APPLICATION OF ADVICE METHODS TO IMPROVING THE ABILITY TO PERFORM PRAYER IN CHILDREN AGED 5-6 YEARS OLD IN TK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL II PERUMNAS
Abstrak
Menstimulasi enam aspek perkembangan anak usia dini sangat penting untuk dilakukan, salah satunya adalah aspek nilai agama khususnya pada kegiatan mengerjakan ibadah salat. Salah satu cara yang dapat dilakukan dalam meningkatkan kemampuan mengerjakan ibadah salat pada anak usia dini yakni menggunakan metode nasihat. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan stimulasi terhadap aspek perkembangan nilai agama anak sesuai dengan Standar Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak (STTPA) yakni untuk peningkatan mengerjakan ibadah salat menggunakan metode nasihat pada anak usia 5-6 tahun. Penelitian dalam bentuk service learning ini dilakukan di TK Aisyiyah Bustanul Athfal II Perumnas dengan jumlah partisipan sebanyak 4 anak. Instrumen yang digunakan berupa lembar observasi dan lembar evaluasi keterlaksanaan intervensi. Data dianalisis menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode nasihat dapat meningkatkan kemampuan mengerjakan ibadah salat pada anak usia 5-6 tahun. Hasil temuan dalam penelitian ini menunjukkan bahwa dalam mengimplikasikan data statistik deskriptif pada siklus I dan II yang telah diterapkan sebelum dan sesuadah metode nasihat dapat digunakan untuk kegiatan pembelajaran khususnya dalam menstimulasi perkembangan agama.
##plugins.generic.usageStats.downloads##
Referensi
Aat, S. (2008). Peranan pendidikan agama Islam. Jakarta: Rajawali Pers.
Abdul, A. M. A. (2010). Fiqih ibadah. Jakarta: Amzah.
Abdul, M. M. (2012). Mengajari anak salat. Bandung: Irsyad Baitus Salam Diana Mutiah.
Abdullah, N. U. (2013). Tarbiyah aulad pendidikan anak dalam Islam. Jakarta: Khatulistiwa Press.
Abdurrahman, N. (1992). Prinsip-prinsip dan metode dalam keluarga, di sekolah dan di masyarakat, terj. Herry Noer Aly (Cet. Ke 2). Bandung: CV Diponegoro.
Achyar, K. M. (2015). Golden age. Jakarta: PT Alex Media Komputindo.
Adly, M. (2008). Salat. Jakarta: Grafindo Khazabah Ilmu.
Ahmad, T. (2010). Ilmu pendidikan dalam prespektif Islam. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Ahmad, T. (2011). Ilmu pendidikan dalam perspektif Islam. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Direktorat Tenaga Teknis. (2003). Pertumbuhan dan perkembangan anak usia dini 0-6 tahun. Jakarta: PT Grasindo.
Elzaki, J. (2011). Buku induk mukjizat kesehatan ibadah. Jakarta: Zaman.
Fadlillah, M. (2012). Desain pembelajaran PAUD. Jogjakarta : Ar-Ruzz Media.
Haidar, P. H. (2014). Pendidikan Islam dalam perspektif filsafat. Jakarta: Kecana.
Hasan, S. (2008). Kajian fiqih nabawi dan fiqih kontemporer (Cet. I). Jakarta: Rajawali Press.
Hery, H. A. (1999). Ilmu pendidikan Islam. Jakarta: Logos.
Ihsan, M., & Hasanah, U. (2018). Pendidikan anak usia dini menurut konsep Islam. Jakarta: Amzah.
Iradathia, Kurnia, R., & Nurlita. (2022). Pengembangan media smart board dalam meningkatkan kemampuan berwudhu pada anak usia 5-6 tahun. KINDERGARTEN: Journal of Islamic Early Childhood Education, 5(1), 69–80. https://doi.org/dx.doi.org/10.24014/kjiece.v5i1.14134
Kamtini, & Khairani, M. (2018). Pengaruh metode eksperimen terhadap kemampuan sains anak usia 5-6 tahun di TK Salsa Percut Sei Tuan T.A 2014/2015. Jurnal Usia Dini, 4(2). https://doi.org/10.24114/jud.v4i2.12091
Muhaiminurrochman. (2011). Upaya meningkatkan keterampilan pengalaman ibadah salat dengan strategi demonstrasi pada mata peajaran fikih di MTS Kelas VII Loano kabupaten Purwerjo Semarang. IAIN Walisongo.
Ramayulis, & Samsul, N. (2009). Filsafat pendidikan Islam. Jakarta: Kalam Mulia.
Rosidawati, Marmawi, R., & Yuniarni, D. (2015). Peningkatan kemampuan melakukan gerakan salat melalui praktik langsung pada anak usia 5-6 tahun. Journal of Equatorial Education and Learning, 4(3), 1–14. https://doi.org/dx.doi.org/10.26418/jppk.v4i3.9323
Sanjaya, W. (2016). Strategi pembelajaran berorientasi standar proses pendidikan (Cet. 12). Jakarta: Kencana Prenada Media.
Saputri, N. E., Novianti, R., & Febrialismanto, F. (2021). Pengembangan media puzzle salat edukatif dalam meningkatkan kemampuan ibadah salat anak usia 5-6 tahun. Journal of Education Research, 2(1), 27–36. https://doi.org/doi.org/10.37985/jer.v2i1.43
Setot, H. (2007). Psikologi salat. Yogyakarta: Mitra Pustaka.
Syarofah, S., Syukri, M., & Fadilah. (2016). Peningkatan kemampuan berwudhu melalui metode demonstrasi pada anak usia 5-6 tahun di TK Khodijah 2 Beloyang. Journal of Equatorial Education and Learning, 5(2), 1–15. https://doi.org/dx.doi.org/10.26418/jppk.v5i2.13862
Tim Penerjemahan Kementrian Agama RI. (2013). Al-Quran dan Terjemahannya. Jakarta: Tiga Serangkai.
Uhbiyati, N. (2012). Dasar-dasar ilmu pendidikan Islam. Semarang: Fakultas Tarbiyah IAIN Walisongo Semrang.
Zakiah, D. (2002). Dasar-dasar agama Islam (Cet. 1). Jakarta: Universitas Terbuka.
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).