Rekonstruksi Konsep Bisnis Halalan Thayyiban Penguatan Integrasi-Interkoneksi Ekosistem Halal Value Chain
Abstrak
Kemajuan ekosistem Halal Value Chain (HVC) tidak lepas dari peran pemerintah dan lembaga formal dan informal lainnya. Dalam ekosistem HVC, setiap organisasi/lembaga berperan penting dalam menciptakan kawasan industri bisnis halalan thayyiban. Salah satu cara untuk mendorong halalisasi dalam mendukung kemajuan ekonomi adalah dengan mengimplementasikannya melalui penguatan Rantai Nilai Halal dalam perekonomian. Tujuan dari makalah ini adalah untuk menawarkan rekonstruksi konsep bisnis Halalan Thayiban dengan memperkuat integrasi dan interkoneksi setiap mata pelajaran dalam ekosistem HVC. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, diharapkan dapat memberikan gambaran tentang konsep memajukan ekosistem HVC yang sebenarnya. Hasil analisis ini akan memberikan gambaran jangka panjang tentang pentingnya mempromosikan dan mempercepat HVC dari segi kualitas, bukan kuantitas. Kajian ini akan membahas rekonstruksi konsep bisnis halalan thayyiban dan pentingnya menginisiasi industri ekonomi berbasis etika bisnis Islami. Dengan memberikan gambaran dan analisis upaya percepatan HVC, diharapkan penelitian ini berorientasi pada pembangunan ekonomi jangka panjang.
Kata Kunci:
Rekonstruksi, Halalan Thayyiban, Integrasi dan Interkoneksi, Etika Bisnis Islam
Referensi
A. Hanafi dan Hamid Salam. (1995). Business Ethics: An Islamic Perspective. Qazi.
Ahla, A., Hulaify, A., Iman, H., & Budi, S. (2020). Strategi Pengembangan Ekonomi Syari’ah Melalui Penguatan Halal Value Chain (Studi Kasus pada Industri Pariwisata Halal di Kota Banjarbaru). 2.
Amin Abdullah. (2014). Agama Ilmu dan Budaya: Kontribusi Paradigma Integrasi dan Interkoneksi Ilmu dalam Menghadapi Isu-isu Islamic Studies Kontemporer. UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.
Bayumi, M. R., & Jaya, R. A. (2018). BUILDING INTEGRATION AND INTERCONNECTION IN ISLAMIC ECONOMIC SYSTEM TO CREATE ISLAMIC SOLUTIONS IN SOLVING SOCIAL PROBLEMS. Share: Jurnal Ekonomi Dan Keuangan Islam, 7(1), 59–80. https://doi.org/10.22373/SHARE.V7I1.2293
Buchari Alma. (2003). Dasar-dasar Etika Bisnis Islami. Alfabeta.
Dewi, N. Y. S., & Agustina, A. (2021). HALALAN TOYYIBAN: THEORY AND IMPLEMENTATION OF FOOD PRODUCTS CONSUMERS. Indonesian Interdisciplinary Journal of Sharia Economics (IIJSE), 4(1), 179–189. https://doi.org/10.31538/IIJSE.V4I1.1425
Dzikrulloh, D., & Koib, A. (2020). Implementation Of Halal Value Chain In Business In Islamic Boarding Schools. Dinar: Jurnal Ekonomi Dan Keuangan Islam, 7(2), 1–13. https://doi.org/10.21107/DINAR.V7I2.11250
Euis Amalia. (2020). Ekonomi Islam di Indonesia Perlu Dikembangkan Secara Holistik dan Integratif. Berita UIN Online.
Fahmi Arrauf Nst, I. (2018). PENGARUH LABEL HALAL TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK KOSMETIK (Studi Kasus: Mahasiswi FEBI IAIN Langsa). Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial Dan Humaniora, 2–7.
Fayaz Ahmad. (1988). Work Motivation in Organization Setting: An Islamic Perspective”, Islamic Principles of Business Organisation and Management. Qazi.
Hasan Basri Jumin. (2012). Sains dan Teknologi dalam Islam: Tinjauan Genetis dan Ekologis. Raja Grafindo Persada.
Hashom, H., Ariffin, A. S., Sabar, R., & Ahmad, H. (2020). HALAL-LOGISTICS VALUE CHAIN ON FIRM PERFORMANCES: A CONCEPTUAL FRAMEWORK. International Journal on Food, Agriculture and Natural Resources, 1(2), 8–14. https://doi.org/10.46676/IJ-FANRES.V1I2.10
Holmes Rolston III. (1987). Science and Religion: A critical survey. Random House, Inc.
Ibrahim, I., Dzulhaizat, M., Zawahair, M., & Makhbol, B. M. (2018). Halal Sustainable Supply Chain Model : A Conceptual Framework. Advances in Transportation and Logistics Research, 488–503.
Isman, A. F. (2017). Pengaruh Kepribadian Islami, Akses Informasi, Dan Inovasi Bisnis Terhadap Kinerja Bisnis (Studi Usaha Penyulingan Minyak Daun Cengkeh Kabupaten Sinjai). JEKSYAH :Islamic Economics Journal, 2(1), 12–22.
Jarot Wahyudi. (2003). Menyatukan Kembali Ilmu-ilmu Agama dan Umum. Yogyakarta: SUKA-Press.
Jatim, T. (2018). Gula Rafinasi Beredar di Pasaran, Sekretariat Nasional Jokowi Jatim Angkat Bicara. Tribun JATIM.
Johan, E. (2018). NEW CHALLENGES IN ASEAN REGIONAL MARKET: INTERNATIONAL TRADE FRAMEWORK ON HALAL STANDARD. Jurnal Dinamika Hukum, 18(1), 93–102. https://doi.org/10.20884/1.JDH.2018.18.1.809
Lahsana, A. (2013). Maqasid al-Shariah In Islamic Finance. IBFIM.
Nasution, L. Z. (2020). Penguatan Industri Halal bagi Daya Saing Wilayah : Tantangan dan Agenda Kebijakan. Journal of Regional Economics Indonesia.
Nugroho, A. J. S., Andadari, R. K., & Aribowo, E. K. (2018). SUPPLY CHAIN AND PURCHASING BEHAVIOR OF HALAL CHICKEN MEAT. Share: Jurnal Ekonomi Dan Keuangan Islam, 7(2), 146–179. https://doi.org/10.22373/SHARE.V7I2.3493
Nur Ichwan dan Ahmad Muttaqin. (2012). Agama dan Perdamaian: Dari Potensi Menuju Aksi. CR-Peace.
Nuraini, N. (2018). Halalan Thayyiban Alternatif Qurani Untuk Hidup Sehat. Jurnal Ilmiah Al-Mu’ashirah: Media Kajian Al-Qur’an Dan Al-Hadits Multi Perspektif, 15(1), 82–93. https://doi.org/10.22373/JIM.V15I1.5460
Qarhawi, Y. (1997). Norma dan Etika Ekonomi Islam. Gema Insani Press.
Rafik Issa Beekun. (1997). Islamic Business Etics. The International Institute of Islamic Thought.
Setiawan, H. (2020). KARAKTERISTIK MAKANAN HALALAN THAYYIBAN DALAM AL-QUR’AN. Halalan Thayyiban : Jurnal Kajian Manajemen Halal Dan Pariwisata Syariah (Journal of Halal Management, Sharia Tourism and Hospitality Studies), 3(2), 40–54.
Sofyan S. Harahap. (2011). Etika Bisnis dalam Perspektif Islam. Salemba Empat.
Subianto, & Pratiwi. (2018). Rantai nilai dan perspektif kesadaran masyarakat muslim akan makanan halal. Journal.Uii.Ac.Id, 1, 141–146.
Trimulato. et al. (2022). The Role Halal Industry THE ROLE HALAL INDUSTRY TO SUPPORT SUSTAINABLE DEVELOPMENT. Annual Conference on Islamic Economy and Law, 1(1).
Trimulato, T. (2021). Linkage Sharia Banking and Sharia Fintech to Support Halal Industry in Indonesia. Annual International Conference on Islamic Economics and Business (AICIEB), 1, 138–151. https://doi.org/10.18326/aicieb.v1i0.15
Waharini, F. M., & Purwantini, A. H. (2018). Model Pengembangan Industri Halal Food di Indonesia. Muqtasid: Jurnal Ekonomi Dan Perbankan Syariah. https://doi.org/10.18326/muqtasid.v9i1.1-13
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by4.footer##