APPLICATION OF ADVICE METHODS TO IMPROVING THE ABILITY TO PERFORM PRAYER IN CHILDREN AGED 5-6 YEARS OLD IN TK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL II PERUMNAS

  • Muzakkir Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • M. Yusuf T Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Nurismi Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Rismawati MS TK Aisyiyah Bustanul Athfal II Perumnas Cabang Karunrung Kota Makassar
    (ID)
Kata Kunci: aspek nilai agama, ibadah salat, metode nasihat

Abstrak

Menstimulasi enam aspek perkembangan anak usia dini sangat penting untuk dilakukan, salah satunya adalah aspek nilai agama khususnya pada kegiatan mengerjakan ibadah salat. Salah satu cara yang dapat dilakukan dalam meningkatkan kemampuan mengerjakan ibadah salat pada anak usia dini yakni menggunakan metode nasihat. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan stimulasi terhadap aspek perkembangan nilai agama anak sesuai dengan Standar Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak (STTPA) yakni untuk peningkatan mengerjakan ibadah salat menggunakan metode nasihat pada anak usia 5-6 tahun. Penelitian dalam bentuk service learning ini dilakukan di TK Aisyiyah Bustanul Athfal II Perumnas dengan jumlah partisipan sebanyak 4 anak. Instrumen yang digunakan berupa lembar observasi dan lembar evaluasi keterlaksanaan intervensi. Data dianalisis menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode nasihat dapat meningkatkan kemampuan mengerjakan ibadah salat pada anak usia 5-6 tahun. Hasil temuan dalam penelitian ini menunjukkan bahwa dalam mengimplikasikan data statistik deskriptif pada siklus I dan II yang telah diterapkan sebelum dan sesuadah metode nasihat dapat digunakan untuk kegiatan pembelajaran khususnya dalam menstimulasi perkembangan agama.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

Referensi

Aat, S. (2008). Peranan pendidikan agama Islam. Jakarta: Rajawali Pers.

Abdul, A. M. A. (2010). Fiqih ibadah. Jakarta: Amzah.

Abdul, M. M. (2012). Mengajari anak salat. Bandung: Irsyad Baitus Salam Diana Mutiah.

Abdullah, N. U. (2013). Tarbiyah aulad pendidikan anak dalam Islam. Jakarta: Khatulistiwa Press.

Abdurrahman, N. (1992). Prinsip-prinsip dan metode dalam keluarga, di sekolah dan di masyarakat, terj. Herry Noer Aly (Cet. Ke 2). Bandung: CV Diponegoro.

Achyar, K. M. (2015). Golden age. Jakarta: PT Alex Media Komputindo.

Adly, M. (2008). Salat. Jakarta: Grafindo Khazabah Ilmu.

Ahmad, T. (2010). Ilmu pendidikan dalam prespektif Islam. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Ahmad, T. (2011). Ilmu pendidikan dalam perspektif Islam. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Direktorat Tenaga Teknis. (2003). Pertumbuhan dan perkembangan anak usia dini 0-6 tahun. Jakarta: PT Grasindo.

Elzaki, J. (2011). Buku induk mukjizat kesehatan ibadah. Jakarta: Zaman.

Fadlillah, M. (2012). Desain pembelajaran PAUD. Jogjakarta : Ar-Ruzz Media.

Haidar, P. H. (2014). Pendidikan Islam dalam perspektif filsafat. Jakarta: Kecana.

Hasan, S. (2008). Kajian fiqih nabawi dan fiqih kontemporer (Cet. I). Jakarta: Rajawali Press.

Hery, H. A. (1999). Ilmu pendidikan Islam. Jakarta: Logos.

Ihsan, M., & Hasanah, U. (2018). Pendidikan anak usia dini menurut konsep Islam. Jakarta: Amzah.

Iradathia, Kurnia, R., & Nurlita. (2022). Pengembangan media smart board dalam meningkatkan kemampuan berwudhu pada anak usia 5-6 tahun. KINDERGARTEN: Journal of Islamic Early Childhood Education, 5(1), 69–80. https://doi.org/dx.doi.org/10.24014/kjiece.v5i1.14134

Kamtini, & Khairani, M. (2018). Pengaruh metode eksperimen terhadap kemampuan sains anak usia 5-6 tahun di TK Salsa Percut Sei Tuan T.A 2014/2015. Jurnal Usia Dini, 4(2). https://doi.org/10.24114/jud.v4i2.12091

Muhaiminurrochman. (2011). Upaya meningkatkan keterampilan pengalaman ibadah salat dengan strategi demonstrasi pada mata peajaran fikih di MTS Kelas VII Loano kabupaten Purwerjo Semarang. IAIN Walisongo.

Ramayulis, & Samsul, N. (2009). Filsafat pendidikan Islam. Jakarta: Kalam Mulia.

Rosidawati, Marmawi, R., & Yuniarni, D. (2015). Peningkatan kemampuan melakukan gerakan salat melalui praktik langsung pada anak usia 5-6 tahun. Journal of Equatorial Education and Learning, 4(3), 1–14. https://doi.org/dx.doi.org/10.26418/jppk.v4i3.9323

Sanjaya, W. (2016). Strategi pembelajaran berorientasi standar proses pendidikan (Cet. 12). Jakarta: Kencana Prenada Media.

Saputri, N. E., Novianti, R., & Febrialismanto, F. (2021). Pengembangan media puzzle salat edukatif dalam meningkatkan kemampuan ibadah salat anak usia 5-6 tahun. Journal of Education Research, 2(1), 27–36. https://doi.org/doi.org/10.37985/jer.v2i1.43

Setot, H. (2007). Psikologi salat. Yogyakarta: Mitra Pustaka.

Syarofah, S., Syukri, M., & Fadilah. (2016). Peningkatan kemampuan berwudhu melalui metode demonstrasi pada anak usia 5-6 tahun di TK Khodijah 2 Beloyang. Journal of Equatorial Education and Learning, 5(2), 1–15. https://doi.org/dx.doi.org/10.26418/jppk.v5i2.13862

Tim Penerjemahan Kementrian Agama RI. (2013). Al-Quran dan Terjemahannya. Jakarta: Tiga Serangkai.

Uhbiyati, N. (2012). Dasar-dasar ilmu pendidikan Islam. Semarang: Fakultas Tarbiyah IAIN Walisongo Semrang.

Zakiah, D. (2002). Dasar-dasar agama Islam (Cet. 1). Jakarta: Universitas Terbuka.

Diterbitkan
2022-11-30
Bagian
Vol. 4 No. 2
Abstrak viewed = 263 times