An Overview of BSI Mobile Banking Services' Sharia Principles Compliance Implementation Perspective Maslahah Mursalah

  • Rizka Rahmatllah Zidna UIN Sunan Ampel Surabaya
    (ID)
  • Mugiyati Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
    (ID)
  • Muhammad Raihan Syamil
    (SA)

Abstrak

Penerapan nilai-nilai syariah menjadi aspek pembeda antara sistem konvensional dan syariah termasuk pada pengembangan produk perbankan berbasis internet. Teknologi yang digunakan oleh bank syariah khususnya yang berkaitan dengan mobile banking juga harus memenuhi kepatuhan prinsip syariah. Penelitian ini menggunakan metode tinjauan pustaka menggunakan metode kualitatif dengan fokus kajian pada prinsip-prinsip syariah dalam fatwa DSN-MUI No.10/DSN- MUI/VI/2000 terhadap penggunaan sistem layanan mobile banking Bank Syariah Indonesia dan dikaji dengan mashlahah mursalah. Penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi prinsip syariah pada layanan BSI Mobile berdasarkan fatwa DSN-MUI tentang wakalah telah dilakukan dengan syarat dan ketentuan yang telah ditetapkan.  Meninjau pada segi manfaat yang diperoleh dari layanan mobile banking menunjukkan bahwa terdapat unsur kebaikan didalamnya, sehingga analisis layanan perbankan berbasis online pada BSI Mobile sudah selaras dengan konsep Maṣlaḥah Mursalah menurut Asy-Syatibi karena telah memenuhi syarat-syarat yang diberikan.

Referensi

Al-Syathibi, A. I. I. bin M. al-L. al-G. al-M. (n.d.). Al-Muwafaqat fi Ushul As-Syariah (Jilid 2). Dar al-Hadits.

Awalih, R. (2020). Tinjauan Mashlahah Mursalah Terhadap Peraturan Bank Indonesia Nomor 19/8/PBI/2017 Tentang Gerbang Pembayaran Nasional (National Payment Gateway). Jurnal Al-Hakim: Jurnal Ilmiah Mahasiswa, Studi Syariah, Hukum Dan Filantropi, 2(1), 40–57. https://doi.org/10.22515/alhakim.v2i1.2494

Aziz, M. A., Cahyo, E. N., & Labolo, S. N. S. D. (2022). The Overview of Sharia Principles on BSI Mobile Banking. Al-Iktisab: Journal of Islamic Economic Law, 6(2), 207. https://doi.org/10.21111/al-iktisab.v6i2.8683

Dahlan, A. R. (2010). Ushul Fiqh (Ed.1. cet.). Amzah.

Fauzia, I. Y., & Riyadi, A. K. (2018). Prinsip Dasar Ekonomi Islam : Perspektif Maqashid al-Syari’ah (Edisi Pert). Prenadamedia Group.

Firdaus, M. I., Tifani, M. A. A., Putri, S. F. R. A., & Zulfikri, Z. (2022). Implementation of the Qardh Agreement on the Financial Technology Lending Platform in the Development of Small and Medium Enterprises (SME) in Indonesia. Al-Iktisab: Journal of Islamic Economic Law, 6(1), 65. https://doi.org/10.21111/al-iktisab.v6i1.7774

Idris, A. R., Nik, K., Naziman, M., Januri, S. S., Abu Hassan Asari, F. F., Muhammad, N., Md Sabri, S., & Jusoff, K. (2011). Religious Value as the Main Influencing Factor to Customers Patronizing Islamic Bank. World Applied Sciences Journal, 12(2010), 8–13.

Isman, A. F., & Andi Suwandi Putra, S. (2022). The Practice of Cash Based Waqf In The Indonesian Islamic Banking. LAA MAISYIR : Jurnal Ekonomi Islam, 9(1), 1–19. https://doi.org/10.24252/lamaisyir.v9i1.23837

Kurniawati, D. T., Fernando, Y., Dzil Ikhram W, M. A., & Masyhuri. (2024). Financial technology readiness for Shariah-compliant banking services: post-merger perspectives. Journal of Islamic Marketing. https://doi.org/10.1108/JIMA-08-2023-0236

Maarif, M. N., & Munir, S. (2022). Multi Akad dalam Aplikasi Mobile Banking Bank Syariah Indonesia Perspektif Fiqh Muamalah. TAWAZUN : Journal of Sharia Economic Law, 5(1), 121. https://doi.org/10.21043/tawazun.v5i1.13811

Mulia, D., Usman, H., & Parwanto, N. B. (2020). The role of customer intimacy in increasing Islamic bank customer loyalty in using e-banking and m-banking. Journal of Islamic Marketing, 12(6), 1097–1123. https://doi.org/10.1108/JIMA-09-2019-0190

Muttaqin, Q., & Khasanah, U. (2023). Analisis Kepatuhan Prinsip Syariah dalam Layanan E-Money Perspektif Maqashid Syariah. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 9(2), 1806. https://doi.org/10.29040/jiei.v9i2.8972

Nurdin, N., Musyawarah, I., Nurfitriani, N., & Jalil, A. (2020). Pengaruh Pelayanan Mobile Banking Terhadap Kepuasan Nasabah (Studi Pada Mahasiswa Perbankan Syariah IAIN Palu). Jurnal Ilmu Perbankan Dan Keuangan Syariah, 2(1), 87–104. https://doi.org/10.24239/jipsya.v2i1.24.87-104

Nurdin, Ningrum, R., Bachmid, S., & Jalil, A. (2020). PENGARUH MANFAAT, KEPERCAYAAN DAN KEMUDAHAN PENGGUNAAN TERHADAP MINAT NASABAH MENGGUNAKAN MOBILE BANKING DI BANK MEGA SYARIAH CABANG PALU. Jurnal Ilmu Perbankan Dan Keuangan Syariah, 3(1).

Otoritas Jasa Keuangan. (2017). Salinan Peraturan Otoritas Jasa Keuangan Nomor 46 /Pojk.03/2017 Tentang Pelaksanaan Fungsi Kepatuhan Bank Umum. In Otoritas Jasa Keuangan.

Praja, A. W., Bahrudin, E., & Harun, I. (2023). Maslahah Mursalah Review of Online Zakat Practices in Baznas Malang City. Al-Mustashfa: Jurnal Penelitian Hukum Ekonomi Syariah, 8(2), 166. https://doi.org/10.24235/jm.v8i2.10371

Rahmah, Y. N. (2018). Pengaruh Penggunaan Internet Banking dan Perlindungan Nasabah Pengguna Fasilitas Internet Banking Terhadap Cyber Crime Di Daerah Istimewa Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Dan Ekonomi (JPE), 7(3), 579–588.

Rosyadi, I. (2013). Pemikiran Asy-Syatibi. Profetika, 14(1), 79–89. https://doi.org/https://doi.org/10.23917/profetika.v14i1.2009

Samsuri. (2022). Strategi Keunggulan Bersaing Melalui Digitalisasi Layanan Produk Pada Bank Syariah Indonesia KCP Rogojampi. Ribhuna: Jurnal Keuangan Dan Perbankan Syariah, 1(1), 39–53.

Sugiarti, D., & Meilani, A. (2023). Customer Satisfaction in Using Mobile Services Bank Syariah Indonesia. Jurnal Tabarru’: Islamic Banking and Finance, 6(2), 518–529.

Sujarweni, W. (2014). Metodologi Penelitian (Cetakan Pe). Pustaka Baru Press.

Usman, H., Projo, N. W. K., Chairy, C., & Haque, M. G. (2022). The exploration role of Sharia compliance in technology acceptance model for e-banking (case: Islamic bank in Indonesia). Journal of Islamic Marketing, 13(5), 1089–1110. https://doi.org/10.1108/JIMA-08-2020-0230

Zouari, G., & Abdelhedi, M. (2021). Customer satisfaction in the digital era: evidence from Islamic banking. Journal of Innovation and Entrepreneurship, 10(9), 1–18.

Diterbitkan
2024-12-20
Bagian
AL-MASHRAFIYAH VOLUME 8 NOMOR 2 (2024)
Abstrak viewed = 117 times