PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA MINI BOOK DAN CROSSWORD PUZZLE PADA MATERI KERAGAMAN DI INDONESIA TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP
Abstrak
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemahaman konsep belajar peserta didik yang diajar dengan media mini book dan crossword puzzle pada materi keragaman di Indonesia. Jenis penelitian ini adalah eksperiemen semu menggunakan desain penelitian pretest-posttest non equivalent control group design. Populasi sebanyak 3 kelas yaitu kelas IV A, B, dan C MIN Kota Bima tahun ajaran 2020/2021 yang berjumlah 97 siswa. Instrumen yang digunakan adalah tes. Teknik pengolahan data menggunakan statistik deskriptif dan inferensial. Hasil penelitian antara lain: (1) Nilai rata-rata pemahaman peserta didik yang diajar dengan media mini book lebih tinggi dibandingkan tanpa menggunakan media, (2) nilai rata-rata peserta didik yang diajar dengan media crossword puzzle lebih tinggi dibandingkan tanpa menggunakan media, dan (3) terdapat perbedaan signifikan pemahaman konsep belajar peserta didik antara media mini book dan crossword puzzle pada materi keragaman di Indonesia. Implikasi penelitian ini menunjukkan bahwa media mini book dan media crossword puzzle dapat meningkatkan pemahaman konsep belajar peserta didik.
##plugins.generic.usageStats.downloads##
Referensi
Adnyana, G. P. (2012). Konsep Siswa paada Model Siklus Belajar. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 45(3), 201–209. https://doi.org/10.23887/jppundiksha.v45i3.18 33
Ardiana, E., & Ananda, A. (2022). The Effect of Using the Tiktok Application as a Learning Media on the Activeness and Learning Outcomes of Class XI Social Sciences Students in Sociology Subjects at SMAN 1 Ampek Angkek. Langgam : International Journal of Social Science Education, Art and Culture, 1(2), 22–29. https://doi.org/10.24036/langgam.v1i02.13
Baharudin, Fiteriani, I., Sukasih, S., & Sari, C. W. (2022). Implementasi Model Media Crossword Puzzle Bergambar Alternatif Media Pembelajaran selama Pandemi Covid-19 di Madrasah Ibtidaiyah. Muallimuna: Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 7(2), 1–20. https://doi.org/10.31602/muallimuna.v7i2.5291
Batubara, H. H. (2021). Media Pembelajaran MI/SD. CV Graha Edu.
Jalil, S. N., Sulaiman, U., & Sulasteri, S. (2018). Perbandingan Media Mini Book dan Big Book terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VI di Madrasah Ibtidaiyah Al-Abrar Kota Makassar. AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 5(1), 53–63. https://doi.org/10.24252/auladuna.v5i1a5.2018
Lukman, I., Silalahi, A., Silaban, S., & Nurfajriani. (2022). Interactive Learning Media Innovation using Lectora Inspire Solubility and Solubility Product Materials. Journal of Physics: Conference Series, 2193(012067). https://doi.org/10.1088/ 1742-6596/2193/1/012067
Nisaa’, F. K., & Adriyani, Z. (2021). Pengaruh Penggunaan Pop-Up Book terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Konsep Siklus Air. Journal of Integrated Elementary Education, 1(2), 89–97. https://doi.org/10.21580/jieed.v1i2.8238
Oktavia, D. (2018). Pengembangan Media Mini Book Bergambar Berbasis Tema untuk Baca Permulaan Anak Kelompok B di TK Menara Fitrah Indralaya. Universitas Sriwijaya.
Putri, N. F. (2018). Pengembangan Media Mini Book pada Materi Kerjasama Ekonomi Internasional Siswa Kelas XI IPS 1 SMA Negeri 1 Kota Sungai Penuh. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 5(1), 107–113.
Safri, M., Sari, S. A., & Marlina. (2017). Pengembangan Media Belajar Pop-Up Book pada Materi Minyak Bumi. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Indonesian Journal of Science Education), 5(1), 107–113.
Setiadi, I. (2021). Peningkatan Keaktifan dan Kemandirian Belajar Matematika Siswa dalam Jaringan Synchronous Menggunakan Media Crossword Puzzle. Journal of Mathematics Education, 7(1), 1–12. https://doi.org/10.24014/sjme.v7i1.11938
Sholeh, M., Jannah, R., Mahmudah, M., & Khairunnisa, K. (2021). Pengembangan Model Pembelajaran Efektif dan Bermakna di MI Perwanida Blitar. Muallimuna: Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 6(2), 16–31. https://doi.org/10.31602/ muallimuna.v6i2.4301
Suardin, M. (2018). Belajar & Pembelajaran. Deepublish.
Syah, M. (2017). Psikologi Pendidikan Suatu Pendekatan Baru (A. Solihin (ed.)). Rosda Group.
Tarigas, T. D., Sahputra, R., & Erlina. (2014). Pengembangan Media Crossword Puzzle Cheistry (CROPCHEM) pada Materi Struktur Atom di SMA. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 3(9), 1–12. https://doi.org/10.26418/jppk.v3i9. 6906
Tayeb, T. (2017). Analisis dan Manfaat Model Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 4(02), 48–55. https://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/auladuna/articl e/view/5961
Wahidin, U., & Syaefuddin, A. (2018). Media Pendidikan dalam Perspektif Pendidikan Islam. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 7(01), 47. https://doi.org/10.30 868/ei.v7i01.222
Yaumi, M. (2018). Media dan Teknologi Pembelajaran (S. F. S. Sirate (ed.); 1st Edition). Prenadamedia Group.
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by-nc4.footer##Authors who publish with AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam agree to the following terms: Authors retain the copyright and grant Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share (copy and redistribute the material in any medium or format) and adapt (remix, transform, and build upon the material) the work for any purpose, even commercially with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.