Public Understanding and Government Role in Promoting Halal Certification in Muslim Minority Areas
Keywords:
Sertifikasi halal, Makanan Halal, Muslim, MinoritasAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat pemahaman masyarakat serta peran pemerintah dalam upaya meningkatkan sertifikasi halal di daerah dengan populasi minoritas Muslim. Sertifikasi halal menjadi instrumen penting dalam menjamin keamanan, kebersihan, serta kehalalan produk, baik bagi konsumen Muslim maupun non-Muslim. Namun, implementasinya di wilayah minoritas Muslim sering menghadapi kendala berupa rendahnya pemahaman masyarakat, keterbatasan akses informasi, serta kurangnya dukungan kelembagaan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus melalui wawancara mendalam, observasi, dan telaah dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemahaman masyarakat tentang urgensi sertifikasi halal masih terbatas pada aspek religius, belum sepenuhnya menyentuh dimensi ekonomi, kesehatan, dan daya saing produk. Di sisi lain, peran pemerintah daerah sangat krusial dalam melakukan sosialisasi, memberikan fasilitasi administratif, serta mendorong kolaborasi dengan lembaga terkait. Upaya sinergis antara pemerintah, pelaku usaha, dan tokoh masyarakat terbukti dapat mempercepat proses sertifikasi halal serta meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap pentingnya produk halal. Dengan demikian, peningkatan pemahaman masyarakat dan penguatan peran pemerintah menjadi faktor kunci dalam mengoptimalkan implementasi sertifikasi halal di daerah minoritas Muslim.
References
Agustina, Y., Pratikto, H., Churiyah, M., Dharma, B. A., & Malang, U. N. (2019). Pentingnya Penyuluhan Sertifikasi Jaminan. Jurnal Graha Pengabdian, 14–15.
Fauzan, T. A. (2019). Pengaruh Sertifikasi Halal Dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan,. Skripsi, 18–19.
Jember, S. K., & Aziz, A. (2021). Penerapan Sertifikasi Halal Bagi Umkm Keripik Singkong Setelah Undang - Undang Nomor 33 Tahun 2014 Tentang Jaminan Produk Halal ( Studi Kasus Di Desa Plerean Kecamatan Skripsi Diajukan Kepada Institut Agama Islam Negeri Jember Untuk Memenuhi Salah Satu Pe. Skripsi, 26–27.
Ramadani, A. (2022). Atika Ramadhani,Implementasi Kewajiban Sertifikasi Halal Pada Produk Makanan Dan Minuman Umk.
Asyik, N. F., Patuh, M., & Respatia, W. (2023). Sosialisasi Sertifikasi Halal Dan Jaminan Halal Pada Umkm Makanan Dan Minuman Di Kabupaten Gresik. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4, 12–13.
Wahyuni, S. (2020). Penggunaan Label Harga Yang Tidak Sesuai Dengan Real Harga Dalam Perspektif Hukum Ekonomi Syariah ( Studi Kasus Di Multi Mart Desa Simbarwaringin Kecamatan Trimurjo Kabupaten Lampung Tengah ) Oleh : Sri Wahyuni Jurusan : Hukum Ekonomi Syariah Fakultas : S. Skripsi, 17.
Novarintam, I. (2022). Pengaruh Kualitas Produk Dan Label Halal Terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Wardah Oleh Mahasiswa Ekonomi Syariah Menurut Perspektif Ekonomi Syariah. Skripsi, 14.
Rahman, R. (2020). Pengaruh Labelisasi Halal Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Produk Ponds White Beauty Di Kecamatan Tamalate Kota Makassar. Skripsi, 30.
Lestari, M. (2022). .Pengaruh Sertifikasi Halal Dan Izin Edar Bopm Terhadap Minat Beli Kosmetik.
Saebani, Ahmad, B. (2020). Uji Reabilitas Dan Uji Validitas. 19–73.
usnita Nina, . (2023). Sertifikat Halal Pada Produk Makanan Dan Minuman Memberi Perlindungan Dan Kepastian Hukum Hak-Hak Konsumen Muslim. Jurnal Hukum Vol. 7 No.2,
Aisyah, D. I., Nurmalia, F., Athiyyah, N., Azizah, N., & Marlina, L. (2023). Analisis Pemahaman Sertifikasi Halal Pada Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (Umkm) (Studi Kasus Di Kampung Ceungceum Kecamatan Leuwisari Kabupaten Tasikmalaya). Jurnal Ilmu Ekonomi Islam, 07, 107–121.
Rofiuddin, M. (2023). Analisis Sertifikasi Halal Dalam Meningkatkan Penjualan Pada Usaha Haysanadi Catering Service. Dies: Journal Of Dalwa Islamic Economic Studies, 2(2), 108–118. Https://Doi.Org/10.38073/Dies.V2i2.1382
Nizar, M., & Rakhmawati, A. (2021). Tantangan Dan Strategi Pemasaran Produk Halal Di Indonesia. Jurnal Ekonomi Islam Vol. 13 No. 1, Desember 2021, 13(1), 123–140.
Syaifudin, M. R., & Fahma, F. (2022). Analisis Kepemilikan Sertifikat Halal Terhadap Pendapatan Usaha Umkm Mendoan Ngapak. 21(1), 40–43.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Ferianti Ririn (Author)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Jurnal mengizinkan penulis untuk mempertahankan hak cipta atas naskah mereka, tanpa batasan. Penulis kemudian dapat memberikan hak penerbitan non-eksklusif kepada penerbit untuk menerbitkan artikel.





