Pengaruh Pendekatan Saintifik Berbantuan Ice breaking Terhadap kemampuan Berpikir Visual Peserta Didik Kelas X di MAN 1 Soppeng
DOI:
https://doi.org/10.24252/ajme.v7i1.57329Kata Kunci:
Pendekatan Saintifik, Ice breaking, Kemampuan Berpikir VisualAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui kemampuan berpikir visual peserta didik dengan pendekatan saintifik yang berbantuan ice breaking, (2) mengetahui kemampuan berpikir visual peserta didik dengan pendekatan saintifik yang tidak berbantuan ice breaking, (3) mengetahui perbedaan pengaruh pendekatan saintifik antara peserta didik yang berbantuan ice breaking dan tidak berbantuan ice breaking terhadap kemampuan berpikir visual peserta didik kelas X di MAN 1 Soppeng, dan (4) mengetahui manakah yang lebih baik antara peserta didik dengan pendekatan saintifik yang berbantuan ice breaking dan yang tidak berbantuan ice breaking terhadap kemampuan berpikir visual peserta didik kelas X di MAN 1 Soppeng. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif jenis penelitian quasi experiment dengan desain Non-Equivalent Control Group Desain. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas X MAN 1 Soppeng tahun ajaran 2024/2025. Sampel pada penelitian ini adalah kelas X. 1 sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 29 orang peserta didik dan kelas X.2 sebagai kelas kontrol dengan jumlah 28 orang peserta didik. Pengumpulan data menggunakan tes uraian, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan Independent Sampel T-tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Kemampuan berpikir visual peserta didik dengan pendekatan saintifik berbantuan ice breaking mengalami peningkatan dilihat pada rata-rata hasil posstest lebih tinggi yaitu 87.24 dibandingkan rata-rata hasil pretest peserta didik yaitu 64.90. (2) Kemampuan berpikir visual peserta didik dengan pendekatan saintifik yang tidak berbantuan ice breaking, diperoleh hasil bahwa rata-rata hasil posstest peserta didik lebih tinggi yaitu 85.25 dibandingkan rata-rata hasil pretest peserta didik yaitu 59.54. (3) Terdapat perbedaan pengaruh pendekatan saintifik dengan berbantuan ice breaking dan yang tidak berbantuan ice breaking terhadap kemampuan berpikir visual peserta didik kelas X di MAN 1 Soppeng. (4) Penerapan pendekatan saintifik yang berbantuan ice breaking lebih tinggi yaitu 63,58% dengan kategori cukup efektif dibandingkan kelas kontrol yang tidak berbantuan ice breaking yaitu 61,47% dengan kategori cukup efektif.
Unduhan
Referensi
Afsari, Sisca, Islamiani Safitri, Siti Khadijah Harahap, and Lia Sahena Munthe. 2021. “Systematic Literature Review: Efektivitas Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Pada Pembelajaran Matematika.” Indonesian Journal of Intellectual Publication 1(3):189–97. doi: 10.51577/ijipublication.v1i3.117.
Alhudri, Mayzi, Said Said, and Heriyanto Heriyanto. 2022. “Pengaruh Penerapan Ice breaking Terhadap MInat Dan Hasil Belajar Matemaatika Siswa Kelas XI Di SMK Wira Harapan.” Indonesian Journal of Education Development 3(2):240.
Arikunto. 2013. “Sistem Informasi Manajemen.” Pp. 1–387 in.
Fransiska, Bella. 2020. “Pengembangan Teknik Pembelajaran Ice breaking Untuk Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik Pada Kelas IV Di SD/MI.” 1–59.
Harianja, May Muna, and Sapri Sapri. 2022. “Implementasi Dan Manfaat Ice breaking Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Sekolah Dasar.” Jurnal Basicedu 6(1):1324–30. doi: 10.31004/basicedu.v6i1.2298.
Irwanto, Irwanto. 2021. “Perancangan Sistem Informasi Sekolah Kejuruan Dengan Menggunakan Metode Waterfall (Studi Kasus SMK PGRI 1 Kota Serang-Banten) Irwanto.” Lectura: Jurnal Pendidikan 12(1):86–107.
Maghfirah, Ira, Mislinawati Mislinawati, and M. Yamin. 2023. “Hambatan Guru Dalam Menerapkan Pendekatan Saintifik Pada Pembelajaran Tematik Di Kelas III SD Negeri 2 Jeumpet Aceh Besar.” 8(3):248–57.
Pujiarti, Titi. 2022. “Pengaruh Penggunaan Teknik Ice breaking Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar.” Ainara Journal (Jurnal Penelitian Dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan) 3(1):30–35. doi: 10.54371/ainj.v3i1.113.
Purwaningsih, Indriyati Eko, Ryan Sugiarto, and Sulistyo Budiarto. 2023. “Kesejahteraan Psikologis Dalam Hubungannya Dengan Kecemasan Dan Dukungan Sosial.” SOSIOHUMANIORA: Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial Dan Humaniora 9(1):1–16. doi: 10.30738/sosio.v9i1.13427.
Setiawan, Adib Rifqi. 2019. “Penerapan Pendekatan Saintifik Dalam Pembelajaran Biologi Sebagai Upaya Melatih Literasi Saintifik.” Seminar Nasional Biologi “Inovasi Penelitian Dan Pendidikan Biologi II (IP2B III) 2019” (IP2B III):140–45.
Syarifuddin, Syarifuddin, Hasan Basri, M. Ilham, and Ade Fitri Fauziah. 2021. “Efektifitas Pembelajaran Daring Mahasiswa Pendidikan Matematika Ditengah Pandemi Covid-19.” JagoMIPA: Jurnal Pendidikan Matematika Dan IPA 1(1):1–8. doi: 10.53299/jagomipa.v1i1.16.
Wahyuni, Sri. 2021. “Rendahnya Kemampuan Berpikir Visual Siswa Indonesia Disebabkan Oleh Faktor Lingkungan.”
Widyaningrum, Rosfida Ariana, Ervina Eka Subekti, and Sumiyatun Sumiyatun. 2024. “Keefektifan Model Pembelajaran PBL Berbantu Ice breaking Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SDN Peterongan Semarang.” 8(2023):83–91.
Wiyanti, Wiyanti, Indah Emilia, Sri Wahyuni, and Yeni Susanti. 2018. Dasar-Dasar Aljabar Linear Dan Penggunaannya Dalam Berbagai Bidang.
Zuhaery, Muhammad, Dian Hidayati, and Muhammad Hidayat. 2024. “Penerapan Ice breaking Dalam Proses Pembelajaran Sebagai Pengalaman Belajar Yang Menyenangkan.” Academy of Education Journal 15(2):1412–17. doi: 10.47200/aoej.v15i2.2492.