Deskripsi Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik Sekolah Menengah Pertama Pada Materi Bangun Datar Segi Empat

Penulis

  • Nurhalifah Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
  • A. Ika Prasasti Abrar Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
  • Nidya Nina Ichiana Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar

DOI:

https://doi.org/10.24252/ajme.v7i1.57336

Kata Kunci:

Pemahaman Konsep, Bangun Datar Segi Empat

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan pemahaman konsep matematis dilihat dari indikator kemampuan pemahaman konsep yaitu, interpretasi (interpreting), mengklasifikasikan (classifying), membuat kesimpulan (inferring), membandingkan (comparing), mencontohkan (exemplifying) pada materi bangun datar segi empat pada pesera didik kelas VII SMPN 1 BOLO. Penelitian menggunakan penelitian deskriptif kuantitatif. Instrumen dalam penelitian ini ada instrumen tes yang berbentuk uraian (essay) dengan jumlah 25 butir soal yang diberikan kepada peserta didik. Subjek uji coba penelitian ini adalah peserta didik kelas VII SMPN 1 BOLO yang berjumlah 54 orang peserta didik. Hasil penelitian ini diketahui bahwa, 1.) Kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik pada aspek Interpretasi (interpreting) adalah diperoleh rata-rata sebesar 8,89 dengan variansi 1,912 sebagian besar nilai mendekati rata-rata dan standar deviasi 1,383 yang menunjukkan bahwa data yang tersebar tidak jauh dari nilai rata-rata. 2.) Kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik pada aspek Mengklasifikasikan (Classifying) adalah diperoleh Rata-rata sebesar 7,96 dengan variansi sebesar 2,489 sebagian besar nilai mendekati rata-rata dan standar deviasi 1,578 yang menunjukkan bahwa data yang tersebar tidak jauh dari nilai rata-rata. 3.) Kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik pada aspek membuat kesimpulan (Inferring) adalah diperoleh Rata-rata sebesar 16,50 dengan variansi sebesar 12,481 sebagian nilai mendekati rata-rata dan standar deviasi 3,533  menunjukkan bahwa data yang tersebar tidak jauh dari nilai rata-rata. 4.) Kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik pada aspek membandingkan (Comparing) adalah diperoleh Rata-rata sebesar 13,72 dengan variansi sebesar 11,412 sebagian nilai mendekati rata-rata dan standar deviasi 3,378  yang menunjukkan bahwa data yang tersebar tidak jauh dari nilai rata-rata. 5.) Kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik pada aspek mencotohkan (Exemplifying) adalah diperoleh Rata-rata sebesar 16,94 dengan variansi sebesar 9,563 sebagian nilai mendekati rata-rata dan standar deviasi 3,092  yang menunjukkan bahwa data yang tersebar tidak jauh dari nilai rata-rata.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Afriliziana, L. A., & Kartini, K. (2021). Analysis of Students’ Ability to Understand Mathematics Concepts for Class VIII SMP/MTS. (JIML) JOURNAL OF INNOVATIVE MATHEMATICS LEARNING, 4(2), 49–62. https://doi.org/10.22460/jiml.v4i2.p49-62

Aisyah, N., & Firmansyah, D. (2021). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMP pada Materi Bangun Datar Segiempat. MAJU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 8(1), 403–410. https://media.neliti.com/media/publications/503200-none-c919fc5c.pdf

Arikunto, S. (2013). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Dewi, A. C., Putra, A., Rante, H. T., Bastian, M. A., Rafsanjani, M. R., & Kurniawan, F. (2024). Pendidikan Dalam Upaya Memajukan Teknologi. JIMA: Jurnal Ilmiah MahasiswaResearch Findings, Literature Review, and Systematic Review, 2(1), 24–44. https://doi.org/10.24090/jk.v1i1.530

Dewi, D. A. (2023). Penerapan Standar Isi, Standar Proses, Dan Standar Kompetensi Lulusan Sebagai Standar Mutu Pendidikan MTs Nu Puteri 3 Buntet Pesantren Cirebon. Tsaqafatuna, 5(2), 123–132. https://doi.org/10.54213/tsaqafatuna.v5i2.240

Diani, S. F., Maulidiya, D., & Susanta, A. (2019). Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa Kelas Vii a Smpn 6 Kota Bengkulu Setelah Memperoleh Pembelajaran Discovery Learning. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 3(3), 362–373. https://doi.org/10.33369/jp2ms.3.3.362-373

Fatmiyati, N., & Juandi, D. (2023). Efektivitas Flipped Classroom Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep dan Berpikir Kritis Matematis: Systemtic Literature Review. JPMI: Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 6(3), 1161–1176. https://doi.org/10.22460/jpmi.v6i3.17405

Jihad, A. (2012). Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Pressindo.

Lestari, K. E. (2015). Penelitian Pendidikan Matematika.

Mawaddah, S., & Maryanti, R. (2016). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMP dalam Pembelajaran Menggunakan Model Penemuan Terbimbing (Discovery Learning). EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1). https://doi.org/10.20527/edumat.v4i1.2292

Saputra, J., Amalia, R. N., & Fisher, D. (2024). Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Smp Melalui Model Learning Cycle 7E Berbantuan Quizizz. Symmetry: Pasundan Journal of Research in Mathematics Learning and Education, 9(1), 72–85. https://doi.org/10.23969/symmetry.v9i1.8859

Sudjana, N., & Rivai, A. (2014). Media Pengajaran Cetakan Ke-12. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Syaifar, M. H., & Roza, Y. (2022). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Ditinjau dari Gender. 06(01), 519–532.

Unduhan

Diterbitkan

2025-05-31

Cara Mengutip

Nurhalifah, A. Ika Prasasti Abrar, dan Nidya Nina Ichiana. 2025. “Deskripsi Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik Sekolah Menengah Pertama Pada Materi Bangun Datar Segi Empat”. Alauddin Journal of Mathematics Education 7 (1):65-79. https://doi.org/10.24252/ajme.v7i1.57336.

Terbitan

Bagian

Artikel