Perbandingan Minat Belajar Peserta Didik Dengan Menggunakan Model Pembelajaran PAKEM Berbasis Fun Eksperimen dan Berbasis Video di Kelas IX MTs Madani Alauddin Pao - Pao Makassar.
Kata Kunci:
Minat belajar, Pakem, Fun Eksperimen, Video, PerbandinganAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan antara minat belajar peserta didik melalui penerapan model pembelajaran PAKEM Berbasis Fun Eksperimen dan Berbasis Video pada kelas IX MTs Madani Alauddin Pao - Pao Makassar. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen dengan desain Post-test-only Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas IX MTs Madani Alauddin Pao - Pao Makassar yang belajar mata pelajaran IPA, terdiri dari lima kelas dengan total 191 peserta didik. Sampel penelitian berjumlah 66 orang, yaitu kelas IX D sebagai kelas eksperimen 1 (PAKEM Berbasis Fun Eksperimen) dan kelas IX B sebagai kelas eksperimen 2 (PAKEM Berbasis Video). Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes minat belajar.
Hasil penelitian deskriptif menunjukkan bahwa nilai rata-rata minat belajar peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran PAKEM Berbasis Fun Eksperimen adalah 52,35, sedangkan yang diajar dengan model pembelajaran PAKEM Berbasis Video adalah 53,26. Mengingat hasil uji hipotesis uji t 2 sampel, didapatkan nilai sig. 0,018 dengan t-hitung sebesar 0,478 dan t-tabel 2,02. Karena sig. (0,018) < 0,05 dan t-hitung (0,478) < t-tabel (2,02), maka disimpulkan bahwa tidak terdapat perbedaan minat belajar yang signifikan antara peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran PAKEM Berbasis Fun Eksperimen dan Berbasis Video di kelas IX MTs Madani Alauddin Pao - Pao Makassar
Unduhan
Referensi
Fraenkel, J. R. W. N. E. H. H. H. (2020). How to Design and Evaluate Research in Education. In Nucl. Phys. (Vol. 13, Issue 1).
Kurniawan, E. S., Ashari, A., & Maftukhin, A. (2021). Fun Science Project: Pendampingan Rancang Bangun Roket Air untuk Peserta Didik Tingkat SMA di Ponpes Modern Zam Zam Muhammadiyah Cilongok. Community Empowerment, 6(2), 230–237. https://doi.org/10.31603/ce.4407
Muhtar, T., Supriyadi, T., & Lengkana, A. S. (2020). Character development-based physical education learning model in primary school. International Journal of Human Movement and Sports Sciences, 8(6), 337–354. https://doi.org/10.13189/saj.2020.080605
Ningsih, I. I. S., Darma, Y., & Ardiawan, Y. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Pakem Dengan Menggunakan Bantuan Games Miskin Pada Materi Plsv Kelas X Sma Negeri 2 Meliau. Jurnal Pendidikan Informatika Dan Sains (JPIS), 42–53.
Rafiqah, Suhardiman, F. (2021). EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL MODIFIKASI TINGKAH LAKU (BEHAVIORAL MODIFICATION) TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR FISIKA PESERTA DIDIK. 1(1), 19–38. https://doi.org/10.24252/al-khazini.v1i1.20832
Safril Tiangka, Muhammad Qaddafi, S. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Kancing Gamerincing Terhadap Peningkatan Minat Dan Hasil Belajar Peserta Didik. JPF (Jurnal Pendidikan Fisika) Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, 6(1), 36–40. https://doi.org/10.24252/jpf.v6i1a6
Sueni, N. M. (2019). Metode, Model dan Bentuk Model Pembelajaran. Wacana Saraswati, 19(2), 1–16. https://jurnal.ikipsaraswati.ac.id/index.php/wacanasaraswati/article/view/35
Sugiyono, P. D. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Yusman Yusman, Muhammad Qaddafi, Ahmad Ali

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted Al-Khazini:Jurnal Pendidikan Fisika for publication, copyright publishing of the article shall be assigned/transferred to Physics Education Department, UIN Alauddin Makassar as Publisher of the journal. Upon acceptance of an article, authors will be asked to complete a 'Copyright Transfer Agreement'. An e-mail will be sent to the corresponding author confirming receipt of the manuscript together with a 'Copyright Transfer Agreement' form by the online version of this agreement.
Al-Khazini:Jurnal Pendidikan Fisika and Physics Education Department, UIN Alauddin Makassar, , and Physics Society of Indonesia as the Editors and the Advisory International Editorial Board make every effort to ensure that no wrong or misleading data, opinions or statements be published in the journal. In any way, the contents of the articles and advertisements published in the Al-Khazini:Jurnal Pendidikan Fisika are the sole and exclusive responsibility of their respective authors and advertisers.
The copyright form should be signed electronically and send to the Editorial Office in the form of the original e-mail: [email protected]





