Pengaruh Sudut Terhadap Besar Resultan Gaya Vektor: Kajian Eksperimental Menggunakan Praktikum Cookbook.

Penulis

  • Havita Santana putri Universitas Islam Negeri Gunung Djati Bandung
  • Rafli Hakam Saepudin Universitas Islam Negeri Gunung Djati Bandung
  • Aprilia Dwi lestari Universitas Islam Negeri Gunung Djati Bandung
  • Muhammad Nurullah Pendidikan fisika, UIN sunan gunung Djati Bandung
  • Adam Malik Pendidikan fisika, UIN sunan gunung Djati Bandung

DOI:

https://doi.org/10.24252/al-khazini.v5i2.58021

Kata Kunci:

Vektor, Resultan Gaya, Sudut, Praktikum Fisika, Buku petunjuk praktikum

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh sudut antara dua gaya terhadap besar resultan gaya vektor dengan pendekatan eksperimental menggunakan metode Cookbook Laboratory. Praktikum dilakukan dengan variasi sudut antara gaya F1 dan F2 yaitu 30°, 45°, 60°, dan 90°, menggunakan peralatan sederhana seperti neraca pegas, katrol, dan busur derajat. Gaya data yang dibawa oleh neraca dicatat untuk berbagai kombinasi gaya dan sudut. Hasil menunjukkan bahwa semakin besar sudut antara dua gaya vektor, maka besar gaya resultan yang dihasilkan semakin kecil. Hubungan antara sudut dan besar resultan vektor menunjukkan pola yang menurun seiring pertambahan sudut. Temuan ini mendukung teori vektor dalam fisika dan menunjukkan keefektifan metode praktikum buku masak dalam pembelajaran konsep gaya vektor.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Aditya, D. M., & Malik, A. (2025). Peningkatan kemampuan analitis melalui praktikum virtual vektor dengan metode Problem Solving Lab (PSL). Phydagogic: Jurnal Fisika dan Pembelajarannya, 7(2), 163–168.

Ahmad, S., Wasim, S., Irfan, S., Gogoi, S., Srivastava, A., & Farheen, Z. (2019). Qualitative v/s. quantitative research—A summarized review. Journal of Evidence Based Medicine and Healthcare, 6(43), 2828–2832. https://doi.org/10.18410/jebmh/2019/587

Andreas, I., & Saragih, M. (2022). Mengkaji mekanika terapan. Skylandsea Profesional Jurnal Ekonomi, Bisnis dan Teknologi, 2(2).

Attention. (1995). Checker. http://www.d6.com/users/checker

Burhanuddin, A., Wulan, D. P. I. B. S., Arya, R., & Saputra, B. (n.d.). Laporan praktikum.

Daruwati, I., Junaidi, N. S., Hatika, R. G., Asra, A., & Syahropi, H. (2024). Pendampingan pembelajaran fisika menggunakan alat peraga sederhana di SMA Negeri 3 Rambah Hilir. Mejuajua: Jurnal Pengabdian pada Masyarakat, 4(2), 136–140.

E. M. Ramadani, & Nana. (2020). Penerapan Problem Based Learning berbantuan Virtual Lab PhET pada pembelajaran fisika guna meningkatkan pemahaman konsep siswa SMA: Literature review.

Fadaei, A. S. (2022). Comparing the effects of cookbook and non-cookbook based lab activities in a calculus-based introductory physics course. International Journal of Physics and Chemistry Education, 13(4), 65–72. https://doi.org/10.51724/ijpce.v13i4.135

Gao, Y., et al. (2022). Decreased resting-state neural signal in the left angular gyrus as a potential neuroimaging biomarker of schizophrenia: An amplitude of low-frequency fluctuation and support vector machine analysis. Frontiers in Psychiatry, 13. https://doi.org/10.3389/fpsyt.2022.949512

Unduhan

Diterbitkan

2025-10-28

Cara Mengutip

Havita Santana putri, Rafli Hakam Saepudin, lestari, A. D., Muhammad Nurullah, & Adam Malik. (2025). Pengaruh Sudut Terhadap Besar Resultan Gaya Vektor: Kajian Eksperimental Menggunakan Praktikum Cookbook. Al-Khazini, 5(2), 77–87. https://doi.org/10.24252/al-khazini.v5i2.58021

Terbitan

Bagian

Artikel