Pengaruh Disposisi Matematis terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Peserta Didik pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) deskripsi disposisi matematis peserta didik pada materi sistem persamaan linear dua variabel, (2) deskripsi kemampuan penalaran matematis peserta didik pada materi sistem persamaan linear dua variabel, (3) pengaruh disposisi matematis terhadap kemampuan penalaran matematis peserta didik pada materi sistem persamaan linear dua variabel di SMP Negeri 49 Makassar. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian ex post facto dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 49 Makassar dengan populasi 136 peserta didik kelas VIII yang terbagi atas 5 kelas, sedangkan sampel dari penelitian ini berjumlah 102 peserta didik yang dipilih menggunakan teknik sampel acak sederhana (simple random sampling). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu angket untuk disposisi matematis dan tes untuk kemampuan penalaran matematis. Teknik analisis data yang digunakan yaitu statistik deskriptif dan statistik inferensial berupa uji regresi linear sederhana. Hasil penelitian ini menunjukkan (1) disposisi matematis peserta didik kelas VIII SMP Negeri 49 Makassar berada pada kategori sedang. (2) kemampuan penalaran matematis peserta didik kelas VIII SMP Negeri 49 Makassar berada pada kategori sedang. (3) Berdasarkan uji hipotesis secara parsial untuk variabel disposisi matematis diperoleh nilai (3,493) sehingga dapat disimpulkan bahwa variabel disposisi matematis berpengaruh secara signifikan terhadap kemampuan penalaran matematis peserta didik pada materi sistem persamaan linear dua variabel di SMP Negeri 49 Makassar.
##plugins.generic.usageStats.downloads##
Referensi
Afsari, S., Safitri, I., Harahap, S. K., & Munthe, L. S. (2021). Systematic Literature Review: Efektivitas Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Pada Pembelajaran Matematika. Indonesian Journal of Intellectual Publication, 1(3), 189–197. https://doi.org/10.51577/ijipublication.v1i3.117
Akbar, P., Hamid, A., Bernard, M., & Sugandi, A. I. (2018). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Disposisi Matematik Siswa Kelas Xi Sma Putra Juang Dalam Materi Peluang. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 144–153. https://doi.org/10.31004/cendekia.v2i1.62
Azwar, S. (2012). Penyusunan Skala Psikologi Ed 2 (Ed II). Pustaka Pelajar.
Bandura, A. (1997). Self-Efficacy: The Exercise of Control. Worth Publishers.
Bernard, M., & Rohaeti, E. E. (2016). Meningkatkan Kemampuan Penalaran Dan Disposisi Matematik Siswa Melalui Pembelajaran Kontekstual Berbantuan Game Adobe Flash Cs 4.0 (Ctl-Gaf). Edusentris, 3(1), 85. https://doi.org/10.17509/edusentris.v3i1.208
Fauzan, R. A., Sarjana, K., Wulandari, N. P., & Soeprianto, H. (2022). Pengaruh Disposisi Matematis Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis pada Materi Statistika Siswa Kelas VIII MTsN 3 Mataram Tahun Ajaran 2022/2023. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(4b). https://doi.org/10.29303/jipp.v7i4b.904
Febriyani, A., Hakim, A. R., & Nadun. (2022). Peran Disposisi Matematis terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 87–100. https://doi.org/10.31980/plusminus.v2i1.1546
Hardika Saputra. (2024). Peran Orang Tua Dalam Mendukung Pembelajaran Matematika di Rumah Bagi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Arjuna : Publikasi Ilmu Pendidikan, Bahasa Dan Matematika, 2(5), 313–329. https://doi.org/10.61132/arjuna.v2i5.1230
Isrok’atun, & Rosmala, A. (2019). Model-Model Pembelajaran Matematika (B. S. Fatmawati (ed.); 2nd ed.). PT Bumi Aksara.
Maghfirah, U., Alifiani, & Nursit, I. (2021). Analisis Kemampuan Penalaran Matematik Ditinjau dari Disposisi Matematis Peserta Didik Kelas VII SMP Islamiyah Tambak Bawean pada Materi Aritmetika Sosial. Jurnal Penelitian, Pendidikan, Dan Pembelajaran, 16(19), 44–57.
Morissan. (2015). Metode Penelitian Survei. PT Fajar Interpratama Mandiri.
Nugraha, M. R., & Basuki, B. (2021). Kesulitan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP di Desa Mulyasari pada Materi Statistika. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 235–248. https://doi.org/10.31980/plusminus.v1i2.1259
Nuraini, R. (2022). Metodologi penelitian. In Metodologi Penelitian (1st ed., p. 80).
Nurfaqihah, R. R., Fatimah, A. T., & Effendi, A. (2023). Model Pembelajaran Conceptual Understanding Procedures (CUPs) Untuk meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis siswa ditinjau dari Disposisi matematis. J-KIP (Jurnal Keguruan Dan Ilmu Pendidikan), 4(2), 476. https://doi.org/10.25157/j-kip.v4i2.9016
Pramesti, S. L. D. (2020). Evaluasi Pembelajaran Matematika Pada Boarding School Berdasarkan Model Cipp. Integral: Pendidikan Matematika, 11(1), 17–32.
Pratama, D. O. (2021). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Disposisi Matematis Kelas VIII SMP Negeri 01 Seluma. IAIN Bengkulu.
Pristiwanti, D., Badariah, B., Hidayat, S., & Dewi, R. . (2022). Pengertian Pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(6), 1707–1715.
Putri, V. V. (2020). Pengaruh Disposisi Matematis terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Siswa SMA. Universitas Pendidikan Indonesia.
Rosyidah, A. S., Hidayanto, E., & Muksar, M. (2021). Kemampuan Penalaran Matematis Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal HOTS Geometri. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 10(2), 268. https://doi.org/10.25273/jipm.v10i2.8819
Shofiyyanti, R. (2015). Pengaruh kecerdasan Numerik dan Kecerdasan Visual-Spasial terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa kelas VIII di MTsN Tunggangri. Institutional Repository, UIN SATU Tulungagung, 17.
Sinaga, G., & Surya, E. (2023). Kajian Konsep , Indikator , dan Variabel Penalaran Matematis Siswa : Studi Literatur tentang Pembelajaran yang Berbasis Masalah , Discovery Learning , dan Realistic Mathematics Education. December, 1–9.
Syaban, M. (2009). Menumbuhkembangkan Daya dan Disposisi Matematis Siswa Sekolah Menengah Atas Melalui Pembelajaran Investigasi. Jurnal Pendidikan, 3(2), 129–136.
Vygotsky, L. S. (n.d.). Mind in Sosiety: The Development of Higher Physchological Processes. Harvar University Press.
Wirawan, N., Yuhana, Y., & Fatah, A. (2023). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Bentuk Literasi numerasi AKM pada Konten Bilangan Ditinjau dari Disposisi Matematis. Jurnal Cendikia, 7.3, 2715–2728.
Zalyana. (2014). Psikologi Pembelajaran. CV. Mutiara Pesisir Sumatra.