Peran Manajemen Kegiatan Ekstrakurikuler dalam Meningkatkan Prestasi Peserta Didik

  • Sitti Madinah Prodi Manajemen Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Lisa Nursita Prodi Manajemen Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Syamsuddin Prodi Manajemen Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
Kata Kunci: ekstrakurikuler; manajemen; prestasi

Abstrak

Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui bagaimana peran manajemen kegiatan ekstrakurikuler dalam meningkatkan prestasi peserta didik di MAN 1 Polewali Mandar dan hambatan manajemen kegiatan ekstrakurikuler. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif. Adapun metode pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara dan dokumentasi. Sumber data adalah sumber data primer dan sumber data sekunder. Adapun peran manajemen kegiatan ekstrakurikuler; (a) Manajemen perencanaan kegiatan ekstrakurikuler meliputi adanya penentuan jenis-jenis kegiatan ekstrakurikuler dan penentuan anggaran, (b) Manajemen pengorganisasian kegiatan ekstrakurikuler meliputi penentuan guru sebagai pembina kegiatan ekstrakurikuler, dan pembentukan struktur lembaga, (c) Manajemen pelaksanaan kegiatan ektrakurikuler terdapat aktivitas kegiatan ektrakurikuler dilaksanakan dalam program kerja harian, mingguan, dan tahunan dan keaktifan peserta didik mengikuti ajang perlombaan, serta melatih keterampilan peserta didik dan mengembangkan prestasi hasil belajar akademik dan non akademik (d) Manajemen pengawasan kegiatan ekstrakurikuler meliputi pengevaluasian setiap pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler dan setelah dilaksanakan, serta LPJ (Laporan pertanggungjawaban). Terdapat hambatan-hambatan manajemen kegiatan ekstrakurikuler waktu pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler sangat singkat, anggaran, dan sarana kurang memadai. Implikasi dalam penelitian ini; (1) Diharapkan pihak madrasah mengarsipkan setiap dokumentasi prestasi kegiatan ektrakurikuler di ajang lomba, dan mengidentifikasi setiap peserta didik yang berprestasi. (2) Diharapkan pembina dapat mempertahankan proses pembimbingan peserta didik.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

##submission.authorBiography##

##submission.authorWithAffiliation##

Lisa Nursita, S.E., M.Si.

[email protected]

WA 082293332111

 

Google Scholar : https://scholar.google.co.id/citations?user=x_83RzQAAAAJ&hl=id&authuser=3

SINTA : https://sinta.ristekbrin.go.id/authors/detail?id=6728819&view=book

 

Education Background

  • Universitas Hasanuddin, 2007-2011
  • Pascasarjana Universitas Hasanuddin, 2012-2015

 

Job Experience

  • Lecturer at Departement of Management, STIE Tri Dharma Nusantara, 2015-2018
  • Lecturer at Departement of Islamic Management Education, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, 2019-2020

 

Experience

  • Dewan Redaksi, Tangible Journal, STIE Tri Dharma Nusantara, 2016-2017
  • Dewan Redaksi, Idaarah Jurnal Manajemen Pendidikan, 2019-Sekarang
  • Dewan Redaksi, Edu-Leadership Jurnal Manajemen Pendidikan Islam
  • Ketua Gugus Penjaminan Mutu Jurusan Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar, 2019-Sekarang

 

Certificattions/Award

  • Penghargaan Peserta Terbaik I Angkatan 16 pada Pendidikan dan Pelatihan Dasar CPNS Golongan III Kementrian Agama RI Tahun 2020

 

Event And Workshop

  • Pemateri pada “Pelatihan Penggunaan Aplikasi Mendeley”, UIN Alauddin Makassar, 2019 dan 2020
  • Pemateri pada KTI “Teknik Penulisan Jurnal”, UIN Alauddin Makassar, 2020
  • Pemateri pada “Pelatihan Olah Data dengan Mic. Excel”, UIN Alauddin Makassar, 2020
  • Moderator pada “Pelatihan Penggunaan Lentera pada Dosen Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar”, UIN Alauddin Makassar, 2020
  • Pemateri pada "Workshop Aplikasi Olah Data Pelatihan Excel dan SPSS", 2021

 

Scholarly Papers and Books

  • Editor pada Buku “Ide Bisnis Kaum Milenial”, ISBN : 978-623-7940-14-2, Tahun 2019
  • Editor pada Buku “Rentetan Cerita dibalik Pandemi Covid-19”, ISBN : 978-823-7940-48-3, Tahun 2020
  • Editor pada Buku “Rampai Kisah Pendidikan di Masa Pendemi”, ISBN : 978-623-7940-50-0, Tahun 2020
  • Kepemimpinan dalam Supervisi Pendidikan, (Baharuddin & Lisa Nursita), 2020
  • Menggagas Pembangunan Blue Economy Terumbu Karang, Sebuah Pendekatan Sosial Ekonomi, (Lisa Nursita), 2020
  • Keadaan Sosial Demografi Orangtua dan Pengaruhnya Terhadap Jumlah Jam Kerja Pekerja Anak Di Kota Makassar, (Lisa Nursita & Andi Tenri Lawa Putri), 2018
  • Pengaruh Hutang terhadap Return on Investment pada PT. Mayora Indah, Tbk, (Lisa Nursita), 2017
  • Valuasi Ekonomi Sumber Daya Terumbu Karang di Pulau Karampuang Kabupaten Mamuju, (Lisa Nursita), 2015

Referensi

Hasan, M., Arwandi, T., Nursita, L., & Kamal, S. I. M. (2022). The quality of education based on local wisdom: the principal of madrasah review. AL-TANZIM: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 6(1), 617–628. https://doi.org/10.33650/al-tanzim.v6i2.3484

Indonesia, P. R. (2014). Peraturan menteri pendidikan dan kebudayaan republik indonesia nomor 62 Tahun 2014. Indonesia.

Magdalena, I., Ramadanti, F., Rossatia, N., & Tangerang, U. M. (2020). Upaya pengembangan bakat atau kemampuan siswa sekolah dasar melalui ekstrakurikuler. Bintang: Jurnal Pendidikan dan Sains, 2(2), 230–243.

Marzoan, M., & Hamidi, H. (2017). Permainan tradisional sebagai kegiatan ekstrakurikuler untuk meningkatkan kompetensi sosial siswa. Journal An-Nafs: Kajian Penelitian Psikologi, 2(1), 62–82. https://doi.org/10.33367/psi.v2i1.345

Moeloeng, L. J. (2014). Metodologi penelitian kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nata, A., & Sofyan, A. (2020). Making islamic university and madrasah as society’s primary choice. Al-Hayat: Journal of Islamic Education (AIJIE), 4(2), 219–222.

Yanti, N., Adawiah, R., & Matnuh, H. (2016). Pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler dalam rangka pengembangan nilai-nilai karakter siswa untuk menjadi warga negara yang baik di SMA Kopri Banjarmasin, Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 6(11), 963–970.

Nurdiana, N. S. S. (2021). Pengembangan minat dan bakat peserta didik melalui kegiatan ekstrakurikuler. Jurnal Bimbingan Konseling Islam, 2(2), 172–187.

Nursita, L., Bimasari, A., Sulistyo, B., Baharuddin, & Tapparan, S. R. (2023). Upaya peningkatan produktivitas guru melalui pemanfaatan IT dalam evaluasi pembelajaran. Nazzama Journal of Management Education, 2(2), 235–241. https://doi.org/https://doi.org/10.24252/jme.v2i2.32008

Putra, N. D., & Purbuodjati. (2022). Upaya pengembangan minat bakat olahraga pada ekstrakulikuller pada siswa kelas 5 di SDN Canditunggal kecamatan Kalitengah kabupaten Lamongan tahun 2022. Jurnal Kesehatan Olahraga, 10(03), 37–42.

Sudaryono. (2018). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan mix method. Depok: PT RajaGrafindo Persada.

Saufi, A., & Hambali. (2019). Menggagas perencanaan kurikulum menuju sekolah unggul. Al-Tanzim: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 3(1), 29– 54.

Tilaar. (2011). Manajemen pendidikan nasional kajian pendidikan masa depan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Wahyuni, S. A., & Falah, N. (2017). Peran guru bimbingan dan konseling dalam mengembangkan minat dan bakat program pilihan studi keterampilan peserta didik MAN 1 Magelang. Hisbah: Jurnal Bimbingan Konseling dan Dakwah Islam, 12(2), 21–34. https://doi.org/10.14421/hisbah.2015.122-03

Diterbitkan
2023-05-31
Bagian
Vol. 5 No. 1
Abstrak viewed = 274 times