Efektivitas Model Pembelajaran Case Based Learning (CBL) Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis dan Kemampuan Prosedural Matematis

Penulis

  • Rahmatullaili UIN Alauddin Makassar
  • Nursalam Nursalam Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
  • A. Sriyanti Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
  • A. Eritme Yustika Abrar Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar

DOI:

https://doi.org/10.24252/ajme.v7i1.57338

Kata Kunci:

Case Based Learning (CBL), Mathematical Communication Skills, Mathematical Procedural Skills

Abstrak

Penelitian ini memiliki tujuan yaitu untuk mengetahui kemampuan komunikasi matematis dan kemampuan prosedural matematis peserta didik yang menerapkan model pembelajaran Case Based Learning (CBL) dengan model pembelajaran Discovery Learning di MTsN Gowa.  Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian kuasi eksperimen. Sampel pada penelitian ini adalah peserta didik kelas VII MTsN Gowa yang terdiri dari 2 kelas dan berjumlah 58 peserta didik, instrumen tes yang digunakan untuk mengetahui kemampuan komunikasi matematis dan kemampuan prosedural matematis peserta didik yaitu soal rasio berbentuk uraian. Analisis data yang dilakukan dengan Uji Independent Sample T-test.  Hasil penelitian menunjukan bahwa kemampuan komunikasi matematis dan kemampuan prosedural matematis peserta didik yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran Case Based Learning (CBL) dan model pembelajaran Discovery Learning terdapat perbedaan, dilihat dari hasil uji Independent Sample T-test diperoleh nilai kemampuan komunikasi matematis nya Sig. (2 tailed) = 0,001. Karena nilai Sig (2 tailed) < 0,05 dan diperoleh nilai kemampuan prosedural matematisnya Sig. (2 tailed) = 0,000. Karena nilai Sig (2 tailed) < 0,05, maka  ditolak sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan rata-rata kemampuan komunikasi matematis dan kemampuan prosedural peserta didik antara kelas dengan model pembelajaran case based learning (CBL) dengan kelas yang menggunakan pembelajaran Discovery Learning. Selanjutnya, karena hasil nilai N-Gain Skor kemampuan komunikasi matematis Sig. (2 tailed) = 0,471. Sedangkan hasil nilai N-Gain Skor kemampuan prosedural matematis Sig. (2 tailed) = 0,025, Karena nilai Sig (2 tailed) < 0,05, maka  Karena nilai Sig (2 tailed) < 0,05, maka  ditolak maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran case based learning (CBL) lebih efektiv dalam meningkatkan kemampuan komunikasi matematis dan kemampuan prosedural matematis peserta didik.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Aminah, S., Wijaya, T. T., & Yuspriyati, D. (2018). ANALISIS KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA KELAS VIII PADA MATERI HIMPUNAN. Journal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 15–22.

Aprianti. (2019). Efektifitas Kelancaran prosedural matematis.

Desi Haryanti. (2013). MEMPERBAIKI PENGETAHUAN DAN KEMAMPUAN PROSEDURAL SISWA MELALUI METODE PENUGASAN BERBASIS KESALAHAN. Integration of Climate Protection and Cultural Heritage: Aspects in Policy and Development Plans. Free and Hanseatic City of Hamburg, 26(4), 1–37.

Dian Nur Antika, Maya Kartika Sari. (2023). Efektifitas Model Case Based Learning (CBL) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Pada Pembelajaran Tematik Kelas V Di SDN 03 Madiun Lor.

Eka Damayanti. (2018). KELANCARAN PROSEDURAL MATEMATIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL OPERASI BENTUK ALJABAR.

Fitri Jannatul Laili. (2019). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Peserta didik ditinjau dari kemampuan koneksi matematika.

Hasan, M. I. (2012). Pokok-pokok Materi Statistik 2 (Statistik Inferensial).

Nurhasanah, R. A., Waluya, S. B., & Kharisudin, I. (2019). Kemampuan Komunikasi Matematis dalam Menyelesaikan Masalah Soal Cerita. Seminar Nasional Pascasarjana 2019, 2017, 769–775.

Nuryadi, Astuti, T. D., Utami, E. S., & Budiantara, M. (2017). Buku ajar dasar-dasar statistik penelitian.

Purnama, F. B., & Ardiansyah, A. S. (2023). Buku Ajar Matematika Berorientasi STEM Context Terintegrasi Challenge Based Learning Berbantuan Google Site Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis. Prosiding Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika, 309–320.

Purnawati, L., Damayani, A. T., & . K. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Macam-Macam Gaya. Journal for Lesson and Learning Studies, 2(1), 64–72. https://doi.org/10.23887/jlls.v2i1.17322

Risa Nursamsih Lubis, Meiliasari, Wardani Rahayu. (2023). Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa pada Pembelajaran Matematika.

Safika. (2022). Efeksivitas Penggunaan Model Pembelajaran Cooperative Script Pada Peningkatan Hasil Belajar Matematika Kelas X SMAN 10 Pinrang. 9, 356–363.

Safitri, A., & Lestari, K. E. (2022). Analisis Kelancaran Prosedural Matematis Siswa Berdasarkan Kemandirian Belajar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 8(2), 444–452. https://doi.org/10.31949/educatio.v8i2.1979

Supriadi, G. (2021). Penelitian Pendidikan Metod1.pdf. UNY Press.

Wijaya, H., & Arismunandar, A. (2018). Pengembangan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Berbasis Media Sosial. Jurnal Jaffray, 16(2), 175. https://doi.org/10.25278/jj71.v16i2.302

Unduhan

Diterbitkan

2025-05-31

Cara Mengutip

Rahmatullaili, Nursalam Nursalam, A. Sriyanti, dan A. Eritme Yustika Abrar. 2025. “Efektivitas Model Pembelajaran Case Based Learning (CBL) Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Dan Kemampuan Prosedural Matematis ”. Alauddin Journal of Mathematics Education 7 (1):80-98. https://doi.org/10.24252/ajme.v7i1.57338.

Terbitan

Bagian

Artikel