Efektivitas Pembelajaran Tambahan Pagi untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Bahasa Arab Bagi Santri Pondok Pesantren Al-Karamah Bima

  • Hamidatul Latifah Prodi Pendidikan Bahasa Arab, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Mappasiara Prodi Pendidikan Bahasa Arab, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
Kata Kunci: keterampilan berbicara; pembelajaran tambahan pagi; santri

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran tambahan pagi dalam meningkatkan keterampilan berbicara bahasa arab terhadap santri pondok pesantren al-karamah Bima. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif bersifat deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan di pondok pesantren al-karamah Bima. Adapun subjek penelitian ini yaitu pendidik pada pembelajaran tambahan pagi dan peserta didik sebanyak 19 (sembilan belas) orang kelas 3 IPA. Teknik analisis datanya ada tiga yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara, dapat disimpulkan bahwa 1) pelaksanaan pembelajaran tambahan pagi dilakukan setelah shalat subuh, dengan memberikan beberapa mufradat kurang lebih tiga atau lima mufradat dan pembelajaran tambahan pagi dilakukan setiap hari agar siswa menguasai bahasa arab. 2) hasil pembelajaran tambahan pagi yaitu adanya peningkatan baik dalam segi nilai maupun dari pemahaman siswa. 3) efektivitas pembelajaran tambahan pagi dalam meningkatkan keterampilan berbicara bahasa arab bagi santri sangat efektif dan tepat guna mencapai tujuan yang ingin dicapai oleh pondok pesantren, terbukti Sebagian besar santri mengalami peningkatan dari hasil observasi, wawancara, dan nilai yang didapat.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

Referensi

Amri, C. K., Anwar, M., & Latuconsina, S. N. (2021). Keterampilan berbicara bahasa arab siswa sekolah menengah pertama Islam terpadu di kabupaten Gowa. Pinisi Journal of Education, 1(1), 20–25.

Ansor, A. M. (2009). Pengajaran bahasa arab media dan metode-metodenya. Yogyakarta: Teras.

Aziza, L. F., & Muliansyah, A. (2020). Keterampilan berbahasa arab dengan pendekatan komprehensif. EL-Tsaqafah, 19(1), 56–71.

Enramika, T. (2022). Bentuk tes kemahiran berbicara bahasa arab (tingkat dasar, menengah, lanjutan). Islamic Education, 2(1), 14–24.

Hanun, A., & Herizal. (2020). Meningkatkan keterampilan berbicara bahasa arab melalui permainan bahasa Isyruna Sualan. Lahjah Arabiyah, 1(1), 26–32.

Hendri, M. (2017). Pembelajaran keterampilan berbicara bahasa arab melalui pendekatan komunikatif. POTENSIA: Jurnal Kependidikan Islam, 3(2), 196–210.

Karima, K. I. (2020). Penerapan metode edutaintment melalui permainan simak-ulang-ucap untuk meningkatkan keterampilan berbicara bahasa arab. AL-SUNIYAT: Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra, dan Budaya Arab, 2(1), 58–68. https://doi.org/10.17509/alsuniyat.v2i1.24072

Khasanah, N. (2016). Pembelajaran bahasa arab sebagai bahasa kedua (urgensi bahasa arab dan pembelajarannya di Indonesia). An-Nidzam, 3(2), 39–54.

Nalole, D. (2018). Meningkatkan keterampilan berbicara (Maharah al-kalam) melalui metode Muhadtsah dalam pembelajaran bahasa Arab. Al-Minhaj: Jurnal Pendidikan Islam, 1(1), 129–145.

Rizqi, M. R. (2021). Upaya meningkatkan kemampuan berbicara bahasa arab dengan menggunakan media flip chart bagi siswa kelas VIII Madrasah Tsanawiyah “Fadllillah” desa Tambak Sumur kecamatan Waru kabupaten Sidoarjo. Al-Fakkaar: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa Arab, 2(1), 1–21.

Rosyidi, A. W., & Ni’mah, M. (2011). Memahami konsep dasar pembelajaran bahasa arab. Malang: Maliki Press.

Samal, S. (2020). Keterampilan berbicara (maharah al-kalam) bahasa arab mahasiswa jurusan pendidikan agama Islam (PAI) semester I dan III TA. 2016/2017 Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan IAIN Ambon. Kuttab: Jurnal Ilmiah Mahasiswa, 2(1), 57–66.

Suharmon. (2009). Upaya peningkatan keterampilan berbicara siswa pada mata pelajaran bahasa arab melalui latihan komunikatif di MTsN Paninjauan kabupaten Tanah Datar. Ta’dib, 12(1), 57–71.

Zulkifli, & Jumadi. (2022). Strategi pembelajaran untuk meningkatkan keterampilan berbicara bahasa arab mahasiswa Ma’had Bilal bin Rabah Sorong. Jurnal PAIDA, 1(2), 77–92.

Diterbitkan
2023-05-31
Bagian
Vol. 5 No. 1
Abstrak viewed = 272 times