Peningkatan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XII-2 MAN Kajuara Melalui Model Pembelajaran Example Non Example

  • Suhaeni Madrasah Aliyah Negeri 4 Bone
    (ID)
  • Anas Irwan Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar
    (ID)
  • Badaruddin Amin Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar
    (ID)
Kata Kunci: Example Non Example, Hasil Belajar

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar matematika siswa melalui penerapan model pembelajaran Example Non Example. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas terhadap siswa kelas XII-2 MAN Kajuara Kabupaten Bone yang berjumlah 31 siswa. Adapun instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar dan lembar observasi aktivitas belajar siswa. Analisis deskriptif merupakan teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini. Hasil analisis data menunjukan bahwa hasil belajar matematika siswa dengan model pembelajaran Example Non Example mengalami peningkatan dalam setiap siklusnya. Pada siklus I ketuntasan hasil belajar siswa mencapai 64,5% dan mengalami peningkatan pada siklus II sebesar 87,1%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Example Non Example mampu meningkatkan hasil belajar matematika siswa.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

Referensi

Alawiyin, E. K. (2021). Peningkatan Hasil Belajar IPA Materi Sistem Reproduksi pada Manusia melalui Model Pembelajaran Problem Based Instruction. I, 400–417.

Amar, N., Najib, A., & Febryanti. (2019). Efektivitas Metode Pembelajaran Examples non Examples terhadap Hasil Belajar Matematika. 1(2), 1–6.

Fatwa, V. C., Septian, A., & Inayah, S. (2019). Kemampuan Literasi Matematis Siswa melalui Model Pembelajaran Problem Based Instruction. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(3), 389–398. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v8i3.535

Hestavia, A., Maizora, S., & Yensy, N. A. (2019). Perbandingan Hasil Belajar antara Model Pembelajaran Example Non Examples dengan Pembelajaran Saintifik. 3(1).

Krisna, E. D., & Mery Marlinda, N. L. P. (2020). Implementasi Problem Based Learning berbantuan Google Classroom Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika. PENDIPA Journal of Science Education, 4(3), 91–97. https://doi.org/10.33369/pendipa.4.3.91-97

Kusuma, Y. W., Sulianto, J., & Purnamasari, V. (2018). Keefektifan Model Examples Non Examples Terhadap Hasil Belajar Materi Pengukuran Kelas. Mimbar Ilmu, 23(2), 167–172. https://doi.org/10.23887/mi.v23i2.16423

Oennus, T. O., Erni, & H, R. K. (2019). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Example Non Example Terhadap Hasil Belajar Matematika. Pedagogi: Jurnal Pendidikan Dasar, 7(5), 1–12.

Puspitaningsih, A., & Sujadi, A. A. (2018). Efektivitas Model Pembelajaran Example Non Example Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Prosiding Seminar Nasional Etnomatnesia, 954–959.

Rohanah, Y. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Example Non Example untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Topik Penjumlahan dan Pengurangan Dua Pecahan. Pedagogia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 14(2), 77–81. https://doi.org/10.55215/pedagogia.v14i2.6614

Sabroni, D., Koestoro, B., & Asmiati, A. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Example Non Example berbantuan Poster Comment Terhadap Pemahaman Konsep Matematis. NUMERICAL: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 2(2), 139. https://doi.org/10.25217/numerical.v2i2.315

Siregar, Y. P. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. SINASIS: Seminar Nasional Sains, 2(1), 501–508.

Sukarma, I. K., & Sani, F. R. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Instruction (pbi) untuk Meningkatkan Aktivitas dan Prestasi Belajar Siswa. Empiricism Journal, 1(2), 66–74. https://doi.org/10.36312/ej.v1i2.335

Zainal, Z., & M, S. M. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Example non Example untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas II SDN Pare-pare. 5(2), 1–7.

Diterbitkan
2023-05-31
Bagian
Vol. 5 No. 1
Abstrak viewed = 115 times