Peran Manajemen Kegiatan Ekstrakurikuler dalam Meningkatkan Prestasi Peserta Didik
Abstrak
Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui bagaimana peran manajemen kegiatan ekstrakurikuler dalam meningkatkan prestasi peserta didik di MAN 1 Polewali Mandar dan hambatan manajemen kegiatan ekstrakurikuler. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif. Adapun metode pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara dan dokumentasi. Sumber data adalah sumber data primer dan sumber data sekunder. Adapun peran manajemen kegiatan ekstrakurikuler; (a) Manajemen perencanaan kegiatan ekstrakurikuler meliputi adanya penentuan jenis-jenis kegiatan ekstrakurikuler dan penentuan anggaran, (b) Manajemen pengorganisasian kegiatan ekstrakurikuler meliputi penentuan guru sebagai pembina kegiatan ekstrakurikuler, dan pembentukan struktur lembaga, (c) Manajemen pelaksanaan kegiatan ektrakurikuler terdapat aktivitas kegiatan ektrakurikuler dilaksanakan dalam program kerja harian, mingguan, dan tahunan dan keaktifan peserta didik mengikuti ajang perlombaan, serta melatih keterampilan peserta didik dan mengembangkan prestasi hasil belajar akademik dan non akademik (d) Manajemen pengawasan kegiatan ekstrakurikuler meliputi pengevaluasian setiap pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler dan setelah dilaksanakan, serta LPJ (Laporan pertanggungjawaban). Terdapat hambatan-hambatan manajemen kegiatan ekstrakurikuler waktu pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler sangat singkat, anggaran, dan sarana kurang memadai. Implikasi dalam penelitian ini; (1) Diharapkan pihak madrasah mengarsipkan setiap dokumentasi prestasi kegiatan ektrakurikuler di ajang lomba, dan mengidentifikasi setiap peserta didik yang berprestasi. (2) Diharapkan pembina dapat mempertahankan proses pembimbingan peserta didik.
##plugins.generic.usageStats.downloads##
Referensi
Hasan, M., Arwandi, T., Nursita, L., & Kamal, S. I. M. (2022). The quality of education based on local wisdom: the principal of madrasah review. AL-TANZIM: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 6(1), 617–628. https://doi.org/10.33650/al-tanzim.v6i2.3484
Indonesia, P. R. (2014). Peraturan menteri pendidikan dan kebudayaan republik indonesia nomor 62 Tahun 2014. Indonesia.
Magdalena, I., Ramadanti, F., Rossatia, N., & Tangerang, U. M. (2020). Upaya pengembangan bakat atau kemampuan siswa sekolah dasar melalui ekstrakurikuler. Bintang: Jurnal Pendidikan dan Sains, 2(2), 230–243.
Marzoan, M., & Hamidi, H. (2017). Permainan tradisional sebagai kegiatan ekstrakurikuler untuk meningkatkan kompetensi sosial siswa. Journal An-Nafs: Kajian Penelitian Psikologi, 2(1), 62–82. https://doi.org/10.33367/psi.v2i1.345
Moeloeng, L. J. (2014). Metodologi penelitian kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Nata, A., & Sofyan, A. (2020). Making islamic university and madrasah as society’s primary choice. Al-Hayat: Journal of Islamic Education (AIJIE), 4(2), 219–222.
Yanti, N., Adawiah, R., & Matnuh, H. (2016). Pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler dalam rangka pengembangan nilai-nilai karakter siswa untuk menjadi warga negara yang baik di SMA Kopri Banjarmasin, Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 6(11), 963–970.
Nurdiana, N. S. S. (2021). Pengembangan minat dan bakat peserta didik melalui kegiatan ekstrakurikuler. Jurnal Bimbingan Konseling Islam, 2(2), 172–187.
Nursita, L., Bimasari, A., Sulistyo, B., Baharuddin, & Tapparan, S. R. (2023). Upaya peningkatan produktivitas guru melalui pemanfaatan IT dalam evaluasi pembelajaran. Nazzama Journal of Management Education, 2(2), 235–241. https://doi.org/https://doi.org/10.24252/jme.v2i2.32008
Putra, N. D., & Purbuodjati. (2022). Upaya pengembangan minat bakat olahraga pada ekstrakulikuller pada siswa kelas 5 di SDN Canditunggal kecamatan Kalitengah kabupaten Lamongan tahun 2022. Jurnal Kesehatan Olahraga, 10(03), 37–42.
Sudaryono. (2018). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan mix method. Depok: PT RajaGrafindo Persada.
Saufi, A., & Hambali. (2019). Menggagas perencanaan kurikulum menuju sekolah unggul. Al-Tanzim: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 3(1), 29– 54.
Tilaar. (2011). Manajemen pendidikan nasional kajian pendidikan masa depan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Wahyuni, S. A., & Falah, N. (2017). Peran guru bimbingan dan konseling dalam mengembangkan minat dan bakat program pilihan studi keterampilan peserta didik MAN 1 Magelang. Hisbah: Jurnal Bimbingan Konseling dan Dakwah Islam, 12(2), 21–34. https://doi.org/10.14421/hisbah.2015.122-03
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by-sa4.footer## Authors who publish with this journal agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).