkungan</p>Siti Hafizhah Sumadji, Herdah, Darmawati, Abd. Halim K, Hamsa
##submission.copyrightStatement##
https://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0
https://arsip-journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/Shautul-Arabiyah/article/view/39561Mon, 17 Mar 2025 01:41:58 +0000Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Video dalam Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Bahasa Arab Peserta Didik Kelas XI MAN 1 Barru
https://arsip-journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/Shautul-Arabiyah/article/view/39403
<p>Tesis ini membahas tentang pembelajaran bahasa Arab menggunakan media pembelajaran berbasis video untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar Bahasa arab Peserta didik kelas XI MAN 1 Barru. Penelitian ini termasuk jenis penelitian Asosiatif dengan pendekatan penelitian yang digunakan adalah kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI sebanyak 101 orang. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 78. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dan angket. Data yang terkumpul diolah dengan uji statistik dengan menggunakan aplikasi SPSS versi 24. Hasil penelitian ini menunjukkan: 1) Media pembelajaran Bahasa Arab berbasis video pada Peserta didik kelas XI MAN 1 Barru berada pada kategori sedang 2) Motivasi belajar Bahasa arab Peserta didik kelas XI MAN 1 Barru berada pada kategori sedang 3) Hasil belajar Bahasa arab Peserta didik kelas XI MAN 1 Barru berada pada kategori sedang 4) terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan media pembelajaran berbasis video terhadap motivasi dan hasil belajar Bahasa arab Peserta didik kelas XI MAN 1 Barru. Berdasarkan <em>output </em>SPSS dapat dilihat bahwa nilai pada kolom <em>constant</em> a adalah 22,928 dan pada kolom B 0,693 sehingga persamaan regresinya Y = a+bx atau 22.928+0,693x. Dari hasil analisis didapatkan taraf nyata (α) dan nilai tabel sebesar α=5%=0,05, dan derajat kebebasan (df) = n-1 = 31-1 = 30. Kemudian diperoleh hasil analisis t<sub>hitung</sub> = 1,974 sedangkan nilai t<sub>tabel</sub> = 1,697 artinya nilai t<sub>hitung</sub> lebih besar dari nilai <sub>ttabel</sub> (t<sub>hitung</sub> > t<sub>tabel</sub> = 1,974 > 1,697).</p>Iqrail Muhabba, Herdah, Kaharuddin, Darmawati, Halim
##submission.copyrightStatement##
https://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0
https://arsip-journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/Shautul-Arabiyah/article/view/39403Mon, 17 Mar 2025 01:49:34 +0000برنامج مشاوراة لتعليم القراءة في المعهدالعناية باسوروان
https://arsip-journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/Shautul-Arabiyah/article/view/43956
<p>Arabic is a very important language for millions of Islamic people around the world both Arabic and non-Arabic, Al- inayah pasuruan islamic boarding school is one of the islamic boarding schools that creates cadres of islamic cadres and cadres of the nation by equipping their students with learning arabic. The existence of pesantren as an uplifting educational institution is increasingly challenged to improve itself in every activity carried out in the islamic boarding school, for example in teaching practice. The learning program is one of the important factors in the continuity of learning Arabic. for successful teaching relating to the program used. Deliberations have various implementations of types of deliberations that take place in Islamic boarding schools, including as learning methods, batshul masa'il, and programs. As a learning method, deliberation has similarities with the method of class discussion or group discussion. The main problems of this study are: How is the implementation in qira'ah learning in pesantren ? This type of research is a qualitative research design of data collection in this study using observation, interviews and field notes. In this study, researchers chose the caregivers of Al Inayah Pasuruan Islamic Boarding School as informants.</p> <p> </p>Ahmad Tibbil Qulub, Nuril Mufidah
##submission.copyrightStatement##
https://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0
https://arsip-journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/Shautul-Arabiyah/article/view/43956Mon, 17 Mar 2025 01:57:33 +0000