Perbandingan Kemampuan Penalaran Matematis Antara Penerapan Model Jigsaw Dan Model CORE
DOI:
https://doi.org/10.24252/ajme.v7i1.56907Kata Kunci:
CORE, Jigsaw, Kemampuan Penalaran MatematisAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk melihat serta menganalisa perbedaan kemampuan penalaran matematis siswa SMP Negeri 1 Majene terkhususnya kelas VII sehingga diterapkannya model pembelajaran yang sanggup meningkatkan kemampuan siswa dalam mengatur konsep penyelesaian permasalahan. Metode yang dipakai yaitu quasi-experimental design memerlukan 2 kelas yang dibagikan menjadi kelas Jigsaw dan CORE dengan desain penelitiannya nonequivalent control grup design. Penarikan sampel dikerjakan dengan simple random sampling alasannya individu karakteristiknya bersifat homogeny dimana tidak ada yang namanya kelas unggulan. Dalam menganalisis ada 2 teknik yang digunakan yaitu statistic descriptive dan statistic inferential. Hasil analisisnya secara statistik inferensial menampilkan bahwa kemampuan penalaran matematis antara model jig saw berbeda dengan model CORE. Hasil ini tercermin dari keadaan siswa saat penerangan pelajaran, siswa sangat bertanggung jawab, bersikap produktif dan sangat senang dengan pembelajaran yang menarik walaupun jika membandingkan model jigsaw dan model CORE yang diterapkan maka model kooperatif tipe jigsaw lah yang lebih tinggi peningkatan kemampuan penalarannya.
Unduhan
Referensi
Amin, B., Fatmah, N., Ahmad, Z. F., Dian, A., Ruslan, & Bernard. (2024). Pengaruh Habits of Mind Matematis terhadap Prestasi Belajar Kognitif Mahasiswa Pendidikan Matematika. Caradde: Jurnal Inspirasi Dan Inovasi Guru, 2(1), 36–45. https://iforesomatahari.org/jur nal/index.php/caradde/article/v iew/31
Amin, B., Hikmah, N., Wandari, S., & Kusumayanti, A. (2023). Didactical Situation Analysis of Mathematical Literacy Skills Based on Students ’ Learning Obstacles on Space and Shape Content. Proceedings of the 3rd International Conference on Social and Islamic Studies, 627–644.
Baharuddin, Amin, B., Ibrahim, Sudarmin, Rizki, M., Hidayat, M. N., & Masnaeni. (2025). Implementasi Media Pembelajaran Matematika Berbasis Augmented Reality pada Materi Transformasi Geometri di SMA Insan Cendekia Syech Yusuf Gowa. KHIDMAH: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Implementasi, 5(1), 59–70.
Cahyani, N. D., & Sritresna, T. (2023). Kemampuan penalaran matematis siswa dalam menyelesaikan soal cerita. Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika: PowerMathEdu, 2(1), 103–112. https://doi.org/10.31980/powermathedu.v2i1.2720
Hakim, L., Sukestiyarno, & Dwidayantia, N. K. (2019). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis pada Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Modul Komik Etnomatematika. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana UNNES, 1999, 1003–1007.
Hermanudin, H. (2019). Implementasi Model Pembelajaran Core Dan Kendalanya Pada Materi Teks Cerita Fabel. Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia, 7(1), 25. https://doi.org/10.30659/j.7.1.25-37
Lestari, R., Musa, L. A. D., & Ihsan, M. (2023). Kemampuan Penalaran Matematis dalam Model Pembelajaran Connecting, Organizing, Reflecting, Extending (CORE) pada Siswa. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 12(4), 993–1016.
Majid, A. F., Baharuddin, Nursalam, Tayeb, T., Mattoliang, L. A., Kusumayanti, A., & Amin, B. (2024). Development of Augmented Reality-Based Mathematics Learning Media to Facilitate Students’ Mathematical Computational Thinking Skills. MaPan : Jurnal Matematika Dan Pembelajaran, 12(2), 416–439.
Melinda, K., & Dewi, T. A. (2021). Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran CORE (Connecting, Organizing, Reflecting, Extending) Berbantu Multimedia Interaktif terhadap Hasil Belajar Ekonomi. JURNAL PROMOSI: Jurnal Pendidikan Ekonomi UM Metro, 9(1), 76–82. https://doi.org/10.22141/2224-0721.16.4.2020.208486
Nasriyanti, R., Cahyaningsih, U., & Nahdi, D. S. (2021). Pentingnya Model CORE terhadap Pemahaman Konsep pada Mata Pelajaran IPA. Seminar Nasional Pendidikan FKIP UNMA.
Oktaviana, V., & Aini, I. N. (2021). Deskripsi Kemampuan Penalaran Matematis Siswa SMP Kelas VIII. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 4(3), 587–600. https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i3.587-600
Rahmah, S., Nasution, W. N., & Lubis, M. S. (2022). Perbedaan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Antara Model Pembelajaran Jigsaw dan Ropes. Relevan: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2).
Sabar, M., Latuconsina, N. K., Angriani, A. D., Suharti, & Amin, B. (2023). Efektivitas Model Problem Based Learning terhadap Pemahaman Konsep Matematika Peserta Didik. Al Asma : Journal of Islamic Education, 5(1), 1–11. https://doi.org/10.24252/asma.v5i1.37652
Suhaeni, Irwan, A., & Amin, B. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XII-2 MAN Kajuara Melalui Model Pembelajaran Example Non Example. Alauddin Journal of Mathematics Education, 5(1), 13–21.
Sujono, H. (2019). Penerapan Model Pembelajaran KooperatifTipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Siswa. Ta’dib: Jurnal Pendidikan Islam Dan Isu-Isu Sosial, 17(1), 1–21.
Sukmawati, Jamaludin, Alanur, S. N., Saskia, Japar, D., Salsabila, Z., Setiawati, L., Santika, Jannah, S. Z., & Amir, H. (2025). Penerapan Model Pembelajaran Koperatif Tipe Jigsaw Dalam Meningkatkan Minat Belajar di SMPN 19 Palu. Aurelia: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat Indonesia, 4(1), 701–707.
Syam, A. A. M., Amin, B., Qoniah, S., Angriani, A. D., & Bernard. (2023). Pengaruh Persepsi Peserta Didik Tentang Kinerja Guru dan Kemampuan Numerik Terhadap Hasil Belajar Matematika. Caradde: Jurnal Inspirasi Dan Inovasi Guru, 1(2), 88–100. https://iforesomatahari.org/jur nal/index.php/caradde/article/v iew/10
Syamsuddin, S., Tayeb, T., Rasyid, M. R., Abrar, A. I. P., & Amin, B. (2022). Efektivitas Pendekatan Pembelajaran Problem Posing Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Al Asma : Journal of Islamic Education, 4(2), 84–94. https://doi.org/10.24252/asma.v4i2.30638
Turnip, M. P., Barus, R. W., & Naibaho, T. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dengan Bantuan Media Grafis terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Peserta Didik pada Materi Fungsi …. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6, 14929–14941. https://www.jptam.org/index.php/jptam/article/view/4770%0Ahttps://www.jptam.org/index.php/jptam/article/download/4770/4043
Zebua, N. B., Lahagu, A., Telaumbanua, W. A., & Laoli, B. (2024). Penerapan Model Pembelajaran Core dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran IPS Terpadu Kelas VIII SMP Negri 4 Gunungsitoli. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Humanis, 4(3), 1103–1112. https://doi.org/10.37481/jmh.v4i3.1047