Efektivitas Penerapan Metode Pembelajaran Drill Teknik Inquiry Berbantuan IT Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik di Kelas X UPTD SMK Negeri Labuang

Penulis

  • Nur Yuliany Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
  • Wahyu Ardiyanza Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
  • Nur Khalisah Latuconsina Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar

DOI:

https://doi.org/10.24252/ajme.v7i1.56239

Kata Kunci:

Efektivitas, Metode Pembelajaran Drill, Teknik Inqury

Abstrak

Penelitian ini bertujuan: (1) Untuk mendeskripsikan gambaran hasil belajar peserta didik di UPTD SMK Negeri Labuang pada kelas yang tidak menerapkan metode Drill teknik inquiry berbantuan IT. (2) Untuk mendeskripsikan gambaran hasil belajar peserta didik di UPTD SMK Negeri Labuang pada kelas yang menerapkan metode Drill teknik inquiry berbantuan IT. (3) Untuk mendeskripsikan terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik di Kelas X UPTD SMK Negeri Labuang pada kelas yang tidak menerapkan dengan kelas yang menerapkan metode Drill teknik inquiry berbantuan IT. (4) Untuk mendeskripsikan efektifitas penerapan metode Drill teknik inquiry berbantuan IT terhadap hasil belajar peserta didik di UPTD SMK Negeri Labuang.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian quasi eksperimen dengan desain nonequivalent control group desain. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X SMK NEGERI LABUANG yang berjumlah 214 siswa yang terdiri 8 kelas. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Purposive sampling dengan perimbangan tertentu. Sampelnya adalah kelas X TKJ A sebagai kelas kontrol dan kelas X TKJ B sebagai kelas eksperimen. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui Hasil Belajar Matematika siswa berupa tes dengan menggunakan soal essai sebanyak 5 item. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif dan statistik inferensial.
Hasil analisis data deskriptif diperoleh rata-rata nilai kedua kelompok tersebut, yaitu kelas kontrol (pretest) sebesar 60,39 dan posttest sebesar 65,40, sedangkan pada kelas eksperimen sebelum perlakuan (pretest) sebesar 56,90 dan setelah perlakuan (posttest) sebesar 78,41. Sedangkan berdasarkan hasil analisis statistik inferensial diperoleh sig (2-tailed) sebesar 0,000 yang berarti lebih kecil dari α yaitu 0,05 (0,000< 0,05) dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan rata-rata Hasil belajar matematis antara kelas yang diajar menggunakan penerapan metode Pembelajaran Drill Teknik Inquiry Berbantuan IT dengan kelas yang tidak di ajar dengan metode

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Astuningtias. (2017). Penerapan Metode Drill Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas IX Materi Statistika Di SMO Kristen Rantepao. Jurnal of Holistic Education, 1(1), 17.

Darajat, Z. (2011). Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Rineka Cipta.

Djamarah, Syaiful B & Zain, A. (2014). Perspektif Islamtentang Strategi Pembelajaran. Kencana Prenada Media Group.

Drajat, Z. (2018). Profesionaliseme Guru dalam mengelola Pembelajaran di Sekolah. CV. Budi Utomo.

Eni, & Prayitno, A. (2020). Efektivitas Penerapan Metode Drill Dalam Meningkatkan Kemampuan Menghitung Peserta Didik Di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Ulum Desa Karangsari Kecamatan Weru Kabupaten Cirebon. EduBase: Journal of Basic Education, 1(1), 37.

Hamalik, O. (2013). Proses Belajar Mengajar. Bumi Aksara.

Ismail, A. (2020). Efektivitas metode drill dalam meningkatkan hasil belajar pada mata Pelajaran Matematika SD Inpres Benteng II Kab. Kep. Selayar. Alauddin University.

Jakni. (2023). Metodologi Penelitian Eksperimen Bidang Pendidikan.

M. Irfan. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Posing Berbantuan Media Pembelajaran Roda Logika. Jurnal Mathematic Paedagogicm, 1(1), 97–101.

Nugroho, W. (2020). Pendekatan Inquiry Model Drill and Practice Berbasis Aplikasi Moodle Berbantuan Video Youtube untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Peserta Didik pada Materi Limit Fungsi. Jurnal Pendidikan MIPA, 10(2), 70–80. https://doi.org/10.37630/jpm.v10i2.337

Nurlatifah. (2022). Efektivitas Penggunaan Metode Drill and Practice terhadap Kemampuan Menghafal Kosakata Bahasa Arab Siswa Kelas VIII MTs Darul Hikmah Lenggo-Lenggo Sinjai. IAI Muhammadiyah.

Purwanto, N. (2009). Administrasi dan Supervisi Pendidikan. PT Remaja Rosdakarya.

Putra, R. ., Wijayanti, N., & Mahatmanti, F. . (2017). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Android Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Inovesi Pendidikan Kimia, 11(2).

Putri, R. A., Delianti, V. I., Hendriyani, Y., & Dewi, I. P. (2024). Pengaruh Metode Drill Berbantuan E-Modul Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Aplikasi Pengolah Kata Kelas X Teknik Ketenagalistrikan SMK Negeri 1 Pariaman. Jurnal Pendidikan Tambusai.

Rusman. (2010). Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru (Kedua). PT RajaGrafindo Perkasa.

Santoro, B. . (2019). Efektivitas Penggunaan Media Penilaian Google Form Terhadap Hsil Belajar Pelajaran Tik. Prosiding Seminar Nasional: Kebijakan Dan Pengembangan Pendidikan Di Era Revolusi Industri 4.0, 288.

Sobah, Amay, & Ono. (2017). Penerapan Metode Pembelajaran Drill Untuk Mengatasi Kesulitas Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Gambar Teknik. Journal Of Mechanical Engineering Education, 4(2), 253.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. ALFABETA.

Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. In Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Alfabeta.

Sukmadinata, N. S. (2003). Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Remaja Rosdakarya.

Suprijono, A. (2012). Teori dan Aplikasi Paikem. Pustaka Pelajar.

Wijaksono, M. (2021). Metode Pembelajaran Tuntas dalam Pendidikan Perspektif Al-Quran. Nasya Ekspandinf management.

Yektyastuti, R., & Ikhsan, J. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android Pada Materi Kelarutan Untuk Meningkatkan Performa Akademik Peserta Didik SMA. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 2(1), 88–89.

Yusuf, M. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif &Penelitian Gabungan. Kencana Prenada Media Group.

Unduhan

Diterbitkan

2025-05-31

Cara Mengutip

Yuliany, Nur, Wahyu Ardiyanza, dan Nur Khalisah Latuconsina. 2025. “Efektivitas Penerapan Metode Pembelajaran Drill Teknik Inquiry Berbantuan IT Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Di Kelas X UPTD SMK Negeri Labuang ”. Alauddin Journal of Mathematics Education 7 (1):10-24. https://doi.org/10.24252/ajme.v7i1.56239.

Terbitan

Bagian

Artikel