Efektivitas Pembelajaran Tambahan Pagi untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Bahasa Arab Bagi Santri Pondok Pesantren Al-Karamah Bima
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran tambahan pagi dalam meningkatkan keterampilan berbicara bahasa arab terhadap santri pondok pesantren al-karamah Bima. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif bersifat deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan di pondok pesantren al-karamah Bima. Adapun subjek penelitian ini yaitu pendidik pada pembelajaran tambahan pagi dan peserta didik sebanyak 19 (sembilan belas) orang kelas 3 IPA. Teknik analisis datanya ada tiga yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara, dapat disimpulkan bahwa 1) pelaksanaan pembelajaran tambahan pagi dilakukan setelah shalat subuh, dengan memberikan beberapa mufradat kurang lebih tiga atau lima mufradat dan pembelajaran tambahan pagi dilakukan setiap hari agar siswa menguasai bahasa arab. 2) hasil pembelajaran tambahan pagi yaitu adanya peningkatan baik dalam segi nilai maupun dari pemahaman siswa. 3) efektivitas pembelajaran tambahan pagi dalam meningkatkan keterampilan berbicara bahasa arab bagi santri sangat efektif dan tepat guna mencapai tujuan yang ingin dicapai oleh pondok pesantren, terbukti Sebagian besar santri mengalami peningkatan dari hasil observasi, wawancara, dan nilai yang didapat.
##plugins.generic.usageStats.downloads##
Referensi
Amri, C. K., Anwar, M., & Latuconsina, S. N. (2021). Keterampilan berbicara bahasa arab siswa sekolah menengah pertama Islam terpadu di kabupaten Gowa. Pinisi Journal of Education, 1(1), 20–25.
Ansor, A. M. (2009). Pengajaran bahasa arab media dan metode-metodenya. Yogyakarta: Teras.
Aziza, L. F., & Muliansyah, A. (2020). Keterampilan berbahasa arab dengan pendekatan komprehensif. EL-Tsaqafah, 19(1), 56–71.
Enramika, T. (2022). Bentuk tes kemahiran berbicara bahasa arab (tingkat dasar, menengah, lanjutan). Islamic Education, 2(1), 14–24.
Hanun, A., & Herizal. (2020). Meningkatkan keterampilan berbicara bahasa arab melalui permainan bahasa Isyruna Sualan. Lahjah Arabiyah, 1(1), 26–32.
Hendri, M. (2017). Pembelajaran keterampilan berbicara bahasa arab melalui pendekatan komunikatif. POTENSIA: Jurnal Kependidikan Islam, 3(2), 196–210.
Karima, K. I. (2020). Penerapan metode edutaintment melalui permainan simak-ulang-ucap untuk meningkatkan keterampilan berbicara bahasa arab. AL-SUNIYAT: Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra, dan Budaya Arab, 2(1), 58–68. https://doi.org/10.17509/alsuniyat.v2i1.24072
Khasanah, N. (2016). Pembelajaran bahasa arab sebagai bahasa kedua (urgensi bahasa arab dan pembelajarannya di Indonesia). An-Nidzam, 3(2), 39–54.
Nalole, D. (2018). Meningkatkan keterampilan berbicara (Maharah al-kalam) melalui metode Muhadtsah dalam pembelajaran bahasa Arab. Al-Minhaj: Jurnal Pendidikan Islam, 1(1), 129–145.
Rizqi, M. R. (2021). Upaya meningkatkan kemampuan berbicara bahasa arab dengan menggunakan media flip chart bagi siswa kelas VIII Madrasah Tsanawiyah “Fadllillah” desa Tambak Sumur kecamatan Waru kabupaten Sidoarjo. Al-Fakkaar: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa Arab, 2(1), 1–21.
Rosyidi, A. W., & Ni’mah, M. (2011). Memahami konsep dasar pembelajaran bahasa arab. Malang: Maliki Press.
Samal, S. (2020). Keterampilan berbicara (maharah al-kalam) bahasa arab mahasiswa jurusan pendidikan agama Islam (PAI) semester I dan III TA. 2016/2017 Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan IAIN Ambon. Kuttab: Jurnal Ilmiah Mahasiswa, 2(1), 57–66.
Suharmon. (2009). Upaya peningkatan keterampilan berbicara siswa pada mata pelajaran bahasa arab melalui latihan komunikatif di MTsN Paninjauan kabupaten Tanah Datar. Ta’dib, 12(1), 57–71.
Zulkifli, & Jumadi. (2022). Strategi pembelajaran untuk meningkatkan keterampilan berbicara bahasa arab mahasiswa Ma’had Bilal bin Rabah Sorong. Jurnal PAIDA, 1(2), 77–92.
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by-sa4.footer## Authors who publish with this journal agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).