The Effect of The Implementation of Peer Tutoring Learning in Improving The Results of Learning in Reading The Quran of Students at UPT SMAN 9 Bulukumba

  • Mustang. H Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
Kata Kunci: Influence of Learning, Peer Tutors, Learning Outcomes, Reading the Koran

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah: 1) mendeskripsikan cara peserta didik UPT SMAN 9 Bulukumba belajar membaca Al-Qur'an melalui peer coaching. 2) mendeskripsikan tujuan pembelajaran bagi peserta didik UPT SMAN 9 Bulukumba yang gemar membaca Al-Qur'an. 3) mengevaluasi bagaimana bimbingan orang tua meningkatkan pengetahuan peserta didik dalam membaca Al-Qur'an di UPT SMAN 9 Bulukumba. Penelitian ini menggunakan perspektif psikologi agama, psikologi pendidikan dan psikologi normatif serta merupakan desain penelitian kuantitatif, contohnya post facto. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah survei dan tes hasil belajar. Analisis regresi linier sederhana digunakan untuk analisis data inferensial dan analisis data deskriptif. Berikut ini adalah hasil penelitian: 1) Pendekatan peer teaching pada peserta didik termasuk dalam kategori sedang dengan persentase 66% dan nilai rata-rata 68,79. 2) Nilai rata-rata 86,82 dan persentase peserta didik yang berhasil belajar membaca Al-Qur'an termasuk dalam kategori baik. 3) Hasil belajar siswa dalam membaca Al-Qur'an (Y) di SMAN 9 Bulukumba dipengaruhi secara signifikan oleh strategi pembelajaran peer teaching (X) dengan nilai t sebesar 6,799 dan nilai signifikansi sebesar 0,000. Berdasarkan hasil penelitian, guru dapat mengajarkan siswa cara membaca dan memahami Al-Qur'an dengan menggunakan metode peer tutoring sebagai salah satu metode alternatif.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

Referensi

Abu Salman Al Farisi. Keistimewaan Ummat Akhir Zaman, Dalam Pandangan Allah Dan Rasul-Nya, h. 82. Bandung: Pustaka Ramadhan, 2007.
Eka Salfiana. “‘Al-Quran Sebagai Pedoman Hidup Manusia.’” JIHAFAS : Jurnal Islam Hamzah 3, No.2 (2022).
Lisa Ermiati, dkk. “Pengaruh Pembelajaran Tutor Sebaya Terhadap Hasil Belajar Siswa Di Kelas VII SMPN 2 Sumobito.” Al-Furqan: Jurnal Agama, Sosial, Dan Budaya Vol. 2, No (2024).
Maman Ahdiyat & Sarjaya. “Metode Tutor Sebaya Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Materi Pengolahan Data (Faktor.” Jurnal Ilmiah Kependidikan Vol. 1 No. (2014).
Meliyana, dkk. “‘Implementasi Program Metode Pembiasaan Tadarus Al-Qur’an Terhadap Peningkatan Hasil Membaca Al-Qur’an Siswa Sekolah Menengah Pertama’ , 5, No. 1 (Juni 2022), h. 19.” Jurnal Islamic Education Studies 5, No. 1 (2022).
Ridawati. “Penerapan Metode Tutor Sebaya Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Kompetensi Membaca Al-Qur’an.” Jurnal Pendidikan Islam Vol. 9, No (2022).
Sujiono. Keberhasilan Tutor Sebaya Dalam Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2017.
Suprihatin, Ruseno Arjanggi dan Titin. “Metode Pembelajaran Tutor Teman Sebaya Meningkatkan Hasil Belajar Berdasar Regulasi-Diri.” Jurnal Makara, Sosial Humaniora : Vol. 14. (2010).
Tohirin. Psikologi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jakata: PT. Raja Grafindo Persada, 2005.
Yaumi, Muhammad. Prinsip-Prinsip Desain Pembelajaran. Jakarta: Kencana, 2013.
Yusuf Rendi Wibowo dan Nur Hidayat. “‘Al-Qur’an Dan Hadits Sebagai Pedoman Pendidikan Karakter.’” Bidayah: Studi Ilmu-Ilmu Keislaman 13, No.8 (2022).
Zamzam, Muhammad. “Implementasi Metode Tutor Sebaya Dalam Proses Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Pada Siswa SMP Negeri 4 Malang Malang.” UIN Maulana Malik Ibrahim, 2014.
Zarkasi, Dachlan Salim. Metode Praktis Belajar Membaca Al-Qur’an. Semarang: Yayasan Pedidikan al-Qur’an Mujawwidin, 1990.
Diterbitkan
2024-12-17
Bagian
Artikel
Abstrak viewed = 299 times