Hadis Menuntut Ilmu Bagi Wanita sebagai Refleksi Kesetaraan Gender dalam Kajian Hukum Islam
Abstrak
Menuntut ilmu memberikan peluang bagi wanita untuk berbagi pengetahuan dan pemahaman tentang agama serta kearifan sosial. Hal ini dapat meningkatkan keimanan, mendukung kemajuan sosial, berkontribusi dalam berbagai bidang yang bermanfaat bagi umat, dan menjadikan wanita sebagai teladan penting bagi generasi penerus. Secara spesifik, artikel ini membahas kedudukan dan kewajiban menuntut ilmu bagi wanita berdasarkan hadis Rasulullah saw., refleksi wanita dalam menuntut ilmu, serta perannya dalam kehidupan sosial menurut pandangan Rasulullah saw. Artikel ini disusun menggunakan metode penelitian kualitatif berbasis studi pustaka, dengan sumber utama berupa literatur yang relevan dengan fokus penelitian. Pendekatan tematik digunakan untuk memahami hadis mengenai kewajiban menuntut ilmu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan bagi wanita dalam Islam merupakan kewajiban yang setara dengan pria, berlandaskan ajaran agama yang menempatkan ilmu sebagai fondasi keimanan dan ketakwaan. Nabi Muhammad saw. menekankan pentingnya ilmu bagi setiap Muslim tanpa memandang gender, menjadikannya sarana utama untuk pemahaman agama dan peningkatan peran sosial.
Referensi
Afif, Zihnil, Devi Syukri Azhari, Edi Safitri, and Rehani. “Muhammad Rasulullah Saw Sebagai Tokoh Revolusioner Sejarah Pendidikan Perempuan Dalam Perspektif Hadis.” Innovative: Journal Of Social Science Research 3, no. 2 (2023): 1990–2002. https://j-innovative.org/index.php/Innovative.
Ahmadi, Sidiq. “Perjanjian Hudaibiyah Sebagai Model Kepatuhan Terhadap Perjanjian Internasional Dalam Perspektif Islam.” Jurnal Hubungan Internasional 4, no. 2 (2015): 162–70. http://dx.doi.org/10.18196/hi.2015.0076.162-170.
Al-‘Asqalani, Ibn Hajar. Al-Isabah Fi Tamyiz Al-Sahabah. 4th ed. Beirut: Dar al-Kutub al-‘Ilmiyyah, 1995.
Al-Hajjaj, Muslim bin. Sahih Muslim. Beirut: Dar al-Kutub al-Ilmiyyah, n.d.
Alimni, and Hamdani. “Peran Perempuan Dalam Dunia Pendidikan Pada Masa Rasulullah Saw.” Jurnal Hawa: Studi Pengarus Utamaan Gender Dan Anak 3, no. 2 (2021): 53–62.
Al-Istanbuli, Mahmoud Mahdi. Perempuan-Perempuan Agung Di Sekitar Rasulullah. Jakarta: Gema Insani, 2002.
Al-Shafi’i, Diwan al-Imam. ديوان الإمام الشافعي. Kairo: Dar al-Fikr, n.d.
Alviansyah, Ilham Firdaus, Abas Mansur Tamam, and Nirwan Syafrin. “Konsep Pendidikan Perempuan Menurut Hadis-Hadis Dalam Kitab Riyadhus Shalihin Karya Imam An-Nawawi.” Jurnal Tawazun 10, no. 1 (2017): 71–88.
Asyari, Farida, and Baidhillah Riyadhi. “Hak Pendidikan Perempuan Menurut Fuqaha’ Syafi’iyah Dengan Perspektif Gender.” Gender Equality: Internasional Journal of Child and Gender Studies 6, no. 1 (2020): 27–50.
Audah, Ali. Teladan Kaum Muslimah Sepanjang Masa. Jakarta: Pustaka Al-Kautsar, 2008.
Ernawati, Ginting, Alwi Khomaid Akbar, M Agil Srg, and Uday Hasim. “Peran Wanita Dalam Pengumpulan Dan Penyebaran Hadis.” Al Mikraj: Jurnal Studi Islam Dan Humaniora 5, no. 1 (2024): 115–26. https://doi.org/10.37680/almikraj.v5i1.5544.
Erviena, Erlies. “Kepemimpinan Perempuan Dalam Al-Qur’an: Reinterpretasi Pemikiranm Quraish Shihab Tentang Konsep Al-Qawwâmah Dengan Perspektif Qirâ’ahmubâdalah.” Institut PTIO Jakarta, 2021.
Fauzi, Muhamad, Muhammad Yoga Firdaus, and Susanti Vera. “Akhlak Menuntut Ilmu Menurut Hadis Serta Pengaruh Zaman Terhadap Akhlak Para Peserta Didik.” Jurnal Riset Agama 1, no. 3 (2021): 600–611. https://journal.uinsgd.ac.id/index.php/jra.
Fayuni, Badriyah. Kepemimpinan Perempuan Dalam Islam: Tinjauan Berbagai Perspektif. 1st ed. Bogor: Penerbit Cendikia, 2022.
Fuadah, Farah Rose. “Peran Wanita Karier Dalam Prespektif Hadis.” Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember, 2023.
Hidayati. “Pemberdayaan Perempuan Pada Masa Rasulullah: Suatu Kajian Historis.” STIQ Ar-Rahman Bogor, n.d.
Huda, Thoriqul, Siti Patimah, and Chairul Amriyah. “Perempuan Dalam Pandangan Islam Sebagai Pendidik Menurut Quraish Shihab.” At-Tajdid: Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran Islam 8, no. 1 (2024): 105–16.
Hulukati, Wenny. “Peran Lingkungan Keluarga Terhadap Perkembangan Anak.” Musawa 7, no. 2 (2015): 265–82.
Imam Adz-Dzahabi. Siyar A’lam an-Nubala'. 5th ed. Beirut: Mu’assasah ar-Risalah, n.d.
Izzuddin, Ahmad. “Peran Sayyidah ‘Aisyah Dalam Pembentukan Hukum Islam Berwawasan Gender.” Egalita Jurnal Kesetaraan Dan Keadilan Gender 7, no. 1 (2012): 1–21.
Khasanah, Wikhdatun. “Kewajiban Menuntut Ilmu Dalam Islam.” Jurnal Riset Agama 1, no. 2 (2021): 297–307. 10.15575/jra.v1i2.14568https://journal.uinsgd.ac.id/index.php/jra.
L, Sulemang. “Pendidikan Kaum Wanita Dalam Hadis (Telaah Hadis Riwayat ‘Aisyah).” Shautut Tarbiyah 32, no. 21 (2015): 145–60.
Lusiana, and Aulia Maharani. “Peran Pendidikan Islam Dalam Pemberdayaan Perempuan.” Jurnal Ilmiah Multidisiplin 2, no. 2 (2024): 104–15.
Milya, & Asmendri. “Penelitian Kepustakaan (Library Research).” Natural Science: Jurnal Penelitian Bidang IPA Dan Pendidikan IPA 6, no. 1 (2020).
Mufida, Nanik, Abdul Kholid Achmad, and Shobikhul Qisom. “Konsep Pendidikan Perempuan Dalam Prespektif Islam.” Conscilience: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat 2, no. 1 (2024): 19–36. Education,;Women; Islamic Perspectiv.
Muhsin, Masrukhin, and Inah. “Perempuan Dan Periwayatan Hadis (Studi Tentang Peran Aisyah Dalam Periwayatan Hadis).” Jurnal Al-Fath 8, no. 1 (2014): 55–91.
Muslimah. “Pendidikan Perempuan Dalam Persfektif Islam.” Jurnal Aktualita 9, no. 1 (2018): 48–61.
Nugraha, Muhamad Tisna. “Aisyah Sebagai Figur Emansipasi Perempuan Dunia.” Raheema: Jurnal Studi Gender Dan Anak 6, no. 2 (2019): 217–26.
Nurlina. “Peran Wanita Dalam Pendidikan Anak Perspektif Islam.” Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Watampone, n.d.
Purnomo, and Putri Irma Solikhah. “Konsep Dasar Pendidikan Islam Inklusif : Studi Tentang Inklusivitas Islam Sebagai Pijakan Pengembangan Pendidikan Islam Inklusif.” J-PAI: Jurnal Pendidikan Agama Islam 7, no. 2 (2021): 114–27. 10.18860/jpai.v7i2.13286.
Rahman, Syarifah. Pendidikan Bagi Perempuan (Suatu Analisis Dalam Perspektif Islam). Medan: CV. Pusdikra Mitra Jaya, 2021.
Rahmana, Sitto, Syafruddin Nurdin, and Eka Putra Wirman. “Pergerakan Perempuan Minangkabau Untuk Kemajuan Pendidikan Perempuan Di Sumatra Barat.” Universitas Islam Negeri Bukit Tinggi, 2021.
Rasyid, A.S. Manajemen Kepemimpinan Islami. Jakarta: Pustaka Al-Kautsar, 2015.
Rosita, Ita. “Peran Perempuan Sebagai Pendidik.” UIN Raden Intan Lampung, 2017.
S, Andi Bahri. “Perempuan dalam Islam (Mensinerjikan Antara Peran Sosial Dan Peran Rumah Tangga).” Jurnal Al-Maiyyah 8, no. 2 (2015): 179–99.
Sari, Emilia. “Langkah-Langkah Studi Hadis Tematik.” Jurnal Al-Dirayah 9, no. 1 (2022): 1–12.
Siregar, Rini Wahyuni. “Perspektif Tentang Kedudukan Wanita Dalam Islam Dan Peran Sosial Wanita Dalam Islam.” At-Tarbiyah: Jurnal Penelitian Dan Pendidikan Agama Islam 1, no. 1 (2023): 140–46.
Sugirma, and Agustang K. “Antara Khadijah Dan Aisyah (Teladan Moderasi Beragama Persfektif Gender).” Al-Wardah: Jurnal Kajian Perempuan, Gender Dan Agama 14, no. 1 (2020): 45–64.
Sumar, Warni Tune. “Implementasi Kesetaraan Gender Dalam Bidang Pendidikan.” Musawa 7, no. 1 (2015): 158–82.
Susilo, Suko. “Kontribusi Perempuan Dalam Pembaharuan Sistem Sosial Di Masa Nabi Muhammad Perspektif Anthony Giddens.” Asketik: Jurnal Agama Dan Perubahan Sosial 7, no. 1 (2023): 39–62. https://doi.org/10.30762/asketik.v7i1.1052.
Syamaun, Syukri. “Konsep Kesetaraan Dalam Wacana Al-Qur’an (Hubungan Hak Dan Kewajiban Laki-Laki Dan Perempuan).” Jurnal Al-Bayan 22, no. 34 (2016): 11–26.
Tansya, Fawziyah, Salminawati, and Usiono. “Pendidikan Wanita Dalam Perspektif Filsafat Pendidikan Islam.” Munaddhomah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 3, no. 4 (2022): 407–9. https://doi.org/10.31538/munaddhomah.v3i4.325.
Waty, Evy Ratna Kartika, Mega Nurrizalia, Siti Nabila Elvito, Audylla Toressa, Siti Nurafifah, and Khalisha Naura. “Peran Perempuan Dalam Pendidikan.” Jurnal Pendidikan Non Formal 1, no. 4 (2024): 1–13. https://doi.org/10.47134/jpn.v1i4.495.
Wihidayati, Sri, and Yusefri. “Kecenderungan ’Aisyah R.A. Dalam Istinbath Hadis-Hadis Ahkam.” Al-Quds: Jurnal Studi Alquran Dan Hadis 4, no. 2 (2020): 2580–3190.
Ziauddin, Azzamudin. Kehidupan Sosial Istri-Istri Nabi Muhammad. Yogyakarta: LKiS, 2009.
Once an article was published in the journal, the author(s) are:
- granted to the journal right licensed under Creative Commons License Attribution that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship.
- permitted to publish their work online in third parties as it can lead wider dissemination of the work.
- continue to be the copyright owner and allow the journal to publish the article with the CC BY-NC-SA license
- receiving a DOI (Digital Object Identifier) of the work.