Faktor-Faktor yang Memengaruhi Minat Masyarakat Muslim Jabodetabek Terhadap Bank Digital Syariah

Penulis

  • Citra Kirana Astika Putri UPN Veteran Jakarta
  • Tati Handayani UPN Veteran Jakarta

Kata Kunci:

Digital Literacy, Digital Marketing, Interest, Islamic Branding, Islamic Digital Banks, Service Features

Abstrak

Bank digital syariah berkembang sebagai alternatif layanan keuangan yang lebih mudah dan efisien. Namun, eksistensinya belum menyaingi bank digital konvensional. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis berbagai faktor seperti Islamic branding, fitur layanan, literasi digital, dan pemasaran digital dalam memengaruhi minat masyarakat muslim Jabodetabek terhadap bank digital syariah. Metode penelitian menggunakan deskriptif kuantitatif. Sampel penelitian ini adalah 100 responden masyarakat muslim Jabodetabek. Analisis data menggunakan metode PLS. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Islamic branding dan pemasaran digital memengaruhi minat masyarakat muslim Jabodetabek terhadap bank digital syariah, sedangkan fitur layanan dan literasi digital tidak berpengaruh. Implikasi penelitian ini yaitu bank digital syariah perlu memperkuat brand imagenya sebagai bank syariah dengan menyediakan fitur-fitur layanan yang mampu menunjukkan keunggulannya dibanding jenis bank lainnya, serta menjangkau masyarakat dengan cara yang lebih menarik.

Referensi

Adiyanto, M. R., & Purnomo, A. S. D. (2021). Dampak Tingkat Literasi Keuangan Syariah Terhadap Minat Menggunakan Produk Keuangan Syariah. Jurnal Administrasi Kantor, 9(1), 1–12.

Aeni, S. N. (2022). Daftar 6 Bank Digital di Indonesia Saat Ini. Katadata.Co.Id. katadata.co.id/finansial/keuangan/620a7cc77c1ff/daftar-6-bank-digital-di-indonesia-saat-ini

Afrianty, N. (2020). Pengaruh Islamic Branding dan Product Ingredients Terhadap Minat Beli Produk PT.HNI HPAI Kota Bengkulu. Journal of Islamic Economics and Finance Studies, 1(2), 121. https://doi.org/10.47700/jiefes.v1i2.2057

Ali, M. Y. (2013). Halal Branding: A Study of Muslim Consumers Perspective. Proceedings of the 2nd Global Islamic Marketing Conference, Abu Dhabi (UAE), 28-29 January 2012, 1–6.

Alma, B., & Priansa, D. J. (2014). Manajemen Bisnis Syariah : Menanamkan Nilai dan Praktik Syariah dalam Bisnis Kontemporer Edisi Revisi. Alfabeta.

APJII. (2024). Survei Internet APJII 2024. https://survei.apjii.or.id/

Basri, M., & Leo, M. (2023). Pengaruh Literasi Keuangan dan Digital Terhadap Preferensi Bank Digital. Journal of Trends Economics and Accounting Research, 3(4), 421–427. https://doi.org/10.47065/jtear.v3i4.659

Belshaw, D. (2012). The Essential Elements of Digital Literacies. https://onlinebooks.library.upenn.edu/webbin/book/lookupid?key=olbp97674

Diterbitkan

2025-05-02

Cara Mengutip

Astika Putri, C. K., & Tati Handayani. (2025). Faktor-Faktor yang Memengaruhi Minat Masyarakat Muslim Jabodetabek Terhadap Bank Digital Syariah. Al-Mashrafiyah (Jurnal Ekonomi, Keuangan Dan Perbankan Syariah), 9(1), 84–100. Diambil dari https://arsip-journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/almashrafiyah/article/view/54961

Terbitan

Bagian

AL-MASHRAFIYAH VOLUME 9 NOMOR 1 (2025)