Pengaruh Labelisasi Halal Terhadap Tingkat Penjual Produk ANH di Kecamatan Wangi-Wangi Kabupaten WAkatobi
Keywords:
Halal labeling, Sales, Islamic EconomicsAbstract
This study aims to determine the effect of halal labeling on the sales level of ANH products in Wangi-Wangi District, Wakatobi Regency. This research employs a quantitative descriptive approach. Data were collected through questionnaires, observation, and documentation. The result show that halal labeling has a positive effect on the sales of ANH products. This indicates that the higher consumers’ awareness of halal labels, the higher the sales level of ANH peoductd. The findings also show that halal labeling serves as an important factor in purchasing decisions, especially among Muslim consumers, from the perspective of Islamic economics
References
Al-Qur’an dan Terjemahan. Bandung: PT. alQosbah Karya Indonesia
Astuti Mairinda (2021). Berkenalan Dengan Jaminan Produk Halal di Indonesia. Penerbit: Guepedia
Astuti, Alfira Mulya. (2014). Statiska penelitian. Beta: jurnal tadris matematika
Danang Sunyoto. (2014). Dasar-Dasar Manajemen Pemasaran (Konsep, Strategi, dan Kasus.Yogyakarta: CAPS (Center of Academic Publishing Service)
Fadhallan Mudhafier (2004). Menguak Keharaman Makanan. Jakarta : Zakia Press, 2004
Fandi Tjipton dan Gregorius Chandra. (2008). Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Penerbit Andi syariah. Vol. 1, No. 2.
J Supranto. (2000). Statistik : Teori dan Aplikasi Edisi Keenam. Jakarta: Penerbit Erlangga
Laily Rizki Amalia. (2022). Pengaruh citra merek, promosi dan label halal terhadap keputusan pembelian skin care (studi pada konsumen natasha skin care paragon mall semarang). Skripsi
Muhammad Mahfuz. (2022). Pengaruh Labelisasi Halal, Kualitas Produk dan Harga Terhadap Tingkat Penjualan Produk Umkm (Usaha Mikro Kecil Menengah) Kopi di Kabupaten Lombok Utara. Skripsi
Muhammad Ramadhan. (2020). Pengaruh labelisasi halal dan citra merek terhadap keputusan pembelian konsumen pada toko cake and bakery di kecamatan dolok sanggul kabupaten humbanghasundutan. Skripsi
Nurpaika. (2019). Labelisasi halal pada makanan dalam kemasan persepsi masyarakat muslim di kec. belopa utara kab. Luwu. Skripsi .
Philip Kotler dan Kevin Lane. (2007). Manajemen Pemasaran. Penerbit: PT Indeks Edisi 12 jilid pertama
Prof. Dr. Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta
Rahmat. Chandra O. dan Vicky F Sanjaya. (2022). Pengaruh Literasi Halal dan Religiusitas Terhadap Minat Pembelian Produk Berlabel Halal Studi Pada Mahasiswa Uin Raden Intan Lampung. Jurnal Ekonomi Syari’ah. Vol. 4 No. 01
Rambe, Yuli Mutiah dan Syaad Afifuddin. (2012). Pengaruh Pencantuman Label Halal pada Kemasan Mie Instan terhadap Minat Pembelian Masyarakat Muslim (Studi Kasus Pada Mahasiswa Universitas Al-Washliyah, Medan). Jurnal Ekonomi dan Keuangan. Vol. 1. No. 1
Rogi Gusrizaldi dan eka komalasari. (2016). Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat penjualan di indrako swalayan teluk kuantan. Jurnal valuta. Vol. 2. No. 2.
Suryana. (2006). Kewirausahaan Pedoman Praktis Kiat Dan Proses Menuju Sukses. Jakarta: Salemba Empat
Undang-Undang Nomor 33 Tahun 2014 tentang Jaminan Produk Halal.
V. Wiratna Sujarweni. (2015). Metodologi Penelitian Bisnis dan Ekonomi. Pustaka Baru Press. Yogyakarta
Wahyu Budi Utami. (2013). Pengaruh Label Halal Terhadap Keputusan Membeli Konsumen (Survei pada Pembeli Produk Kosmetik Wardah di Outlet Wardah Griya Muslim An-Nisa Yogyakarta). Skripsi. Yogyakarta: Universitas Sunan Kalijaga
Warto, W. & Samsuri, S. (2020). Sertifikasi Halal dan Implikasinya Bagi Bisnis Produk Halal di Indonesiaa. Al Maal: Journal of Islamic Economics and Banking. vol. 2 no. 1
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 wa ode rani aisafah, Sitti Rahma Gurudin

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.





