Pengaruh Literasi Keuangan dan Gaya Hidup Terhadap Perilaku Konsumtif Masyarakat di Desa Masalle Kecamatan Masalle Kabupaten Enrekang
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh literasi keuangan dan gaya hidup terhadap perilaku konsumtif pada masyarakat Desa Masalle. Perilaku konsumtif pada masyarakat di Desa Masalle dapat dipengaruhi oleh beberapa factor diantaranya gaya hidup (lifestyle). Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Dalam pengambilan sampelnya menggunakan rumus dari krejcie morgan dengan taraf kesalahan 5% sehingga didapatkan 340 sampel. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Literasi Keuangan (X1) berpengaruh signifikan terhadap Perilaku Konsumtif (Y) 6,954 > 1,652, Gaya Hidup (X2) berpengaruh signifikan terhadap Perilaku Konsumtif (Y) 7,153 > 1,652, Literasi Keuangan (X1) dan Gaya Hidup (X2) berpengaruh secara bersama-sama (simultan) signifikan terhadap Perilaku Konsumtif (Y) 74,036 > 3,042 masyarakat di Desa Masalle Kecamatan Masalle Kabupaten Enrekang.
Referensi
Anggraini dan Santoso,’Hubungan antara Gaya Hidup Hedonis dengan Perilaku Konsumtif pada Remaja,’ Gadjah Mada Journal Of psychology, 2017, Volume 3, Nomor 3, 131-140
Chapra, Masa Depan Ilmu Ekonomi , Jakarta: Gema Insani Press,2001
Chita, R, dkk,‘Hubungan Antara Self Control dengan Perilaku Konsumtif Online Shopping Produk Fashion pada Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Sam Ratulangi Angkatan 2011’. Jurnal E-Biomedik, 2015, Vol. 3, No. 2, hal. 297-302
Firdaus, Ahmad Bachtiar, ‘Pengaruh Literasi Ekonomi dan Gaya Hidup Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa PIPS UIN Maulana Malik Ibrahim Malang’ , Skripsi (Malang : Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang), 2021.
Huston,S. J.,’ Measuring Finansial Literasy’, Journal of Consumer Affairs, 2010, 44(2)
https://quran.kemenag.go.id
Hanipah, ‘Pengaruh Literasi Ekonomi dan Gaya Hidup Terhadap Perilaku Konsumtif Untuk Produk Fashion Dalam Perspektif Ekonomi Syariah (Studi Terhadap Mahasiswa Ekonomi Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Ar-Raniry’, Skripsi (Aceh : Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh), 2020.
Kanserina, Haris,I.A,dan Nuridja, I,M, ‘Pengaruh Literasi Ekonomi dan Gaya Hidup Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Jurusan Pendidikan Ekonomi Undiksha’, Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 2015, Vol. 5, No. 1, hal. 1-11
Maarif, Ahmad Syafi’I, Al-quran dan tantangan Modernitas, (Yogyakarta: Sippress, 1993)
Pratiwi,Galih Ika, ‘Perilaku Konsumtif dan Bentuk Gaya Hidup’, Vol.9. No. 1 (Juni 2017)
Pulungan, D. R. ,dan H. Febriaty, ‘Pengaruh Gaya Hidup dan Literasi Keuangan Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa’. Jurnal Riset sains Manajemen, 2018, Vol.2,No.3,hal.103. http://doi.org/10.5281/zenodo.1410873
Rasyid, Arbanur,’Perilaku Konsumsi Dalam Perspektif Agama Islam’. Jurnal Hukum Ekonomi. 2019, Vol. 5, No. 2.
Soetiono,Kusumaningtuti S.,dan Cecep Setiawan, Literasi dan Inklusi Keuangan Indonesia, Depok : PT RajaGrafindo Persada.2018
Safuwan M.Psi, ‘Gaya Hidup, Konsumerisme, dan Modernitas’, Jurnal SUWA Universitas Malikussaleh, (2017), Vol. 5, No. 1, April 2017
Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.2016
Siregar, Syofian, Statistika Deskriptif untuk Penelitian, Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.2010
Sugiono, Analisis Data untuk Riset Manajemen dan Bisnis , Cet. 1 : Medan: USU Press,2010
Taan, Hapsawati, Perilaku Konsumen dalam Berbelanja, Yogyakarta: Zahir Publishing.2017
Wati, Nur Madia Indah, ‘Pengaruh Literasi Keuangan dan Gaya Hidup Terhadap Perilaku Konsumtif Pegawai (Studi Kasus PT Pelabuhan Indonesia I (Persero) Medan’ Skripsi. Medan : Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara Medan, 2020.
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by4.footer##Jurnal mengizinkan penulis untuk mempertahankan hak cipta atas naskah mereka, tanpa batasan. Penulis kemudian dapat memberikan hak penerbitan non-eksklusif kepada penerbit untuk menerbitkan artikel.