PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA MINI BOOK DAN CROSSWORD PUZZLE PADA MATERI KERAGAMAN DI INDONESIA TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP

  • Aisyah Irawan UIN Alauddin Makassar
    (ID)
  • Muhammad Yaumi UIN Alauddin Makassar
    (ID)
  • Usman UIN Alauddin Makassar
    (ID)
  • Suharti UIN Alauddin Makassar
    (ID)
Kata Kunci: Media; Mini Book; Crossword Puzzle; Pemahaman Konsep Belajar

Abstrak

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemahaman konsep belajar peserta didik yang diajar dengan media mini book dan crossword puzzle pada materi keragaman di Indonesia. Jenis penelitian ini adalah eksperiemen semu menggunakan desain penelitian pretest-posttest non equivalent control group design. Populasi sebanyak 3 kelas yaitu kelas IV A, B, dan C MIN Kota Bima tahun ajaran 2020/2021 yang berjumlah 97 siswa. Instrumen yang digunakan adalah tes. Teknik pengolahan data menggunakan statistik deskriptif dan inferensial. Hasil penelitian antara lain: (1) Nilai rata-rata pemahaman peserta didik yang diajar dengan media mini book lebih tinggi dibandingkan tanpa menggunakan media, (2) nilai rata-rata peserta didik yang diajar dengan media crossword puzzle lebih tinggi dibandingkan tanpa menggunakan media, dan (3) terdapat perbedaan signifikan pemahaman konsep belajar peserta didik antara media mini book dan crossword puzzle pada materi keragaman di Indonesia. Implikasi penelitian ini menunjukkan bahwa media mini book dan media crossword puzzle dapat meningkatkan pemahaman konsep belajar peserta didik.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

##submission.authorBiography##

##submission.authorWithAffiliation##
pendidikan guru madrasah ibtidaiyah

Referensi

Adnyana, G. P. (2012). Konsep Siswa paada Model Siklus Belajar. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 45(3), 201–209. https://doi.org/10.23887/jppundiksha.v45i3.18 33

Ardiana, E., & Ananda, A. (2022). The Effect of Using the Tiktok Application as a Learning Media on the Activeness and Learning Outcomes of Class XI Social Sciences Students in Sociology Subjects at SMAN 1 Ampek Angkek. Langgam : International Journal of Social Science Education, Art and Culture, 1(2), 22–29. https://doi.org/10.24036/langgam.v1i02.13

Baharudin, Fiteriani, I., Sukasih, S., & Sari, C. W. (2022). Implementasi Model Media Crossword Puzzle Bergambar Alternatif Media Pembelajaran selama Pandemi Covid-19 di Madrasah Ibtidaiyah. Muallimuna: Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 7(2), 1–20. https://doi.org/10.31602/muallimuna.v7i2.5291

Batubara, H. H. (2021). Media Pembelajaran MI/SD. CV Graha Edu.

Jalil, S. N., Sulaiman, U., & Sulasteri, S. (2018). Perbandingan Media Mini Book dan Big Book terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VI di Madrasah Ibtidaiyah Al-Abrar Kota Makassar. AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 5(1), 53–63. https://doi.org/10.24252/auladuna.v5i1a5.2018

Lukman, I., Silalahi, A., Silaban, S., & Nurfajriani. (2022). Interactive Learning Media Innovation using Lectora Inspire Solubility and Solubility Product Materials. Journal of Physics: Conference Series, 2193(012067). https://doi.org/10.1088/ 1742-6596/2193/1/012067

Nisaa’, F. K., & Adriyani, Z. (2021). Pengaruh Penggunaan Pop-Up Book terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Konsep Siklus Air. Journal of Integrated Elementary Education, 1(2), 89–97. https://doi.org/10.21580/jieed.v1i2.8238

Oktavia, D. (2018). Pengembangan Media Mini Book Bergambar Berbasis Tema untuk Baca Permulaan Anak Kelompok B di TK Menara Fitrah Indralaya. Universitas Sriwijaya.

Putri, N. F. (2018). Pengembangan Media Mini Book pada Materi Kerjasama Ekonomi Internasional Siswa Kelas XI IPS 1 SMA Negeri 1 Kota Sungai Penuh. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 5(1), 107–113.

Safri, M., Sari, S. A., & Marlina. (2017). Pengembangan Media Belajar Pop-Up Book pada Materi Minyak Bumi. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Indonesian Journal of Science Education), 5(1), 107–113.

Setiadi, I. (2021). Peningkatan Keaktifan dan Kemandirian Belajar Matematika Siswa dalam Jaringan Synchronous Menggunakan Media Crossword Puzzle. Journal of Mathematics Education, 7(1), 1–12. https://doi.org/10.24014/sjme.v7i1.11938

Sholeh, M., Jannah, R., Mahmudah, M., & Khairunnisa, K. (2021). Pengembangan Model Pembelajaran Efektif dan Bermakna di MI Perwanida Blitar. Muallimuna: Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 6(2), 16–31. https://doi.org/10.31602/ muallimuna.v6i2.4301

Suardin, M. (2018). Belajar & Pembelajaran. Deepublish.

Syah, M. (2017). Psikologi Pendidikan Suatu Pendekatan Baru (A. Solihin (ed.)). Rosda Group.

Tarigas, T. D., Sahputra, R., & Erlina. (2014). Pengembangan Media Crossword Puzzle Cheistry (CROPCHEM) pada Materi Struktur Atom di SMA. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 3(9), 1–12. https://doi.org/10.26418/jppk.v3i9. 6906

Tayeb, T. (2017). Analisis dan Manfaat Model Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 4(02), 48–55. https://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/auladuna/articl e/view/5961

Wahidin, U., & Syaefuddin, A. (2018). Media Pendidikan dalam Perspektif Pendidikan Islam. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 7(01), 47. https://doi.org/10.30 868/ei.v7i01.222

Yaumi, M. (2018). Media dan Teknologi Pembelajaran (S. F. S. Sirate (ed.); 1st Edition). Prenadamedia Group.

Diterbitkan
2022-06-21
Bagian
Vol. 9 No. 1
Abstrak viewed = 401 times