Pengembangan E-Modul Ajar Fisika Bermuatan CHATGPT Pada Materi Gerak Lurus
Kata Kunci:
E-modul ajar Fisika, ChatGPT, Gerak lurusAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pengembangan e-modul ajar, kelayakan dan respon peserta didik terhadap penggunaan e-modul ajar bermuatan ChatGPT sebagai bahan ajar. Jenis penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model ADDIE yang mencakup lima tahap yakni (1) analysis, (2) design, (3) development, (4) implementation dan (5) evaluation. Penelitian ini menggunakan angket sebagai instrument penelitian. Produk yang dihasilkan berupa e-modul ajar interaktif yang mengintegrasikan ChatGPT dalam pembelajaran pada materi gerak lurus. Hasil validasi oleh ahli materi menunjukkan skor rata-rata 3,85 (kategori "sangat baik"), validasi ahli media dengan skor rata-rata 3,50 (kategori "sangat baik") dan validasi praktisi (guru) menunjukkan skor rata-rata 3,29 (kategori “sangat baik”). Implementasi terbatas dilakukan kepada 29 peserta didik XI MIPA dengan hasil rata-rata 3,31 (kategori "sangat setuju"). Penelitian ini menghasilkan kesimpulan bahwa e-modul ajar bermuatan ChatGPT layak digunakan sebagai bahan ajar alternatif yang kontekstual, efektif, dan interaktif dalam menghubungkan konsep fisika dengan kehidupan sehari-hari, sehingga menciptakan pembelajaran yang lebih bermakna bagi peserta didik.
Unduhan
Referensi
Abror, M. A., Suryani, N., & Ardianto, D. T. (2019). Digital Flipbook Empowerment as A Development Means for History Learning Media. 8(2), 266–275. https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v8i2.24122
Anggraini, R., Medan, U. N., Amdani, K., & Medan, U. N. (n.d.). PENGEMBANGAN E-MODUL FISIKA BERBASIS SAINTIFIK BERBANTUAN FLIP PDF CORPORATE EDITION.
Arsyad, A. (2019). Media pembelajaran. Rajawali Pers.
Hendrawan, Y. T., Pangestu, I. A., Dwi, M. A., Deny, R., Putra, A., Ozbar, A. D., & Wahyu, A. (2024). PEMANFAATAN CHATGPT UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MAHASISWA DALAM PEMBELAJARAN. 8(2), 28–33.
Hermila, A., Bouty, A. A., Jenderal, J. L., No, S., Limboto, K., Gorontalo, K., Bau, R. T. R. L., Studi, P., Informasi, S., & Gorontalo, U. N. (2024). PENGGUNAAN CHATGPT SEBAGAI SUMBER PEMBELAJARAN ADAPTIF UNTUK MENANGGAPI KEBUTUHAN INDIVIDU SISWA. 5. https://doi.org/10.38038/vocatech.v5i2.170
Kurniawan, D., & Lestari, I. (2021). Pengembangan media pembelajaran berbasis ADDIE dalam pembelajaran digital. Jurnal Teknologi Pendidikan. 2(23), 135–144.
Lase, D. (2019). Pendidikan di Era Revolusi Industri 4.0 Education.
Latifah, N., Ashari, & Setyadi Kurniawan, E. (2020). Pengembangan e-Modul Fisika Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik. Jips: Jurnal Inovasi Pendidikan Sains, 01(1), 1–7. http://jurnal.umpwr.ac.id/index.php/jips
Maulida, U. (2022). Pengembangan Modul Ajar Berbasis Kurikulum Merdeka. Tarbawi : Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Islam, 5(2), 130–138. https://doi.org/10.51476/tarbawi.v5i2.392
Prastowo, A. (2015). Panduan kreatif membuat bahan ajar inovatif. Diva Press.
Rika Widianita, D. (2023). INOVASI MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF. AT-TAWASSUTH: Jurnal Ekonomi Islam, VIII(I), 1–19.
Sugiyono, & Prasetyo, T. (2020). Metode Penelitian Pengembangan: Research and Development (R&D). Bandung: Alfabeta.
Supriyono, A., & Prihandono, T. (2024). Dampak dan Tantangan Pemanfaatan ChatGPT dalam Pembelajaran pada Kurikulum Merdeka : Tinjauan Literatur Sistematis The Impact and Challenges of Utilizing ChatGPT in Learning within the Kurikulum : A Systematic Literature Review. 9, 9–12. https://doi.org/10.24832/jpnk.v9i2.5214
Wulandari, Riwayati, S., & Masri. (2023). E-Modul Untuk Memfasilitasi Kemampuan Representasi Matematis Siswa Smp. Jurnal Math-UMB.EDU, 10(3), 211–218.
Yuliati, L., & Diantoro, M. (2017). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Fisika Pada Materi Fluida Statis. 2(1)(Prosiding Seminar Pendidikan IPA), 191–195.
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Moh Fajrin, Marungkil Pasaribu, Ielda Paramita, Rudi Santoso

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted Al-Khazini:Jurnal Pendidikan Fisika for publication, copyright publishing of the article shall be assigned/transferred to Physics Education Department, UIN Alauddin Makassar as Publisher of the journal. Upon acceptance of an article, authors will be asked to complete a 'Copyright Transfer Agreement'. An e-mail will be sent to the corresponding author confirming receipt of the manuscript together with a 'Copyright Transfer Agreement' form by the online version of this agreement.
Al-Khazini:Jurnal Pendidikan Fisika and Physics Education Department, UIN Alauddin Makassar, , and Physics Society of Indonesia as the Editors and the Advisory International Editorial Board make every effort to ensure that no wrong or misleading data, opinions or statements be published in the journal. In any way, the contents of the articles and advertisements published in the Al-Khazini:Jurnal Pendidikan Fisika are the sole and exclusive responsibility of their respective authors and advertisers.
The copyright form should be signed electronically and send to the Editorial Office in the form of the original e-mail: [email protected]





