Pengaruh Pemahaman Materi Abstrak Matematika terhadap Kreativitas dan Keaktifan Mahasiswa PGMI di Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI)
DOI:
https://doi.org/10.24252/auladuna.v12i1a3.2025Kata Kunci:
Abstract Material; Activeness; Creativity; MathematicsAbstrak
Memahami matematika abstrak sering dianggap sulit, dan banyak mahasiswa merasa takut untuk mempelajarinya. Oleh karena itu, untuk mencapai hasil belajar yang terbaik, diperlukan upaya maksimal, ketekunan, dan keteguhan dalam mengatasi setiap tantangan. Kemampuan dalam penalaran matematis juga sangat penting dalam proses ini, sehingga kreativitas dan tingkat keaktifan mahasiswa dapat diterapkan dengan efektif. Tujuan pada penelitian ini yaitu untuk mengidentifikasi dan mengukur kemampuan mahasiswa dalam memahami materi abstrak matematika terhadap kemampuan kreatif dan aktif pada mata kuliah matematika MI di PTKI. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, mengumpulkan data melalui tes kreativitas dan observasi keaktifan mahasiswa. Populasi yang diteliti adalah mahasiswa semester 6 yang mengikuti mata kuliah Matematika MI di PTKI. Penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling untuk pengambilan sampel, serta melakukan analisis data menggunakan uji ANOVA dua arah. Penelitian ini menghasilkan temuan sebagai berikut: Pertama, Tingkat kreativitas mahasiswa memiliki dampak yang signifikan terhadap pemahaman mereka mengenai materi abstrak dalam mata kuliah matematika MI. Kedua, Tingkat keaktifan mahasiswa secara signifikan berdampak pada pemahaman materi abstrak dalam mata kuliah matematika MI berdasarkan data statistik. Ketiga, Telah dibuktikan bahwa interaksi antara kreativitas dan keaktifan mahasiswa memiliki dampak positif terhadap pemahaman mereka mengenai materi abstrak dalam mata kuliah matematika MI.
Unduhan
Referensi
Agfirlana, A. M. (2023). Analisis Implementasi Perkembangan Kognisi Piaget dan Vygotsky dalam Pencapaian Tujuan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SDN Margaasih. Jurnal TAMBORA, 7(1), 226–234. https://doi.org/10.36761/JT.V7I1.2 178
Agustiana, I. G. A. T., Agustini, R., Ibrahim, M., & Tika, I. N. (2020). Efektivitas Model OPPEMEI untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Mahasiswa. Journal of Education Technology, 4(2), 150–160. https://doi.org/10.23887/JET.V4I2.25343
Agustin, M., Pratama, Y. A., Sopandi, W., & Rosidah, I. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Radec terhadap Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Mahasiswa PGSD. Jurnal Cakrawala Pendas, 7(1), 140-152. https://doi.org/10.31949/JCP.V7 I1.2672
Antika, M. S., Andriani, L., & Revita, R. (2019). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Pair-Square terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Ditinjau dari Kemampuan Awal Matematika Siswa SMP. Juring (Journal for Research in Mathematics Learning), 2(2), 118–129. https://doi.org/10.24014/JURING.V2I2.7553
Apriliyana, D. A., Masfu’ah, S., & Riswari, L. A. (2023). Analisis Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas V pada Materi Bangun Ruang. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(6), 4166–4173. https://doi.org/10.54371/JIIP.V6I6.2149
Aulia, R. N., Rahmawati, R., & Permana, D. (2020). Peranan Penting Evaluasi Pembelajaran Bahasa di Sekolah Dasar. Jurnal BELAINDIKA (Pembelajaran dan Inovasi Pendidikan), 2(1), 1–9. https://belaindika.nusaputra.ac.id/article/view/22
Cahani, K., Effendi, K. N. S., & Munandar, D. R. (2021). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Ditinjau dari Konsentrasi Belajar pada Materi Statistika Dasar. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 4(1), 215–224. https://doi.org/10.22460/JPMI.V4I1.P
Dea, L. F., Yusuf, M., Anwar, M. S., Choirudin, & Juniati, D. A. (2021). Alat Permainan Edukatif Golf Anak Usia Dini sebagai Program Edupreneur Prodi Pendidikan Islam Anak Usia Dini. Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 6(1), 25–36. https://doi.org/10.14421/JGA.2021.61-03
Dewi, S., & Simamora, R. (2022). Analisis Kecemasan Siswa pada Pembelajaran Matematika Berbasis Problem Based Learning di SMP Negeri 3 Kota Jambi. Jurnal Ilmiah Dikdaya, 12(2), 368–378. https://doi.org/10.33087/DIKDAYA.V12I2.359
Effendi, M. (2016). Integrasi Pembelajaran Active Learning dan Internet-Based Learning dalam Meningkatkan Keaktifan dan Kreativitas Belajar. Nadwa: Jurnal Pendidikan Islam, 7(2), 283–309. https://doi.org/10.21580/NW.2013.7.2.563
Elyas, A. H. (2018). Penggunaan Model Pembelajaran E-Learning dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran. Warta Dharmawangsa, 0(56), 1–11. https://doi.org/10.4657 6/WDW.V0I56.4
Ervina, A., Suharto, Y., & Rahmawati, R. (2023). Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas X. Journal of Geographical Sciences and Education, 1(2), 64–78. https://doi.org/10.69606/G EOGRAPHY.V1I2.60
Fauzan, A., Safira, M. C., & Sulistyo, E. N. (2020). Inisiasi Kahoot! sebagai Variasi Pembelajaran Kalkulus bagi Mahasiswa Teknik Lingkungan. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 7(2), 118–131. https://doi.org/10.21831/JRPM.V7I1.337 35
Firdaus, H. M., Widodo, A., & Rochintaniawati, D. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif dan Proses Pengembangan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa SMP pada Pembelajaran Biologi. Assimilation: Indonesian Journal of Biology Education, 1(1), 21–28. https://doi.org/10.17509/AIJBE.V1I1.11452
Hakim, R. N., & Adirakasiwi, A. G. (2021). Analisis Tingkat Kecemasan Matematis Siswa SMA. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 4(4), 809–816. https://doi.org/10.22460/JPMI.V4I4.P809-816
Harahap, M. A. K., Haryanto, H., Lestari, V. L., Rinovian, R., & Munandar, H. (2023). Pemanfaatan Teknologi Artificial Intelligences (AI) bagi Dosen dalam Menghadapi Tantangan Perguruan Tinggi pada Era Disrupsi. Innovative: Journal of Social Science Research, 3(5), 10566–10576. https://j-innovative.org/index.php/Innovativ e/article/view/6138
Kahar, M. S. (2017). Analisis Kemampuan Berpikir Matematis Siswa SMA Kota Sorong terhadap Butir Soal dengan Graded Response Model. Tadris: Jurnal Keguruan dan Ilmu Tarbiyah, 2(1), 11–18. https://doi.org/10.24042/TADRIS.V2I1.1389
Langi, F. M. (2020). Analisis Kesulitan Belajar Mahasiswa pada Mata Kuliah Bahasa Inggris. POIMEN: Jurnal Pastoral Konseling, 1(2), 74–84. https://doi.org/10.5166 7/PJPK.V1I2.341
Magdalena, I., Safitri, T., Maghfiroh, N., & Yolawati, N. N. (2020). Identifikasi Kesulitan Belajar Tematik Kelas 3 di SD Negeri 14 Tangerang. FONDATIA: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(2), 222–233. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/fondatia/a rticle/view/886
Maira, W., Raihani, F., & Nurma, N. (2022). Penerapan Model Project Based Learning dengan Pendekatan TPACK untuk Meningkatkan Keaktifan Peserta Didik Kelas VI SD 55/I Sridadi pada Mata Pelajaran IPA. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 4(6), 12313–12321. https://doi.org/10.31004/JPDK.V4I6.10457
Manasikana, O. A., Wijayadi, A. W., & Mayasari, A. (2022). Keefektifan Pembelajaran Proyek terhadap Keaktifan dan Kreatifitas Mahasiswa Mata Kuliah Model Pembelajaran Inovatif IPA Materi Kimia SMP. Jurnal Zarah, 10(1), 66–72. https://doi.org/10.31629/ZARAH.V10I1.4344
Marfu’ah, S., Zaenuri, Z., Masrukan, M., & Walid, W. (2022). Model Pembelajaran Matematika untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 5, 50–54. https://journal.unne s.ac.id/sju/prisma/article/view/54339
Moma, L. (2017). Pengembangan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Pemecahan Masalah Matematis Mahasiswa melalui Metode Diskusi. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 36(1), 130–139. https://doi.org/10.21831/CP.V36I1.10402
Mustofa, I., & Mollah, Moch. K. (2019). Bimbingan Konseling dalam Peningkatan Kualitas Belajar Mahasiswa Perguruan Tinggi Islam Negeri. Indonesian Journal of Islamic Education Studies (IJIES), 2(2), 143–166. https://doi.org/10.33367/IJIE S.V2I2.1007
Nawangsari, A., Susanti, M. M. I., & Rustamti, M. I. (2022). Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar IPS Kelas IV SD Negeri Brengosan 2 Menggunakan Project Based Learning. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 4(4), 1232–1239. https://doi.o rg/10.31004/JPDK.V4I4.5443
Ningsih, Y. L. (2016). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Mahasiswa melalui Penerapan Lembar Aktivitas Mahasiswa (LAM) Berbasis Teori APOS pada Materi Turunan. Edumatica: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 809–820. https://doi.o rg/10.22437/EDUMATICA.V6I01.2994
Nurhayanti, H., Hendar, H., & Wulandari, W. (2021). Meningkatkan Pemahaman Siswa pada Mata Pelajaran Matematika mengenai Pengenalan Konsep Kelipatan Persekutuan Terkecil (KPK) dengan Menggunakan Media Dakon Bilangan. Jurnal Tahsinia, 2(2), 180–189. https://doi.org/10.57171/JT.V2I2.304
Pranata, E. (2016). Implementasi Model Pembelajaran Group Investigation (GI) Berbantuan Alat Peraga untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika. JPMI (Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia), 1(1), 34–38. https://doi.org/10.26737/JPMI.V1I1.80
Purnaningrum, E. (2019). Pembuatan Batik Jumputan sebagai Sarana Media Pembelajaran Siswa Sekolah Dasar guna Peningkatan Kreativitas Peserta Didik. Jurnal Penamas Adi Buana, 3(1), 43–50. https://doi.org/10.36456/PENAMAS.VO L4.NO2
Purnomo, H., Soekamto, H., Kurnia, A., & Taryana, D. (2023). Efektivitas Model Geographical Inquiry Learning terhadap Kemampuan Berpikir Analitis Ditinjau dari Minat Belajar Siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 6(3), 467–480. https://doi.org/10.23887/JIPPG.V6I3.61779
Putra, E. D., & Amalia, R. (2020). Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa melalui Pembelajaran Discovery Learning Berbasis Assessment Learning. Journal of Education and Learning Mathematics Research (JELMaR), 1(1), 57–64. https://doi.org/10.37303/JELMAR.V1I1.17
Rahma, F. I., Yumnah, S., & Rokim, R. (2024). Analisis Kemampuan TPACK (Technological, Pedagogical, and Content Knowledge) Guru Matematika melalui Rencana Pelaksanaan Pembelajaran. Dawuh Guru: Jurnal Pendidikan MI/SD, 4(1), 31–46. https://doi.org/10.35878/GURU.V4I1.1087
Runco, M. A., & Acar, S. (2024). Handbook of Creativity Assessment. Edward Elgar Publishing.
Saregar, A., Latifah, S., & Sari, M. (2016). Efektivitas Model Pembelajaran CUPs: Dampak terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Peserta Didik Madrasah Aliyah Mathla’ul Anwar Gisting Lampung. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 5(2), 233–244. https://doi.org/10.24042/JIPFALBIRUNI.V5I2.123
Siahaan, M. T., Sianipar, H. F., Simamora, R., Sijabat, A., & Sinaga, C. V. (2021). Pengembangan Buku Ajar Berbasis Kooperatif Tipe Jigsaw untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Mahasiswa. Jurnal Basicedu, 5(4), 2496–2503. https://doi.org/10.31004/BASICEDU.V5I4.1213
Sihombing, S., Silalahi, H. R., Sitinjak, J. R., & Tambunan, H. (2021). Analisis Minat dan Motivasi Belajar, Pemahaman Konsep dan Kreativitas Siswa terhadap Hasil Belajar selama Pembelajaran dalam Jaringan. Jurnal Pendidikan Matematika (JUDIKA EDUCATION), 4(1), 41–55. https://doi.org/10.31539/judika.v4i1.2061
Syarifah, T. J., Usodo, B., & Riyadi, R. (2018). Higher Order Thingking (HOT) Problems to Develop Critical Thinking Ability and Student Self Efficacy in Learning Mathematics Primary Schools. Social, Humanities, and Educational Studies (SHES): Conference Series, 1(1), 917–925. https://doi.org/10.20961/SHES.V1I1.2 3676
Tanjung, W. U., & Namora, D. (2022). Kreativitas Guru dalam Mengelola Kelas untuk Mengatasi Kejenuhan Belajar Siswa di Madrasah Aliyah Negeri. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 7(1), 199–217. https://doi.org/10.25299/AL-THARIQA H.2022.VOL7(1).9796
Tong, D. H., Loc, N. P., Uyen, B. P., & Cuong, P. H. (2020). Applying Experiential Learning to Teaching the Equation of a Circle: A Case Study. European Journal of Educational Research, 9(1), 239–255. https://doi.org/10.12973/EU-JER.9.1.239
Wahid, A. H., & Karimah, R. A. (2018). Integrasi Higher Order Thinking Skill (HOTS) dengan Model Creative Problem Solving. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI, 5(1), 82–98. https://doi.org/10.69896/MODELING.V5I1.161
Wahyuni, R., & Prihatiningtyas, N. C. (2020). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika terhadap Kemampuan Koneksi Matematika Siswa pada Materi Perbandingan. Variabel, 3(2), 66–73. https://doi.org/10.26737/VAR.V3I2.2269
Wulandari, H., & Nisrina, D. A. Z. (2023). Hubungan Kreativitas dan Inovatif Guru dalam Mengajar di Kelas terhadap Peningkatan Motivasi dan Minat Belajar Peserta Didik. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(16), 345–354. https://doi.org/10.5281/ zenodo.8242365
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Irfan, Yusuf Rendi Wibowo, Kharisma Romadhon, Frika Fatimah Zahra, Siti Aisyah

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam agree to the following terms: Authors retain the copyright and grant Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share (copy and redistribute the material in any medium or format) and adapt (remix, transform, and build upon the material) the work for any purpose, even commercially with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.















